Nasional

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang

Friday, 07 Februari 2020 | View : 107

MAGELANG-SBN.

Mantan Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator sekaligus Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno, yang terletak di hall utama Kompleks Akademi Militer (Akmil) Magelang di Jl. Gatot Subroto, Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, Seneng Satu, Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Jumat (7/2/2020).

"Pada hari ini, Jumat 7 Februari 2020, prasasti dan patung presiden Indonesia kesatu Ir. Soekarno, saya nyatakan diresmikan," kata Megawati Soekarnoputri.

Acara itu dihadiri oleh jajaran pengurus DPP PDI Perjuangan (PDIP) Seperti Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto dan WaSekjen Utut Adianto. Tampak juga sejumlah anggota dewan dari partai itu.

Hadir sejumlah pejabat negara seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) Andika Prakasa, Inspektur Jenderal TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey, serta para perwira TNI dan pejabat daerah lainnya. Tampak juga mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono.

Di hadapan hadirin, Megawati mengakui bahwa momen peresmian patung Soekarno itu sudah lama ditunggu-tunggu keluarga besarnya. Cucu-cucu Bung Karno sudah banyak yang bertanya-tanya.

"Sering menanyakan. Menurut cerita, katanya kakek mendirikan akademi militer. Tentu saya ditanya, 'ada tidak patungnya?' (Saya jawab, red) Tidak ada," ujar Megawati.

Dari situ, Megawati mengaku dirinya berpikir bahwa sebagai bangsa, kerap kali kita sendiri melupakan sejarah. Padahal di negara di manapun di dunia, sangat penting menunjukkan jati diri kita sebenarnya sebagai sebuah bangsa.

Kini, setelah menunggu kurang lebih dua bulan lalu, akhirnya patung Bung Karno segera diresmikan.

"Saya ucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya. Karena sebenarnya kepala keluarga besar Bung Karno itu adalah kakak saya, Pak Guntur Soekarnoputra yang pada hari ini menyerahkan tugas kepada saya," ujar Megawati Soekarnoputri.

"Terutama kepada Pak Dudung (Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman), bukan hanya sebagai Gubernur (akmil), kami keluarga besar Bung Karno mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, presiden pertama, proklamator, pahlawan nasional," tambah Megawati Soekarnoputri.

Di tengah guyuran hujan, para taruna Akademi Militer (Akmil) Magelang menggelar sebuah sosiodrama mengenai peran Bung Karno dalam sejarah perjuangan kemerdekaan serta pembentukan Akmil.

Pertunjukkan itu dilakukan sebagai bagian dari upacara peresmian patung Bung Karno, di Kompleks Akmil, Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Jumat (7/2/2020).

Soekarno adalah Proklamator RI serta presiden pertama yang membentuk dan meresmikan Akmil yang dahulu bernama Akademi Militer Nasional itu.

Semuanya tampak asyik mengikuti pertunjukan kolosal yang dilaksanakan di tengah hujan yang mengguyur Kota Magelang.

"Merdeka... merdeka," begitu teriakan rakyat dan tentara Indonesia kala Bung Karno membacakan keputusan untuk mengaktifkan Akmil Magelang itu.

Megawati Soekarnoputri dan para tamu bertepuk tangan ketika para taruna menyelesaikan sosiodrama itu. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara peresmian patung Bung Karno. (bs)

See Also

Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.377.811 Since: 05.03.13 | 0.204 sec