Nasional

Jalan Gubeng Ambles Diduga Kesalahan Konstruksi Proyek

Thursday, 20 Desember 2018 | View : 23

SURABAYA-SBN.

Ruas Jalan Raya Gubeng ambles sedalam 20 meter. Usai kejadian petugas mengadakan rekayasa lalu lintas dengan menutup empat titik di sekitar jalan yang ambles.

Empat titik yang ditutup di antaranya traffic light Jalan Ngagel-Sulawesi. Petugas juga mengalihkan arus lalu lintas dari Jalan Kerta Jaya dan Jalan Sulawesi menuju Jalan Raya Gubeng lewat Jalan Ngagel dan Jalan Pandegiling.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi menduga amblesnya badan Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Selasa (18/12/2018) malam lalu, diduga akibat kesalahan pelaksanaan konstruksi proyek yang dikerjakan kontraktor.

Sementara pihak Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (19/12/2018), mendatangi lokasi untuk meneliti penyebab pasti amblesnya jalan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk dapat secepatnya memulihkan lalu lintas di Jalan Raya Gubeng, Surabaya yang mengalami ambles pada Selasa (18/12/2018) malam.

Menteri PUPR Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc., Ph.D. mengatakan perbaikan Jalan Gubeng tidak akan memakan waktu lama. “Kami targetkan 3-5 hari jalan sudah bisa dilalui kembali, meski belum permanen,” kata Mochamad Basuki Hadimuljono di Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (19/12/2018).

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, yang mendampingi Menteri PUPR Mochamad Basuki Hadimuljono menyampaikan pekerjaan penanganan sementara Jalan Gubeng akan menunggu hasil investigasi Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Tim Kementerian PUPR. Mengenai penyebab amblesnya jalan, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto mengatakan terjadi karena adanya tanah di bawah jalan yang terambil oleh pekerjaan pembangunan rumah sakit.

“Kami tidak ingin menyalahkan siapa pun. Kami juga tidak ingin bicara status jalannya tetapi bagaimana kita segera menangani agar bisa berfungsi kembali,” kata Sugiyartanto.

Mengenai status kewenangan Jalan Raya Gubeng, dijelaskan bahwa ada bagian jalan yang menjadi kewenangan daerah dan ada yang merupakan jalan nasional yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Jalan Raya Gubeng yang masuk jalan nasional mulai STA 0+000 – 0+520 mulai Batas Ruas Jalan Stasiun Gubeng (Hotel Sahid) sampai Batas Ruas Jalan Biliton. Lokasi jalan yang ambles yakni di depan Bank BNI, tidak termasuk ruas jalan nasional.

Kementerian PUPR pada Rabu (19/12/2018), telah menerjunkan Tim Geoteknik Pusjatan Balitbang dan Komisi Keselamatan Konstruksi untuk menginvestigasi penyebab amblesnya jalan. Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga sebagai pembina penyelenggaraan jalan sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Jalan, akan memastikan sistem jaringan jalan tidak terganggu akibat peristiwa ini. (bs/jos)

See Also

Babinsa 12/Mranggen Berikan Himbauan Kepada Siswa Yang Kedapatan Bolos Saat Jam Pelajaran
Bermodal Tekad, Babinsa 02/Bonang Ajak Generasi Muda Binaannya Untuk Gemar Membaca
Melalui Jam Komandan, Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas TNI Dalam Pemilu
Jumlah Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Capai 437 Orang
Jalan Gubeng Surabaya Ambles
Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.074.334 Since: 05.03.13 | 0.3325 sec