Internasional

Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh

Friday, 10 Januari 2020 | View : 21

TEHERAN-SBN.

Sebuah video amatir menunjukkan sebuah rudal ditembakkan ke langit Teheran, Iran dan mengenai sebuah objek di udara. Pada saat bersamaan, sebuah pesawat milik maskapai Ukraina jatuh sesaat setelah lepas landas di Teheran, Iran.

Seperti dilansir CNN, Jumat (10/1/2020), video amatir itu dikirimkan ke CNN namun belum bisa diverifikasi keasliannya. Namun gedung-gedung yang terlihat dalam rekaman video itu mirip dengan gedung yang ada di wilayah Parand, pinggiran Teheran, Ibu Kota Iran.

Diketahui bahwa pesawat maskapai Ukraine International Airlines jatuh sesaat usai lepas landas di Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran pada Rabu (8/1/2020) waktu setempat. Lokasi jatuhnya pesawat jenis Boeing 737-800 itu ada di sebelah Utara pinggiran Teheran.

Video itu didapatkan dari seseorang bernama Nariman Gharib yang mengirimkannya kepada CNN dan New York Times. Dalam video itu terlihat sebuah kilatan cahaya di tengah langit yang masih gelap, yang bergerak ke kanan dan kiri sebelum akhirnya meledak di udara.

Pihak CNN meminta informasi lebih banyak dari Gharib, termasuk soal siapa yang merekam video itu dan bagaimana dia mendapatkannya. Belum ada respons lanjutan dari Gharib.

Sebelumnya, pemimpin negara-negara Barat kompak menyatakan indikasi bahwa pesawat maskapai Ukraina dijatuhkan oleh rudal Iran. Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, menyebut bukti-bukti intelijen mengindikasikan pesawat maskapai Ukraina terkena rudal darat-ke-udara (SAM) milik Iran.

"Kami memiliki informasi intelijen dari berbagai sumber termasuk dari sekutu-sekutu kami dan intelijen kami sendiri. Bukti mengindikasikan bahwa pesawat ditembak jatuh oleh sebuah rudal darat-ke-udara milik Iran. Ini bisa jadi tidak disengaja," ucap Trudeau.

Mendukung Trudeau, PM Inggris Boris Johnson dan PM Australia Scott Morrison juga menyampaikan keterangan senada. Keduanya bahkan menyebut insiden itu bisa jadi tidak disengaja oleh Iran sendiri.

PM Australia Scott Morrison menyebut ditembak jatuhnya pesawat maskapai Ukraina oleh rudal Iran itu sebagai sebuah kesalahan. "Seluruh informasi intelijen yang diserahkan kepada kami hari ini tidak menunjukkan itu sebagai aksi yang disengaja," ujar Morrison.

Pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752 itu sedang mengudara dari Teheran menuju ibu kota Kiev, Ukraina, saat terjatuh sesaat usai lepas landas pada Rabu (8/1/2020) waktu setempat. Pesawat itu diketahui membawa 176 orang yang terdiri atas 167 penumpang dan 9 awak pesawat. Seluruh penumpang dan awak dipastikan tewas.

Data dari otoritas setempat menyebut pesawat itu membawa 82 warga Iran, 63 warga Kanada, 11 warga Ukraina, 10 warga Swedia, empat warga Afghanistan, tiga warga Jerman dan tiga warga Inggris.

Belum ada tanggapan dari pemerintah terkait, terutama Iran, soal rekaman video ini. (cnn/newyorktimes)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
Sekelompok Pria Bersenjata Tewaskan 15 Orang Saat Demo Irak
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.909.988 Since: 05.03.13 | 0.143 sec