Internasional

Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan

Tuesday, 04 Februari 2020 | View : 28

KUALA LUMPUR-SBN.

Otoritas Malaysia memulangkan warganya dari kota Wuhan, China di tengah wabah virus korona yang menewaskan 427 orang. Pesawat yang membawa 107 warga Malaysia dan keluarganya dari kota Wuhan, China telah mendarat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti dilaporkan kantor berita Malaysia, Bernama dan dilansir The Star, Selasa (4/2/2020), pesawat milik maskapai Air Asia yang di-charter secara khusus untuk misi pemulangan warga Malaysia dari Wuhan, telah mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada Selasa (4/2/2020) pagi waktu setempat.

Total ada 133 orang di dalam pesawat tersebut, yang terdiri atas 107 warga Malaysia dan pasangan mereka yang bukan warga Malaysia, serta anak mereka. Kemudian juga 12 awak pesawat, delapan personel misi pemulangan ini dan enam staf dari Kedutaan Besar Malaysia di Beijing.

Pesawat ini berangkat dari KLIA pada Senin (3/2/2020) sore waktu setempat, dengan membawa 500 ribu sarung tangan karet sebagai kontribusi untuk pemerintah China dalam rangka memerangi wabah virus corona.

Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia, Wan Azizah Wan Ismail, menyatakan seluruh penumpang pesawat itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Unit Kecelakaan Udara di KLIA setibanya di Malaysia. Mereka yang terdeteksi mengalami gejala virus corona akan segera dibawa ke rumah sakit, sedangkan yang lain akan dibawa dengan bus ke pusat pemantauan.

Laporan The Star menyebut sekitar 34 warga Malaysia lainnya masih terjebak di China karena gagal tiba di bandara tepat waktu. Mereka yang gagal pulang ke Malaysia dilaporkan mengalami masalah logistik dan tidak mampu menemukan transportasi ke Bandara Internasional Tienhe Wuhan.

Pesawat itu lepas landas dari Wuhan, China pada Selasa (4/2/2020) dini hari, sekitar pukul 01.26 waktu setempat dan mendarat di Kuala Lumpur, Malaysia pukul 05.57 waktu setempat.

"Menurut Wisma Putra (sebutan untuk Kementerian Luar Negeri Malaysia), sejumlah warga Malaysia yang seharusnya ada di pesawat itu tidak bisa meninggalkan Wuhan karena masalah logistik," sebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Nadma) dalam pernyataannya.

"Alasan utamanya adalah mereka ada di luar kota Wuhan dan kesulitan mendapat transportasi menuju kota tersebut atau bandara," imbuh Nadma.

Diketahui bahwa otoritas China mengisolasi belasan wilayah di Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona. Sejauh ini total 427 orang tewas akibat wabah virus corona, dengan sebagian besar kematian terjadi di wilayah China daratan. Dua orang di antaranya meninggal akibat virus corona di Filipina dan Hong Kong.

Sementara itu, jumlah total kasus virus corona secara global, baik di China maupun 24 negara lainnya, mencapai 20.622 kasus. (thestar/bernama)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
Sekelompok Pria Bersenjata Tewaskan 15 Orang Saat Demo Irak
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.011.153 Since: 05.03.13 | 0.1622 sec