Hukum

Polri Sebut Penahanan Tersangka Bahar Bin Smith Murni Kasus Hukum

Wednesday, 19 Desember 2018 | View : 83

JAKARTA-SBN.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan Bahar bin Smith sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan terhadap anak.

Setelah menjalani pemeriksaan, Bahar bin Smith ditahan di Polda Jabar. Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka dan resmi ditahan pada Selasa (18/12/2018) malam. 

Menurut Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., penetapan Bahar bin Smith sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang dimiliki oleh penyidik.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan pada tahun 2015, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. menyebut Bahar bin Smith sudah terbukti menganiaya korban.

"Dari kasus ini, kita sudah menetapkan lima orang tersangka, dua orang sudah ditahan di Polres Bogor," beber mantan Kapolda Sumatera Selatan pada tahun 2016, Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. di MaPolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (18/12/2018) malam.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. mengatakan, penahanan Bahar bin Smith (BS) sebagai tersangka penganiayaan adalah murni kasus hukum dan tidak ada maksud dan tujuan lain.

“Dalam upaya penyelidikan ditemukan unsur perbuatan melawan hukum. Akhirnya, setelah melalui proses hukum, mekanisme dan manajemen penyidikan yang ada, lalu kemarin (BS) ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan," papar mantan WaKapolda Jatim pada tahun 2018, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018).

Mantan Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim pada tahun 2016 itu, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. juga mengatakan, Polri sangat menghormati keberadaan para pemuka agama. Namun, penahanan Bahar bin Smith tak ada kaitannya dengan unsur-unsur kriminalisasi ulama.

"Itu murni kewenangan penyidik, ketika penyidik menetapkan (tersangka) harus ditahan, karena mungkin untuk proses penyidikan. Sekali lagi ini murni kasus hukum, kita menghormati asas equality before the law,” imbuh mantan WaKapolresta Dumai Polda Riau pada tahun 2003.

Bahar bin Smith dilaporkan ke Polres Bogor atas dugaan secara bersama-sama di muka umum melakukan kekerasan terhadap orang atau penganiayaan dan/atau melakukan kekerasan terhadap anak, dengan nomor laporan LP/B/1125/XI/I/2018/JBR/Res Bgr tertanggal 5 Desember 2018.

Penganiayaan dilakukan terhadap terduga korban berinisial MHU (17 tahun) dan ABJ (18 tahun), diduga terjadi di sebuah pesantren, Pesantren Tajul Alawiyyin di Pabuaran, Kampung Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu (1/12/2018). Mereka dianiaya karena mengaku sebagai Habib Bahar bin Smith dan temannya sesama Habib. Pasca-dianiaya, kedua remaja itu telah dibawa berobat oleh polisi ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Tk.1 R. Said Sukanto Kramat Jati, Jl. RS Polri No.18, Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Tersangka BS ini murni kasus hukum, kegiatan Polda Jabar bekerja tidak ada apapun. Sekali lagi proses penyelidikan dan penyidikan terkait dengan perbuatan melawan hukum,” pungkas mantan Kapolres Jakarta Utara Polda Metro Jaya pada tahun 2012, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.IK., M.H. (bs/tri/det)

See Also

Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
Reserse Polres Bitung Bekuk Residivis Sadis Pembegal Motor
Satuan Reskrim Polres Bitung Tangkap Dua Tersangka Curanmor
Mahasiswa Unesa Sorot Penggunaan Dana Pembelian Mebel Di Kampus
KPK Tetapkan Dirut PT. Rohde And Schwarz Indonesia Sebagai Tersangka
KPK Akan Segera Periksa Saksi Dan Tersangka Suap KONI
KPK Cekal Robert Tantular Ke Luar Negeri
Tim Resmob Dan Tarsius Bitung Lumpuhkan Pencuri Kambuhan
Mahkamah Agung Hukum Alfian Tanjung 2 Tahun Penjara
Polda Jatim Duga Ada Kesalahan Teknis Proyek Berujung Jalan Gubeng Ambles
KPAI Apresiasi Langkah Cepat Polri Proses Bahar Bin Smith
Polri Koordinasi Dengan LPSK Amankan 2 Remaja Korban Bahar Bin Smith
Usai OTT KPK, Kemenpora Lanjutkan Program SEA Games-Olimpiade
KPK Sita Miliaran Rupiah Terkait OTT Pejabat Kemenpora Dan KONI
Polri Kantongi Bukti Penganiayaan Oleh Bahar Bin Smith
KPK OTT Pejabat Kemenpora Dan Pengurus KONI
Polres Metro Jakarta Selatan Buru Pembunuh Perempuan Muda Di Kebagusan City
Pembunuh Keji Sopir Taksi Online Divonis 10 Tahun Penjara
Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 506 Gram Narkoba
Keppres Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Sebagai Hari Libur Nasional
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.428.739 Since: 05.03.13 | 0.1648 sec