Agama & Masyarakat

Lima Hari, Guru PAUD Kudus Ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi

Friday, 31 Agustus 2018 | View : 68
Tags : Kudus

KUDUS-SBN.

Semenjak Senin (27 Agustus 2018) pagi hingga hari ini, Jumat (31 Agustus 2018), sebanyak Guru PAUD yang terdiri dari 80 pendidik dari KB, TK, TPA, SPS Pos PAUD di Kabupaten Kudus menjalani Diklat(Pendidikan dan pelatihan) peningkatan kompetensi di Hotel Proliman Kudus yang dibagi menjadi dua kelas.

Diklat berjenjang tingkat dasar yang berlangsung selama lima hari tersebut, diadakan oleh TK Negeri Pembina Kabupaten Kudus yang bekerjasama dengan PKG PAUD Kecamatan Kota dan Disdikpora Kabupaten Kudus, yang juga atas dukungan Dirjen PGTK  PAUD dan Dikmas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Republik Indonesia.

Kegiatan demikian, dipandu oleh narasumber-narasumber yang mumpuni dalam bidangnya yang tentunya bergelut dalam dunia PAUD di kudus. Halnya, Dra. Sriatie, MM, Tutik Arsi, S.Pd. AUD, Maryatin, S.EI, M.E., Trisye Sulistiowati, S.Pd., Mujiwati, S.E., S.Pd., Dra. Ruslin, terang ketua pelaksana kegiatan, Ummu Umaroh, S.Pd. AUD.

Adapun materi yang disampaikan dan wajib diikuti peserta yakni, Konsep Dasar PAUD, Perkembangan Anak Usia Dini, Pengenalan ABK, Cara Belajar Anak Usia Dini, Perencanaan Pembelajaran, Penilaian Perkembangan Anak, Kesehatan dan Gizi, Komunikasi dalam Pengasuhan, Etika dan Karakter Pendidik PAUD, dan Peer Teaching yang mengasah kemampuan pendidik dalam memberikan pembelajaran kepada anak.

Lima hari sudah dijalani oleh peserta dan hari ini, Jum'at (31/08/2018), saat penutupan Diklat tersebut, Ketua Panitia yang kerap disapa Bu Ummu itu menyampaikan kepada seluruh Pendidik PAUD yang mengikuti Diklat," banyak yang kita pelajari selama lima hari kemarin dari sekian Narasumber, semoga pendidik bisa memtik semua apa yang disampaikan, dan mengimplementasikan ilmu yang didapat selama diklat," ujarnya.

Sementara, Kadin Disdikpora, yang diwakili oleh Drs. Moh. Soleh, M.M. yang selaku Kabid PAUD dan Dikmas Kabupaten Kudus mengapresiasi kegiatan yang mendorong kompetensi bagi pendidik PAUD di Kudus.

"Ia juga menyebut Diklat ini diadakan di Kabupaten, akan tetapi rasa-rasanya sudah seperti berarah ke Nasional," tambahnya.

"Sekarang, banyak Diklat diadakan oleh pemerintah, baik via tatap muka seperti ini, bahkan online oleh PAUD Dikmas, dan kami juga akan mengupayakan bagi para pendidik PAUD untuk meningkatkan kompetensinya lewat Diklat yang berjenjang dan memfasilitasinya seperti halnya kegiatan kali ini," terang Soleh.

Sebagai ungkapan senang dapat berkesempatan mengikuti Diklat, Hanifah, salah seorang peserta menyampaikan ras syukurnya, mewakili seluruh peserta, ia akan menerapan segala ilmu yang ia dapat kali ini, juga menginformasikan kepada khalayak, bagaimana mendidik anak usia dini dengan baik dan penanganan yang benar," ungkapnya.

See Also

Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.969.604 Since: 05.03.13 | 0.2967 sec