Nasional

Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek

Thursday, 20 Desember 2018 | View : 91

SURABAYA-SBN.

Ruas Jalan Raya Gubeng ambles sedalam 20 meter. Usai kejadian petugas mengadakan rekayasa lalu lintas dengan menutup empat titik di sekitar jalan yang ambles.

Empat titik yang ditutup di antaranya traffic light Jalan Ngagel-Sulawesi. Petugas juga mengalihkan arus lalu lintas dari Jalan Kerta Jaya dan Jalan Sulawesi menuju Jalan Raya Gubeng lewat Jalan Ngagel dan Jalan Pandegiling.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi menduga amblesnya badan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Selasa (18/12/2018) malam lalu, diduga akibat kesalahan pelaksanaan konstruksi proyek yang dikerjakan kontraktor.

Sementara pihak Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (19/12/2018), mendatangi lokasi untuk meneliti penyebab pasti amblesnya jalan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk dapat secepatnya memulihkan lalu lintas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang mengalami ambles pada Selasa (18/12/2018) malam.

Menteri PUPR Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc., Ph.D. mengatakan perbaikan Jalan Gubeng tidak akan memakan waktu lama. “Kami targetkan 3-5 hari jalan sudah bisa dilalui kembali, meski belum permanen,” kata Mochamad Basuki Hadimuljono di Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (19/12/2018).

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, yang mendampingi Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono menyampaikan pekerjaan penanganan sementara Jalan Gubeng akan menunggu hasil investigasi Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Tim Kementerian PUPR. Mengenai penyebab amblesnya jalan, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto mengatakan terjadi karena adanya tanah di bawah jalan yang terambil oleh pekerjaan pembangunan rumah sakit.

“Kami tidak ingin menyalahkan siapa pun. Kami juga tidak ingin bicara status jalannya tetapi bagaimana kita segera menangani agar bisa berfungsi kembali,” kata Sugiyartanto.

Mengenai status kewenangan Jalan Raya Gubeng, dijelaskan bahwa ada bagian jalan yang menjadi kewenangan daerah dan ada yang merupakan jalan nasional yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Jalan Raya Gubeng yang masuk jalan nasional mulai STA 0+000 – 0+520 mulai Batas Ruas Jalan Stasiun Gubeng (Hotel Sahid) sampai Batas Ruas Jalan Biliton. Lokasi jalan yang ambles yakni di depan Bank BNI, tidak termasuk ruas jalan nasional.

Kementerian PUPR pada Rabu (19/12/2018), telah menerjunkan Tim Geoteknik Pusjatan Balitbang dan Komisi Keselamatan Konstruksi untuk menginvestigasi penyebab amblesnya jalan. Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga sebagai pembina penyelenggaraan jalan sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Jalan, akan memastikan sistem jaringan jalan tidak terganggu akibat peristiwa ini. (bs/jos)

See Also

Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Kalau Tidak Ada TMMD, Belum Tentu Ada Program Bedah RTLH
Berkat TMMD Kodim 0716/Demak, Banyak Warga Terbantu
Atasi Kebakaran Hutan Dan Lahan, BNPB Kirim Tambahan Helikopter Pengebom Air
Dijadikan Rumah Inap, Sumarno Merasa Senang Dan Bahagia
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.426.948 Since: 05.03.13 | 0.1621 sec