Agama & Masyarakat

Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri

Tuesday, 23 Oktober 2018 | View : 43
Tags : Kudus

KUDUS-SBN.

Ada yang istimewa dalam upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Madrasah Aliyah (MA) Nahdlatul Ulama (NU) Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, Senin (22/10/2018).

Pasalnya, upacara HSN 2018 yang dilangsungkan di halaman madrasah, itu diwarnai dengan pelepasan belasan santri lulusan MA. NU. TBS Kudus, yang dalam beberapa hari ke depan akan segera melanjutkan studi ke luar negeri, yakni ke Mesir dan ke Yaman.

Para santri yang dilepas dan akan meneruskan studi di Universitas Al-Azhar, Kairo, adalah M. Ibnu Faqih Alfikri, Zaki Ahmad Faruq, M. Saiful Fahmi, Aufa Nailul Muna, Azka Sabili, Moh Rifki Ashfal Muna, Abdillah Dzul Fikri, Chusni Akmal Kisai, Nurrohmad, M. Abdulloh Mubarok, dan Muh Alaikassalam.

Sedang dua santri dilepas untuk meneruskan studi di perguruan tinggi di Yaman, yaitu Muhamad Chasan Arif dan M. Basuni Baihaqi. Tiga lainnya sudah berangkat terlebih dulu ke Yaman, yaitu Qodri Azizi, Royyan Royyanal dan gus jamil.

Kepala MA. NU. TBS Kudus, KH. Musthofa Imron kepada santrinya berpesan, agar mereka menata niat dengan baik untuk thalabul ilmi (belajar). ‘’Niat Anda ke Mesir atau Yaman adalah untuk belajar, maka harus sungguh-sungguh,’’ katanya.

KH. Musthofa Imron juga mendorong para santrinya, di luar negeri membentuk atau mengikuti organisasi yang bisa menunjang peningkatan prestasi akademik. ‘’Buatlah atau ikuti organisasi untuk menunjang proses belajar,’’ tuturnya sembari menyampaikan salam KH. M. Ulil Albab Arwani yang berhalangan hadir di madrasah.

Hal senada disampaikan salah satu sesepuh Madrasah TBS Kudus, KH. Hasan Fauzi. ‘’Niat panjenengan jangan berubah untuk thalabul ilmi,’’ ungkapnya di depan para santri tersebut. ‘’Uthlubul ilma wa lau bis shina. Ini maksudnya, belajarlah walau sampai di tempat yang jauh,’’ ujarnya.

KH. Hasan Fauzi  mengingatkan, bahwa untuk mencapai kesuksesan di dunia itu harus dengan ilmu, demikian juga dengan kesuksesan di akhirat, juga dengan ilmu. ‘’Dan untuk meraih keduksesan di dunia dan akhirat, pun dengan ilmu,’’ lanjutnya menambahkan.

Sedang KH. Noor Khamim Lc. Pg.D, mengutarakan, para santri dilepas secara resmi oleh madrasah, selain untuk memotivasi adik-adik kelasnya yang masih belajar, adalah supaya ada beban moral, yaitu agar tertanam dalam diri, ketika pulang jangan sampai mengecewakan masyayikh (kiai dan guru).

‘’Tidak mengecewakan ini baik dalam hal prestasi akademik, maupun prestasi moral yang ditandai dengan terjaganya akhlak, menjaga akidah ahlussunnah waljamaah, serta senantiasa takzimul ilmi wa ahlihi. Itu semua adalah sebab-sebab kita memperoleh kesuksesan dan keberkahan,’’ tegasnya.

See Also

Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.962.698 Since: 05.03.13 | 0.2884 sec