Hukum

KPK Kembali Periksa Kahar Muzakir

Tuesday, 27 Agustus 2013 | View : 1544

JAKARTA-SBN.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Drs. Kahar Muzakir dalam kasus dugaan suap dalam pembahasan Perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2010 tentang Dana Pengikatan tahun jamak pembangunan venue menembak untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau.

Drs. Kahar Muzakir yang kali ini diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Gubernur Riau Rusli Zainal mengaku ditanyai tim penyidik KPK seputar penganggaran PON Riau di DPR RI. “Pokoknya saya cuma ditanya penganggaran. Penganggaran PON tersebut cuma sampai di situ saja, tidak ada yang lain,” urai Kahar Muzakir usai diperiksa selama sekitar 10 jam di kantor, plaza Gedung KPK, Jakarta, Senin (26/8/2013). 

Saat ditanya mengenai dugaan adanya aliran dana PON ke oknum-oknum anggota DPR RI, Kahar Muzakir mengaku tidak mengetahuinya. “Tidak ada itu. Pokoknya soal penganggaran itu aja. Surat-surat penganggaran apa saja, itu saja,” papar dia.

Begitu juga saat disinggung mengenai dugaan keterlibatan Bendahara Umum Partai Demokrat Setya Novanto. “Tidak ada urusan sama Setya Novanto ini. Urusannya dengan Pak Rusli Zainal,” tukas Kahar Muzakir.

Diketahui, adapun dugaan keterlibatan nama SN dan nama KM muncul dari kesaksian yang pernah diungkap oleh saksi sekaligus terdakwa dalam siding kasus korupsi PON Riau, mantan Kadispora Riau, Lukman Abbas, dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pekanbaru, beberapa waktu yang lalu. Saat itu, Lukman Abbas menyatakan bahwa dua orang anggota DPR, yakni SN dan KM, telah menerima sejumlah uang untuk memuluskan permintaan bantuan PON dari dana APBN sebesar Rp 290 miliar. Lukman Abbas mengaku pernah menyerahkan sejumlah uang kepada ajudan Kahar Muzakir untuk memuluskan usulan penambahan anggaran PON ke pusat senilai Rp 290 miliar. Uang itu diserahkan beberapa tahap dengan jumlah mencapai US$ 1 juta. Penyerahan uang ini dilakukan setelah Gubernur Riau Rusli Zainal mengadakan pertemuan dengan Kahar Muzakir dan Setya Novanto di Gedung DPR RI Jakarta.

Terkait hal ini, KPK juga diketahui pernah menggeledah ruang kerja SN dan KM yang berada di Gedung DPR RI pada pertengahan Maret lalu. Di kedua ruangan itu, penyidik menduga ada berkas atau apa pun yang berkaitan dengan penyidikan kasus PON Riau maupun tersangkanya, R.Z.

Mengenai dugaan keterlibatan dua anggota DPR RI, yakni Drs. Kahar Muzakir (KM) dan Setya Novanto (S.N.), Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto belum menemukan indikasinya. "Sekarang ini belum ke mana-mana lagi, tapi mudah-mudahan dari Gubernur (R.Z.) ini akan ada informasi lebih lanjut," tandas Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto. (id/sp/ant)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.484.337 Since: 05.03.13 | 0.2645 sec