Olah Raga

Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1

Sunday, 24 Juni 2018 | View : 109

SOCHI-SBN.

Juara bertahan Die Mannschaft atau The "Mannschaft" julukan bagi timnas Jerman secara dramatis menjaga kans untuk bisa lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018. Ini berkat kemenangan tipis 2-1 atas Blågult atau The Blue-Yellow julukan untuk timnas Swedia pada laga kedua grup di Olympisky, Fisht Olympic Stadium, Sochi Olympic Park, Mount Fisht, Krasnodarskiy kray, Sochi, Rusia, Minggu (23/6/2018) dini hari WIB.

Kemenangan baru dipastikan Tim Panser berkat gol penentu Toni Kroos lewat tendangan bebas di masa injury time.

Swedia lebih dahulu unggul di babak pertama lewat gol Ola Toivonen. DFB-Elf atau DFB Eleven julukan timnas Jerman harus tertinggal terlebih dahulu setelah gawang Manuel Neuer dibobol Ola Toivonen di menit 32. Gol penyeimbang Jerman dicetak Marco Reus di menit 48. Jerman bangkit di babak kedua dan mampu mencetak gol penyeimbang lewat Marco Reus pada menit ke-48.

Perjuangan Jerman yang dituntut untuk menang untuk menjaga kans lolos semakin berat setelah harus bermain dengan 10 pemain. Ini setelah Jerome Boateng diganjar kartu kuning kedua di menit 82. Perjuangan Tim Panser semakin berat ketika Jerome Boateng diganjar kartu merah.

Namun, daya juang Jerman akhirnya membuahkan hasil lewat gol penentu Toni Kroos di masa injury time. Pasukan Joachim Loew sebenarnya memiliki sejumlah peluang gol di babak kedua, khususnya di lima menit terakhir.

Diantaranya sundulan Mario Gomez menyambut umpan silang yang masih mampu ditepis kiper Swedia, Robin Olsen. Lalu, tendangan Julian Brandt di masa injury time yang membentur tiang kiri gawang Robin Olsen.

Dengan kemenangan ini, Jerman menjaga asa untuk lolos ke fase gugur.

Hasil ini membuat persaingan di Grup F menjadi sengit. Jerman kini berada di peringkat kedua klasemen dengan 3 poin atau memiliki poin sama dengan Swedia, di bawah Meksiko yang sudah mengemas 6 poin. Ketiga tim masih berpeluang lolos, tetapi tidak untuk Korea Selatan (Korsel) yang sudah dipastikan terhenti.

Ini berarti laga terakhir grup akan menjadi penentu siapa dua wakil Grup F yang akan lolos. Di pertandingan pamungkas Grup F, sang juara bertahan akan berjumpa dengan Korea Selatan. Di laga terakhir, Jerman akan menghadapi Korea Selatan (Korsel). Sedangkan Meksiko akan menghadapi Swedia.

Pujian diberikan pelatih Jerman Joachim Low kepada timnya yang menunjukkan semangat pantang menyerah untuk bisa memastikan kemenangan 2-1 atas Swedia di pertandingan kedua Grup F Piala Dunia, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.

"Sesuatu yang saya apresiasi pada hari ini adalah bahwa kami tidak kehilangan kepercayaan pada diri sendiri. Kkami tidak panik setelah sempat tertinggal gol. Kami tetap mengangkat kepala dan mengatakan kalau kami perlu membuat operan-operan yang lebih cepat dan membuat Swedia keluar untuk membuka ruang," terang Joachim Loew kepada wartawan usai pertandingan.

"Kami tidak mencetak beberapa peluang bagus, tetapi kami tidak pernah kehilangan harapan kalau kami bisa memenangkan pertandingan. Saya pikir gol yang dicetak di menit terakhir memiliki sedikit keberuntungan, tapi itu menunjukkan keyakinan kami miliki dalam diri sendiri," pungkas Joachim Loew.

Sebelumnya, pelatih timnas Jerman, Joachim Loew, menyatakan, dirinya tetap optimistis pasukannya mampu meraih kemenangan saat menghadapi Swedia, dalam pertandingan kedua di Grup Piala Dunia 2018 di Fisht Olympic Stadium, Sochi Olympic Park, Mount Fisht, Krasnodarskiy kray, Sochi, Rusia, Minggu (24/6/2018) dinihari WIB.

Pelatih Jerman Joachim Loew sendiri menghabiskan waktu sepekan terakhir untuk mengangkat mental pasukannya, selepas kekalahan 0-1 saat menghadapi Meksiko di pertandingan pembuka.

"Kami tidak perlu panik karena kalah dalam satu pertandingan. Kami menerima kritik sebagai masukan dan pemacu semangat," kata Joachim Loew, dilansir AFP, Sabtu (23/6/2018).

Menurut Joachim Loew, sebagian besarnya pemainnya telah bermain bersama dalam kurun waktu tiga atau empat tahun terakhir di pentas tertinggi. Meski demikian, dirinya mengakui akan mengubah susunan pemainnya saat menghadapi Swedia.

