Hukum

Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum

Wednesday, 19 Desember 2018 | View : 216

JAKARTA-SBN.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan Bahar bin Smith sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan terhadap anak.

Setelah menjalani pemeriksaan, Bahar bin Smith ditahan di Polda Jabar. Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka dan resmi ditahan pada Selasa (18/12/2018) malam. 

Menurut Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., penetapan Bahar bin Smith sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang dimiliki oleh penyidik.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan pada tahun 2015, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. menyebut Bahar bin Smith sudah terbukti menganiaya korban.

"Dari kasus ini, kita sudah menetapkan lima orang tersangka, dua orang sudah ditahan di Polres Bogor," beber mantan Kapolda Sumatera Selatan pada tahun 2016, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. di MaPolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018) malam.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. mengatakan, penahanan Bahar bin Smith (BS) sebagai tersangka penganiayaan adalah murni kasus hukum dan tidak ada maksud dan tujuan lain.

“Dalam upaya penyelidikan ditemukan unsur perbuatan melawan hukum. Akhirnya, setelah melalui proses hukum, mekanisme dan manajemen penyidikan yang ada, lalu kemarin (BS) ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan," papar mantan WaKapolda Jatim pada tahun 2018, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018).

Mantan Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim pada tahun 2016 itu, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. juga mengatakan, Polri sangat menghormati keberadaan para pemuka agama. Namun, penahanan Bahar bin Smith tak ada kaitannya dengan unsur-unsur kriminalisasi ulama.

"Itu murni kewenangan penyidik, ketika penyidik menetapkan (tersangka) harus ditahan, karena mungkin untuk proses penyidikan. Sekali lagi ini murni kasus hukum, kita menghormati asas equality before the law,” imbuh mantan WaKapolresta Dumai Polda Riau pada tahun 2003.

Bahar bin Smith dilaporkan ke Polres Bogor atas dugaan secara bersama-sama di muka umum melakukan kekerasan terhadap orang atau penganiayaan dan/atau melakukan kekerasan terhadap anak, dengan nomor laporan LP/B/1125/XI/I/2018/JBR/Res Bgr tertanggal 5 Desember 2018.

Penganiayaan dilakukan terhadap terduga korban berinisial MHU (17 tahun) dan ABJ (18 tahun), diduga terjadi di sebuah pesantren, Pesantren Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kampung Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu (1/12/2018). Mereka dianiaya karena mengaku sebagai Habib Bahar bin Smith dan temannya sesama Habib. Pasca-dianiaya, kedua remaja itu telah dibawa berobat oleh polisi ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Tk.1 R. Said Sukanto Kramat Jati, Jl. RS Polri No.18, Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Tersangka BS ini murni kasus hukum, kegiatan Polda Jabar bekerja tidak ada apapun. Sekali lagi proses penyelidikan dan penyidikan terkait dengan perbuatan melawan hukum,” pungkas mantan Kapolres Jakarta Utara Polda Metro Jaya pada tahun 2012, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. (bs/tri/det)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.013.414 Since: 05.03.13 | 0.1431 sec