Olah Raga

GM Irene Kharisma Sukandar Libas Dewa Kipas 3-0

Monday, 22 Maret 2021 | View : 96
Tags : Catur

JAKARTA-SBN.

Pertandingan persahabatan Dadang Subur alias Dewa Kipas melawan Grand Master Irene Kharisma Sukandar yang pernah peringkat tertinggi elo ratingnya mencapai 2432 pada tahun 2016 lalu, digelar sore ini, Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Duel antara Dewa Kipas yang menghebohkan jagat dunia maya dengan GM Irene Kharisma Sukandar yang merupakan pecatur perempuan pertama Indonesia yang memperoleh gelar Women Grandmaster International, disiarkan langsung melalui kanal podcast Deddy Corbuzier pada pukul 15.00 WIB hari ini.

Duel di atas papan catur ini, bermula akibat kekisruhan yang muncul setelah Dewa Kipas dilaporkan curang dalam pertandingan catur digital di chess.com, melawan pecatur internasional Levy Rozman (Gothamchess).

Pertandingan persahabatan ini akan menjadi ajang pembuktian kemampuan dari Dadang alias Dewa Kipas, yang sempat diterpa isu miring melakukan kecurangan pada platform catur digital online, chess.com.

Tudingan kecurangan itu kemudian dibantah oleh Ali Akbar, anak dari Dewa Kipas. Ia pun tak terima dengan keputusan chess.com yang memblokir akun milik ayahnya. Ia mengklaim ayahnya bermain jujur dan telah menyelami catur secara digital bertahun-tahun silam.

Warganet pun ikut bereaksi dan membela Dewa Kipas di akun milik Gothamchess maupun chess.com. Kisruh ini rupanya menarik perhatian dari GM Irene, ia melayangkan surat terbuka kepada Deddy Corbuzier.

Peraih gelar International Master pada tahun 2014 lalu tersebut, GM Irene Kharisma Sukandar menyebut jika publik mesti mengetahui catatan atau data permainan Dewa Kipas dan penyebab akunnya diblokir oleh chess.com. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah akurasi langkah Dewa Kipas yang sangat tinggi, Dewa Kipas diduga menggunakan bot atau kecerdesan buatan sebagai pemandu langkahnya di chess.com.

Tudingan itu juga dibantah oleh Ali. Menurutnya sang ayah tak mungkin menggunakan bot, pasalnya Dadang merupakan orang yang gagap teknologi. Ayahnya pun hanya menjadikan catur tak lebih dari hobi belaka.

Melihat kisruh yang berkembang, akhirnya Deddy Corbuzierpun memfasilitas kedua pihak untuk berperang di atas papan catur di studio Podcastnya di Jakarta sore ini.

Grand Master Woman Irene Kharisma Sukandar akhirnya berhasil memenangkan duel dari pecatur Dadang Subur, alias Dewa Kipas.

Dalam duel yang disiarkan langsung dalam Podcast Deddy Corbuzier Senin (22/3/2021), peraih gelar Women Grandmaster pada Desember 2008 lalu itu, GM Irene membuat Dewa Kipas menyerah dengan skor 3-0.

GM Irene Kharisma Sukandar tampil mendominasi pada babak pertama pertandingan catur melawan Dewa Kipas. Dengan menggunakan bidak putih, pasukan Irene langsung menerobos pertahanan Dewa Kipas. Ia membuat pembukaan e2 dan e4.

Menghadapi gempuran Irene, Dewa Kipas bermain lebih bertahan. Ia tampak lebih berhati-hati, meski akhirnya dibuat lengah. Pion gajahnya di d6, dihabisi oleh pion gajah putih Irene.

Tak memakan waktu lama bagi Irene untuk memanfaatkan blunder tersebut, dengan menyikat habis bidak-bidak perwira milik Dewa Kipas. Bendera putih dikibarkan, kemenangan pertama diraih Irene 1-0.

Di babak kedua, Dewa Kipas membuka pergerakan dengan dengan memajukan pion d4, yang dibalas dengan pergerakan kuda ke e6 oleh Irene. Di awal babak kedua, baik Irene maupun Dewa Kipas bermain lebih bertahan dengan mengamankan pion raja.

Dewa Kipas sempat diunggulkan dengan memiliki selisih waktu dua menit dari Irene. Namun, gerakan paksaan yang dilakukan Irene dengan menggerakan kuda dengan lini pertahanan lawan, membuat Dewa Kipas menghabiskan waktu lebih banyak.

