Hukum

W.R. Diminta Jelaskan Pertemuan Dengan R.R. Di Singapura

Sunday, 08 September 2013 | View : 805

JAKARTA-SBN.

Kuasa hukum mantan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) juga mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, Prof. Dr-Ing. Ir. Rudi Rubiandini R.S. (RR)., Rusdi A. Bakar berdalih pertemuan antara kliennya dengan Direktur Kernel Oil Pte Ltd Singapura, Widodo Rathanachaitong (W.R.) pada awal Juli tahun 2013 silam hanya untuk makan malam. Oleh karena itu, dia meminta kepada Direktur Kernel Oil Pte Ltd Singapura, Widodo Rathanachaitong (WR) agar ikut memberikan penjelasan terkait pertemuan tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kuasa hukum Kepala SKK Migas nonaktif, RR, Rusdi A. Bakar, mengakui pernah ada pertemuan antara kliennya dan Direktur KOPL Singapura, Widodo Rathanachaitong, di Singapura. Menurut dia, pertemuan itu hanya makan malam dan bukan untuk membahas bisnis. “Di Singapura itu, RR pulang dari Hong Kong, dia diundang makan malam sama Widodo, enggak ada bicara soal proyek, tanya saja (ke Widodo),” ucap Rusdi A. Bakar yang ditemui di Kantor KPK, plaza Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/9/2013). “Pertemuan di Singapura itu cuma makan malam biasa, tidak ada pembahasan proyek,” tukas Rusdi A. Bakar lagi.

Kuasa hukum Kepala SKK Migas nonaktif, RR, Rusdi A. Bakar menerangkan pertemuan di Singapura itu hanya berlangsung singkat karena RR. hanya transit dalam perjalanan kembali dari Hong Kong ke Indonesia.

Kuasa hukum Kepala SKK Migas nonaktif, RR, Rusdi A. Bakar juga berkelit kliennya tidak mengetahui bahwa pelatih golf pribadinya, Deviardi alias Ardi juga ikut dalam pertemuan tersebut.

Ketika, RR tiba di pertemuan dengan Widodo, sambung Rusdi A. Bakar, Ardi pun langsung pergi. Sehingga RR tidak sempat menanyakan apa keperluan Ardi untuk bertemu dengan Widodo. Sekali lagi, Rusdi A. Bakar menekankan dalam pertemuan dengan Widodo, juga hanya makan malam dan tidak membicarakan soal bisnis.

Kuasa hukum RR, Rusdi A. Bakar juga membantah bahwa kliennya sering melakukan pertemuan dengan Widodo Rathanachaitong. Sepengetahuannya, RR hanya pernah satu kali bertemu dengan Widodo Rathanachaitong.

Ketika ditanya apakah Widodo sempat menyinggung soal tender lifting minyak di SKK Migas, dia malah mengaku tidak tahu karena RR tidak pernah berbicara dengannya terkait pembicaraan soal tender. “Sebelumnya tidak ada pertemuan, hanya itu, yang saya tahu hanya makan malam,” kelitnya.

Dalam pertemuan yang dilakukannya di sebuah hotel di Singapura dengan RR pada awal Juli tahun 2013 silam tersebut, Widodo Rathanachaitong dan RR membahas soal pelolosan dan persetujuan pemberian uang suap. Pertemuan tersebut juga ikut dihadiri oleh dua tersangka lainnya, yakni Simon Gunawan Tanjaya dan Deviardi. “Siapa saja yang dibutuhkan keterangannya oleh KPK untuk membongkar dan mengungkap kasus SKK migas ini maka KPK tidak pernah segan-segan memanggil yang bersangkutan,” tegas Ketua KPK Abraham Samad di kantor KPK, plaza Gedung KPK, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Mengenai pertemuan itu, Abraham Samad enggan menjelaskan secara terperinci. Ketua KPK Abraham Samad hanya mengatakan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan kasus ini akan ditindaklanjuti oleh penyidik KPK. “Jadi semua informasi, fakta-fakta, temuan-temuan yang ada di lapangan itu akan didalami oleh tim penyidik SKK Migas di KPK dan akan ditindaklanjuti,” pungkas Ketua KPK Abraham Samad. (ant/id/sp)

See Also

KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.871.206 Since: 05.03.13 | 0.2061 sec