Olah Raga

Ukraina Melaju Ke Perempat Final Piala Eropa 2020 Setelah Kalahkan Swedia 2-1

Wednesday, 30 Juni 2021 | View : 39
Tags : Swedia, Ukraina

GLASGOW-SBN.

Tim nasional (timnas) sepakbola Ukraina yang berjuluk Zbirna menghadapi Blågult julukan Swedia di Stadion Hampden Park, Mount Florida, Glasgow, Skotlandia, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB pada lanjutan 16 besar Piala Eropa 2020.

Satu lagi pertandingan seru tersaji di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Pertemuan antara Swedia melawan Ukraina di Stadion Hampden Park, Mount Florida, Glasgow, Skotlandia, pada hari Rabu (30/6/2021) menjadi penutup yang epik sebelum fase perempat final dimulai.

The Team julukan Ukraina berhasil keluar sebagai pemenang dengan dramatis. Zbirna secara dramatis memetik kemenangan atas Swedia. Pada menit-menit akhir babak perpanjangan waktu, Artem Dovbyk berhasil mencetak gol dan membuat Ukraina menang dengan skor tipis 2-1.

Blågult memulai dengan mengambil inisiatif dan mendesak Ukraina. Peluang didapatkan di menit ketujuh, ketika Dejan Kulusevski menerima bola di dalam kotak penalti. Sepakannya diblok oleh Taras Stepanenko.

Zbirna merespons di menit ke-11. Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk bekerja sama dengan umpan satu -dua, lalu diakhiri dengan tembakan keras. Upaya Yaremchuk itu dihalau oleh Robin Olsen.

The Team julukan Ukraina memimpin di menit ke-27. Zbirna unggul lebih dulu lewat tendangan spektakuler Oleksandr Zinchenko di menit ke-27. Ukraina sempat unggul lebih dulu lewat aksi Oleksandr Zinchenko pada menit ke-27.

Umpan silang Yarmolenko dari kanan diterima Oleksandr Zinchenko di sisi kiri di dalam kotak penalti. Zinchenko menyambarnya dengan tendangan voli yang tak kuasa dibendung Olsen.

Hampir Swedia menyamakan kedudukan di menit ke-30 melalui tendangan bebas. Eksekusinya menyasar pojok kanan bawah gawang, tapi Georgi Bushchan sigap menghalau.

Keunggulan Ukraina dibalas Emil Forsberg di menit ke-43. Swedia menyamakan kedudukan di menit ke-43. Swedia lantas menyamakan skor sebelum jeda, tepatnya di menit ke-43 melalui sepakan Emil Forsberg.

Emil Forsberg menerima bola beberapa meter di depan kotak penalti Ukraina dan melepaskan tembakan keras yang sempat membentur Illia Zabarnyi. Bushchan terkecoh dan bola masuk ke gawang.

Babak pertama waktu normal berakhir dengan skor imbang 1-1.

Sepakan Sebastian Larsson dari tepi kotak penalti di menit ke-54 cuma melebar ke kanan gawang. Ancaman balasan dari Ukraina semenit berselang tak kalah berbahaya, dengan tembakan Serhiy Sydorchuk menyerempet tiang gawang.

Kali ini Swedia yang punya peluang menyentuh tiang gawang. Forsberg bergerak memotong dan mengarahkan tendangan yang juga menyerempet tiang.

Beberapa peluang emas tercipta di laga kali ini.

Blågult membuang kesempatan bagus di menit ke-60. Alexander Isak lolos dan tinggal menghadapi kiper, tapi penyelesaian akhirnya buruk sehingga tendangannya cuma melebar.

Peluang untuk Swedia berawal dari sepak pojok di menit ke-66. Kulusevski menerima bola di depan kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung yang masih mampu ditepis Bushchan.

Emil Forsberg bahkan bisa mencetak hat-trick andai dua tembakannya masing-masing pada menit ke-56 dan 69 tidak membentur tiang gawang.

Emil Forsberg bergerak memotong dari kiri dan menembak ke arah gawang pada menit ke-69. Bola meluncur deras lalu membentur mistar gawang.

Tempo pertandingan berangsur-angsur menurun.

Skor 1-1 bertahan sampai peluit panjang berbunyi. Pada akhirnya, skor imbang 1-1 bertahan sampai akhir babak kedua.

Skor 1-1 bertahan sampai 90 menit, sehingga laga pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Periode pertama babak tambahan berjalan dengan lambat. Kedua tim bermain alot di babak tambahan, bahkan ketika Blågult kehilangan pemain karena kartu merah. 

