Hukum

Kapolda Jambi Bongkar Peredaran Narkoba Dari Aceh Ke Kota-kota Di Sumatera Dan Jawa

Wednesday, 19 September 2018 | View : 59

KOTA JAMBI-SBN.

Peredaran narkoba yang bersumber dari Provinsi Aceh yang terletak di ujung Utara Pulau Sumatera ke berbagai kota di Sumatera dan Jawa melalui Jalan Lintas Tmur (Jalintim) Sumatera masih tetap tinggi. Hal tersebut terbukti dari keberhasilan jajaran kepolisian menggagalkan peredaran narkoba asal NAD melalui ruas Jalintim Sumatera wilayah Jambi.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi yang mulai menjabat sejak 5 Januari 2018 tersebut, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. mengungkapkan peredaran narkoba dari Provinsi Aceh yang merupakan Provinsi paling Barat di Indonesia ke kota-kota di Sumatera dan Jawa. “Jajaran Polda Jambi berhasil menggagalkan peredaran sekitar 20 kg narkoba jenis sabu-sabu asal NAD yang dikirimkan melalui Jalintim Sumatera wilayah Jambi selama dua bulan terakhir. Barang bukti sabu-sabu tersebut diamankan dari tiga orang anggota jaringan pengedar lintas Sumatera di Jalintim Sumatera wilayah Jambi,” beber mantan Irwasda Polda Maluku Utara pada tahun 2009 tersebut, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. di Jambi, Provinsi Jambi, Rabu (19/9/2018).

Menurut mantan Kapolsek Labuhan Bilik Polres Labuhan Batu Polda Sumut pada tahun 1989, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. tujuh orang anggota jaringan pengedar narkoba lintas Sumatera yang berhasil diamankan di ruas Jalintim Sumatera wilayah Jambi, yakni Rohim (53 tahun), warga Kota Jambi, Syahril (46 tahun), warga NAD dan Untung Mulyono (29 tahun), warga Desa Pematanggajah, Kabupaten Muarojambi dan empat orang warga NAD lainnya.

Barang bukti sabu-sabu yang disita dari tersangka Rohim awal akhir pekan lalu sekitar 8 kg. Kemudian barang bukti sabu-sabu yang disita dari tersangka Syahril sekitar 5 kg dan dari tersangka Untung Mulyono sekitar 3,8 kg. Sedangkan barang bukti sabu-sabu yang diamankan dari empat pengedar narkoba asal NAD lainnya sekitar 7 kg.

“Sabu-sabu yang dibawa para tersangka dari NAD tersebut semuanya berasal dari Tiongkok. Sabu-sabu tersebut hendak diedarkan di Jambi, Sumatera Selatan dan Jawa. Bandar sabu-sabu tersebut juga ada di Jambi. Saat ini kami masih memburu bandar narkoba tersebut. Identitasnya sudah kami ketahui,” beber mantan Kapolsek Kampung Rakyat Polres Labuhan Batu Polda Sumut pada tahun 1991, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H.

Menurut mantan Kasat Serse Polres Langkat Polda Sumut pada tahun 1993, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. modus peredaran narkoba asal NAD melalui Jalintim Sumatera umumnya sama. "Para pengedar membawa mobil pribadi dan menyembunyikan narkoba di bagian-bagian mobil yang sulit terdeteksi. Setelah mobil dibongkar di bengkel, barulah barang bukti narkoba ditemukan," ungkap mantan Kapolres Ponorogo Polwil Madiun Polda Jatim pada tahun 2005 tersebut, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H.

"Kemudian para pengedar narkoba asal NAD juga ada yang menumpang bus umum dan menyimpan narkoba di bagasi bus," sambung mantan Irwasda Polda Banten pada tahun 2010, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H.

“Menyikapi masih tingginya pederdaran narkoba NAD melalui Jalintim Sumatera wilayah Jambi ini, segenap jajaran Polda Jambi, Polres Bungo, Tanjungjabung Barat, Muarojambi dan Kota Jambi terus melakukan razia di Jalintim Sumatera,” pungkas mantan Kaur Bin Ops Sat IPP Polres Labuhan Batu Polda Sumut pada tahun 1988 tersebut, Brigjen Pol. Drs. Muchlis A.S., M.H. (sp)

See Also

Uang Pengganti E-KTP, KPK Sita Rp 862 Juta Dari Setya Novanto
Keterangan Ahli Ketua DPD KAI DKI Jakarta Pada Sidang Lanjutan Julius Lobiua
TNI AL Ringkus Pelaku Narkoba Di Tanjung Ahus
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 506 Gram Narkoba
Keppres Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Sebagai Hari Libur Nasional
Jennifer Dunn Divonis 4 Tahun Penjara
Jaksa KPK Tuntut Rita Widyasari Dihukum 15 Tahun Penjara
Densus 88 Antiteror Sergap Terduga Teroris JAD Di Cirebon
Anggota DPRD Kota Bogor Diamankan Polresta Bogor Kota
Densus 88 Antiteror Lumpuhkan Dua Terduga Teroris Di Depok
Polisi Siaga Jaga Sidang Vonis Aman Abdurrahman
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati
Polres Manggarai Barat Bekuk Pemerkosa 2 Turis Mancanegara
Babinsa Kodim 0716/Demak Evakuasi Sosok Mayat Berhelm Yang Gantung Diri
Kapolres Bogor Larang Anggotanya Ambil Jatah Libur
Buku Penerbit Yang Di Black List Pemerintah Malah Dibagikan Ke Sekolah-sekolah Di Jombang
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Pasangan Kekasih Cikupa Yang Ditelanjangi Sudah Bertunangan Dan Akan Menikah
Polisi Dalami Aliran Dana Jamaah First Travel
Polisi Tetapkan Komisaris First Travel Jadi Tersangka
Bareskrim Polri Geledah Rumah Mewah Bos First Travel Di Sentul
Perampok Tewaskan Italia Chandra Kirana Putri Menyerah Ke Polisi
Gatot Brajamusti Divonis 8 Tahun Terkait Kepemilikan Sabu
PK Ditolak, Pembunuh Sisca Yofie Tetap Dihukum Mati
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.969.619 Since: 05.03.13 | 0.3078 sec