Tempo permainan lebih cepat begitu kedua pemain telah memasuki menit kedua. Sampai akhirnya, Dewa Kipas kembali melakukan blunder, yang dimanfaatkan Irene dengan menyusupkan pion menteri, lalu mendesak bidak raja Dewa Kipas. Pertandingan kedua pun kembali dimenangkan oleh Irene, skor 2-0.

Pion-pion menteri Dewa Kipas lebih banyak bermanuver di awal babak ketiga. Namun, langkah-langkah tersebut bisa diantisipasi oleh Irene dengan melakukan serangan balik yang terukur.

Irene Kharisma membuat Dewa Kipas menyerah dengan hanya menang kualitas, dalam artian memiliki dua benteng dan menteri. Sedangkan Dewa Kipas hanya memiliki satu menteri dan satu kuda. Irene menang telak dengan skor 3-0.

Hadiah yang ditawarkan bagi kedua pihak yang ditawarkan pun tak main-main, pemenang akan mendapatkan uang sebesar Rp 200 juta dan yang kalah akan mendapatkan uang Rp 150 juta dalam pertandingan Dewa Kipas vs GM Irene.

Pertandingan ini dikomentari oleh Grand Master Susanto Megaranto dan Woman International Master Chelsie Monica. Dari pertandingan ini Irene akan mendapatkan hadiah Rp 200 juta, sedangkan Dewa Kipas akan mendapatkan hadiah Rp 100 juta dari Deddy Corbuzier.

Profil Kedua Pecatur

1. Dadang Subur alias Dewa Kipas

Ttl : Bandung, 24 Februari 1961

Pekerjaan : Pensiunan BUMN

Pengalaman dan Prestasi :

- Pengurus Percasi Singkawang, Kalimantan Barat
- Bendahara di Klub Catur Kotamadya Bandung Wibawa Mukti
- Anggota Klub Catur Ganesha ITB (1980-an)

ELO rating : 2.300 (berdasarkan chess.com)

2. Grand Master Irene Kharisma Sukandar

Ttl : Jakarta, 7 April 1992

Title : International Master (2014), Woman Grandmaster (2009)

Pengalaman dan Prestasi :

- Juara Indonesian Women's Cehss Championship empat kali berturut-turut.
- Mewakili Indonesia dalam Olimpiade Catur Wanita dari 2004 hingga 2014
- Memenangkan medali perak individu dalam Olimpiade Catur ke 36 pada 2004 dan medali perak dalam tim catur blitz dalam Asian Indoor and Martial Arts Games.
- Sederet prestasi internasional lainnya

ELO : 2413 (berdasarkan peringkat FIDE pada Maret 2021)

See Also

Brasil Gunduli Peru 4-0 Di Piala Copa America 2021
Belgia Singkirkan Denmark 2-1
Ukraina Menang Tipis 2-1 Atas Makedonia Utara
Belanda Bekuk Austria 2-0 Di Piala Eropa 2020
Rusia Menang Tipis 1-0 Atas Finlandia
Wales Bekap Turki 2-0 Di Piala Eropa 2020
Italia Bekuk Swiss 3-0 Di Piala Eropa 2020
Slovakia Kalahkan Polandia 2-1
Portugal Hajar Hungaria 3-0 Di Piala Eropa 2020
Jerman Kalah Tipis 0-1 Dari Prancis
Christian Eriksen Kabarkan Keadaannya Melalui Akun Instagram
Spanyol Bermain Imbang 0-0 Dengan Swedia Di Piala Eropa 2020
Republik Ceko Ungguli Skotlandia 2-0
Drama Belanda Taklukkan Ukraina 3-2
Austria Lumat Makedonia Utara 3-1
Brasil Hajar Venezuela 3-0 Di Piala Copa America 2021
Denmark Kalah Tipis 0-1 Dari Finlandia Di Piala Eropa 2020
Belgia Bungkam Rusia 3-0 Di Piala Eropa 2020
Pelatih Italia Puji Dukungan Penonton
Komentar Pelatih Turki Setelah Dihantam Italia
Italia Gilas Turki 3-0
Brasil Bungkam Paraguay 2-0
Legenda Petinju Indonesia Albert Papilaya Wafat
Mantan Juara Dunia Tinju Marvin Hagler Wafat
Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.086.570 Since: 05.03.13 | 0.1594 sec