Hukum

Modus Meminta Sumbangan, Pelaku Curanmor Diringkus Dengan BB 5 Motor Matik

Tuesday, 02 Juli 2019 | View : 94

PROBOLINGGO-SBN.

Modus yang digunakan oleh pelaku “AW”, 27 tahun warga Dsn. Sentong RT018/RW05 Ds. Bayeman Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur serta “A”, 43 tahun, warga Dsn. Krajan RT002/RW003 Ds. Pajarakan Kulon Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur ini dalam melaksanakan tindak pidana curanmor tergolong baru. Hal ini terungkap dalam kegiatan konferensi pers yang dilaksanakan oleh jajaran Polresta Probolinggo yang dilaksanakan pada selasa, (02/07/19) pagi di lobby MaPolresta Probolinggo.

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, S.H., S.I.K., M.Hum. dalam kegiatan ini mengungkapkan bahwa kedua pelaku yang diamankan merupakan pelaku dalam tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang terjadi pada senin (17/06/19) yang terjadi di Dsn. Krajan Kelurahan Sumberwetan Kecamatan Kedupok Kota Probolinggo.

Kapolresta juga menyampaikan, bahwa modus operandi yang digunakan oleh kedua pelaku adalah dengan cara berpura-pura sebagai pencari amal. Pada saat rumah dalam keadaan sepi, pelaku masuk ke dalam rumah dan mengambil kunci sepeda motor yang berada di atas meja rumah korban lalu membawa lari sepeda motor yang ada di teras rumah yang didatangi oleh kedua pelaku tersebut.

“Pelaku ini berpura-pura sebagai pencari amal. Dengan menggunakan peci putih serta buku tulis kedua pelaku berkeliling untuk mencari sasaran yakni rumah-rumah yang pintunya terbuka serta penghuninya yang tidak terlihat di depan / sepi,” ucap Kapolresta.

Kapolresta menjelaskan, untuk barang bukti yang berhasil diamankan dari kedua pelaku ini yaitu satu unit sepeda motor Honda Vario 125 warna hitam dan satu buah peci berwarna putih. Kapolres juga menambahkan, bahwa dari penangkapan kedua pelaku, jajaran Polresta Probolinggo berhasil melakukan pengembangan dan mengungkap bahwa kedua pelaku juga merupakan spesialis curanmor dan melakukan tindak kejahatan ini berkali-kali sebelum tertangkap petugas.

“Dari pengembangan yang dilakukan oleh penyidik, terungkap bahwa pelaku telah melakukan pencurian di beberapa tempat lain yaitu pada bulan Februrai 2019, di Jl. Ikan Hiu Kelurahan Mayangan, pada tahun yang sama yaitu 2019, kedua pelaku juga mengambil sepeda motor beat dan sepeda motor Beat warna hitam variasi putih namun untuk tanggal dan bulan tepatnya kedua pelaku lupa," ucap Kapolresta.

Dari proses pengembangan ini pula, Jajaran Polresta Probolinggo juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu buah sepeda motor Honda Vario 150 warna Hitam, satu buah sepeda motor Honda Vario 125 warna hitam, satu buah sepeda motor Honda Beat warna hitam variasi putih serta satu buah sepeda motor Honda Beat warna hitam Variasi merah.

“Untuk pasal yang kami kenakan kepada kedua pelaku, yaitu Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama tujuh tahun,” tegas AKBP Alfian. (humaspolrestaprobolinggo)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.393.528 Since: 05.03.13 | 0.2189 sec