Ekonomi

Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019

Thursday, 20 Desember 2018 | View : 90

KULONPROGO-SBN.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI dalam Kabinet Kerja yang mulai menjabat sejak 27 Juli 2016, Jend. TNI (Hon.) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo bisa selesai pada awal tahun 2020.

"Tadi saya sudah mendapat laporan dari Pak Bupati, pimpinan proyek, PT. Pembangunan Perumahan (PP) Tbk., dari semua instansi, pada bulan April antara tanggal 7, 8, atau 9 bandara ini sudah bisa didarati pesawat rute internasional," jelas Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan usai melakukan peninjauan dan melakukan rapat koordinasi di lokasi pembangunan Bandara Kulonprogo, di Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari Kamis (20/12/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Direktur Utama PT. Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, PT. PLN (Persero), PT. Pertamina (Persero), Imigrasi, dan K/L terkait.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan proses pembangunan Bandara NYIA sudah mencapai 22% dan ditargetkan akan tuntas sekitar akhir tahun 2019 atau awal 2020.

Landasan pacu Bandara NYIA dirancang agar dapat mengakomodasi pesawat terberat seperti Airbus 388/Boeing 777. Selama ini hanya Boeing 777 yang bisa mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto.

Pada kesempatan tersebut seiring dengan akan rampungnya pembangunan Bandara NYIA, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan para pejabat setempat untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang berkunjung ke wilayah Yogyakarta setahun ke depan.

Pada rakor tersebut pihak Angkasa Pura menjelaskan tentang Crisis Centre dan antisipasi Bencana Alam sehubungan dengan pembangunan tersebut. "Tim dari ITB sudah melakukan koordinasi, struktur bangunan ini memang hebat, bisa jadi gedung terkuat di Indonesia. Jadi misal ada tsunami di sini tetap aman, ditambah lagi kalau ada debu dari letusan Gunung Merapi yang ketebalannya mencapai 5 cm, tetap masih kuat," ujar Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan kepada media.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan Bandara ini juga menyerap banyak tenaga kerja khususnya masyarakat setempat.

"Persiapan PP sudah bagus, kemudian juga Bupati tadi koordinasinya luar biasa, Bupati melaporkan bahwa terjadi penurunan pengangguran dari 3,8%  menjadi 1,9%. Ini merupakan nilai tambah yang sangat baik untuk daerah," jelas Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Pembangunan Bandara NYIA ini menurutnya telah memperkerjakan 2.200 orang, dan akan bertambah mencapai 6.000 orang untuk di bulan Januari.

Bandara ini juga sudah merekrut 500 pramugari dan pramugara kemudian ada 2.000 karyawan kerja di sini dan mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan. (Biro Informasi dan Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman)

See Also

Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Bursa Asia Dan AS Menguat
Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
Babinsa Koramil 08/Kedungtuban Monitoring Pendistribusian Pupuk Subsidi
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.428.693 Since: 05.03.13 | 0.1622 sec