"Mereka tidak akan goyah karena satu kekalahan semata. Untuk menghadapi Swedia, kami tentunya akan tampil dengan cara bermain yang berbeda," tambahnya.

Pelatih Swedia Janne Andersson mengecam aksi selebrasi berlebihan Pelatih Jerman Joachim Loew bersama staf kepelatihan merayakan gol kemenangan Toni Kroos di akhir pertandingan. Gol Toni Kroos tersebut memastikan kemenangan Jerman 2-1 atas Swedia dalam laga di Stadion Olympisky, Fisht Olympic Stadium, Sochi Olympic Park, Mount Fisht, Krasnodarskiy kray, Sochi, Rusia, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB.

Setelah peluit panjang berbunyi, kedua pelatih terlibat adu mulut di pinggir lapangan sehingga memaksa ofisial pertandingan turun tangan memisahkan.

Dan, Janne Andersson meluapkan dan mengungkapkan apa yang terjadi antara dirinya dengan Joachim Loew. “Beberapa pelatih Jerman merayakan dengan memasuki area bench kami, membuat gerakan di depan wajah kami dan itu membuat saya benar-benar jengkel dan marah,” ungkap Janne Andersson.

“Ada banyak orang di bench kami yang terganggu dan kesal dengan ulah mereka. Kami bertarung selama 95 menit dan ketika peluit akhir berbunyi, Anda harus berjabat tangan. Jadi saya sangat marah dengan apa yang mereka lakukan,” lanjutnya.

Tudingan Janne Andersson ditepis Joachim Loew yang mengatakan tidak ada pemain atau stafnya membuat gerakan ke arah bench Swedia.

“Saya sama sekali tidak melihat gerakan ke arah bangku Swedia. Saya tidak menyaksikan itu karena setelah peluit akhir kami berkonsentrasi pada hal-hal lain. Kami saat itu berpelukan dengan para pemain dan asisten pelatih. Kami sangat gembira dan benar-benar serasa berada di bulan,” tutur Joachim Loew.

Kemenangan atas Korea Selatan di laga terakhir grup kemungkinan akan memastikan tempat Jerman di babak 16 besar, tetapi hasil imbang atau kekalahan bisa membuat juara bertahan itu tersingkir. Sementara Swedia membutuhkan kemenangan atas Meksiko untuk memastikan tempat mereka di babak penyisihan.

Susunan Pemain

Jerman:

Manuel Neuer (1), Joshua Kimmich (18), Antonio Rudiger (16), Jerome Boateng (17) kartu merah, Jonas Hector (3)/Julian Brandt (20) menit 87', Sebastian Rudy (19)/Ilkay Gundogan (21) menit 31', Toni Kroos (8), Thomas Muller (13), Julian Draxler (7)/Mario Gomez (23) menit 46', Marco Reus (11), Timo Werner (9) 

Pelatih: Joachim Loew

Swedia:

Robin Olsen (1), Mikael Lustig (2), Victor Lindelof (3), Andreas Granqvist (4), Ludwig Augustinsson (6), Viktor Claesson (17)/Jimmy Durmaz (21) menit 74', Sebastian Larsson (7), Albin Ekdal (8), Emil Forsberg (10), Markus Berg (9)/Isaac Kiese Thelin (22) menit 90', Ola Toivonen (20)/John Guidetti (11) menit 78'

Pelatih: Janne Andersson

Wasit: Szymon Marciniak (Polandia)

Kedudukan Klasemen tim Grup F Piala Dunia 2018:

Pos. Team Pld W D L GD PT
1 Mexico 2 2 0 0 2 6
2 Germany 2 1 0 1 0 3
3 Sweden 2 1 0 1 0 3
4 South Korea 2 0 0 2 -2 0
Date Fixture Time Venue
June 17 Germany 0-1 Mexico 4pm UK / 11am US ET Luzhniki Stadium, Moscow
June 17 Sweden 1-0 South Korea 1pm UK / 8am US ET Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod
June 22 South Korea 1-2 Mexico 4pm UK / 11am US ET Rostov Arena, Rostov-on-Don
June 22 Germany 2-1 Sweden 7pm UK / 2pm US ET Fisht Olympic Stadium, Sochi
June 27 South Korea vs Germany 3pm UK / 10am US ET Kazan Arena, Kazan
June 27 Mexico vs Sweden 3pm UK / 10am US ET Central Stadium, Ekaterinburg

(fifa/goal/afp)

See Also

Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
Michael Phelps Sabet Emas Ke-21
Mahasiswi Universitas Bhayangkara Sri Wahyuni Rebut Medali Perak Olimpiade
Victoria Fyodorovna Azarenka Umumkan Dirinya Sedang Hamil
Setelah Lebaran Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Yongmoodo
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.977.778 Since: 05.03.13 | 0.2611 sec