Terjadi sebuah momen horor pada babak pertama extra time yang membuat Blågult harus bermain dengan 10 orang.

Petaka untuk Blågult hadir di menit ke-99. Kejadian ini melibatkan Marcus Danielson yang harus keluar lapangan terlebih dahulu usai diganjar kartu merah di menit ke-99.

Kartu merah diberikan karena Danielson melakukan tackle keras terhadap pemain Ukraina, Artem Besedin. Tackle Marcus Danielson dinilai terlalu bahaya, saat berupaya menghentikan Artem Besenin.

Mulanya wasit memberikan kartu kuning, namun mengubahnya jadi kartu merah setelah melihat kejadian horor tersebut lewat VAR. Tackle tingginya sempat diganjar kartu kuning, tapi Video Assistant Referee (VAR) mengubah menjadi kartu merah.

15 menit berjalan minim peluang, sementara tempo berlalu dengan lambat.

Perbedaan jumlah pemain membuat Blågult bermain lebih bertahan di babak kedua. Membuat Ukraina yang seharusnya bisa mencetak gol karena perbedaan ini jadi kesulitan untuk mengubah kedudukan.

- menyia-nyiakan kans bagus di menit ke-111. Artem Dovbyk lolos dan tinggal menghadapi kiper, tapi penyelesaiannya kandas oleh Robin Olsen.

Sepakan Ruslan Malinovsky lima menit berselang kembali mengancam Swedia. Bola hasil tendangannya melebar dari gawang.

Sebelum pertandingan berakhir, The Team berhasil mencetak gol penentu kemenangan lewat aksi pemain pengganti, Artem Dovbyk. Ukraina mendapatkan gol penentu kemenangan di masa injury time babak tambahan. Ukraina pada akhirnya mengunci kemenangan di masa injury time babak tambahan melalui Artem Dovbyk pada menit ke-120 + 1’ (121’). Artem Dovbyk menanduk umpan silang akurat Zinchinko di muka gawang.

Tidak ada gol lain lagi sampai pertandingan usai.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk julukan Ukraina.

Dengan kemenangan ini, Ukraina melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2020. Kemenangan 2-1 itu memastikan Zbirna menjejak perempatfinal Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain:

Swedia (4-4-2):

Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 83'), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson (Pierre Bengtsson 83'); Sebastian Larsson (Viktor Claesson 97'), Albin Ekdal, Kristoffer Olsson (Filip Helander 101'), Emil Forsberg; Dejan Kulusevski (Robin Quaison 97'), Alexander Isak (Marcus Berg 97').

Pelatih: Jan Olof "Janne" Andersson

Ukraina (4-3-3):

Georgi Bushchan; Oleksandr Karavayev, Sergey Kryvtsov, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko; Taras Stepanenko (Evgeniy Makarenko 95'), Serhiy Sydorchuk (Roman Bezus 118'), Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko (Artem Dovbyk 105'), Roman Yaremchuk (Artem Besedin 90' (Viktor Tsygankov 101')), Mykola Shaparenko (Ruslan Malinovskyi 61').

Pelatih: Andriy Mykolayovych Shevchenko

(uefa)

See Also

Toni Kroos Resmi Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman
Italia Kantongi Tiket Perempat Final Setelah Kandaskan Impian Austria 2-1
Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020
Kroasia Hempaskan Skotlandia 3-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Juara Grup F Setelah Imbang 2-2 Dengan Portugal
Swedia Juara Grup E Setelah Kalahkan Polandia 3-2
Spanyol Gilas Slovakia 5-0 Di Piala Eropa 2020
Inggris Juara Grup D Setelah Menang Tipis 1-0 Atas Republik Ceko
Denmark Lumat Rusia 4-1 Di Piala Eropa 2020
Belanda Hajar Makedonia Utara 3-0 Di Piala Eropa 2020
Austria Menang Tipis 1-0 Atas Ukraina
Swiss Hentikan Langkah Turki Di Piala Eropa 2020 Dengan Skor 3-1
Italia Menang Tipis 1-0 Atas Wales
Spanyol Tertahan Polandia 1-1 Di Piala Eropa 2020
Prancis Berbagi Hasil Imbang Dengan Hungaria 1-1 Di Piala Eropa 2020
Argentina Menang Tipis 1-0 Atas Uruguay
Republik Ceko Tahan Imbang Kroasia 1-1
Christian Eriksen Pulang Dari Rumah Sakit
Chile Menang Tipis 1-0 Atas Bolivia
Swedia Taklukkan Slovakia Lewat Penalti 1-0
Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.250.515 Since: 05.03.13 | 0.2241 sec