Nasional

Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba

Thursday, 21 Juni 2018 | View : 176

SIMALUNGUN-SBN.

Kedalaman perairan Danau Toba di wilayah Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menjadi penghalang bagi tim penyelam untuk mencari para korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam.

"Kemampuan daya selam personel dan alat (pendeteksi) terbatas," kata Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan, usai apel tim gabungan di Pelabuhan Tiga Ras Simalungun yang menjadi posko Tim, Kamis (21/6/2018).

Kedalaman lokasi yang diperhitungkan tempat tenggelamnya kapal penumpang KM Sinar Bangun diperkirakan mencapai mencapai 460 meter, sementara kemampuan daya jelajah alat di angka 350 meter.

Pada pencarian korban hari ke empat, tim SAR menurunkan alat jelajah kedalaman air berkemamouan sampai 600 meter dari Pushidrosal TNI AL.

Tingkat kedinginan air Danau Toba juga menjadi kendala bagi penyelam, sehingga daya selam dibatasi sedalam 50 meter.

Upaya pencarian juga dilakukan di atas permukaan air mengerahkan 200 dari 366 personel tim gabungan dan memberdayakan 10 perahu karet, motor air dan kapal partisipasi warga setempat.

Sasaran pencarian di Timur Laut Selatan sesuai arah angin dengan radius 6-10 kilometer dari koordinat titik tenggelamnya kapal.

Masyarakat yang tinggal di pinggiran Danau Toba menilai, para korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, yang tenggelam saat melaju dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun, Sumut tipis kemungkinan ditemukan dalam kondisi selamat.

"Bukan bermaksud melampaui kekuasaan pencipta, namun bila sudah memasuki hari ketiga pencarian, maka peluang ditemukan dalam kondisi hidup sangat tipis. Kita semua mengharapkan adanya mukjizat," ujar salah seorang warga Parapat, Leonardus Simbolon (45 tahun), Rabu (20/6/2018).

Apalagi kata Leonardus Simbolon kondisi air danau sangat dingin pada malam dan pagi hari. Masyarakat sekitar sudah merasakan semua itu. "Kondisi angin kencang dan hujan yang turun setiap malam semakin mempersulit korban untuk bisa bertahan selama di perairan Danau Toba. Orang yang pintar berenang sekalipun belum tentu sanggup hidup di perairan Danau Toba selama dua sampai tiga hari ke depan," katanya.

Hal senada diungkapkan Agustinus Parapat (50 tahun), saat ditemui di Pelabuhan Tigaras. Tokoh masyarakat itu menyampaikan, hanya mukjizat Tuhan yang bisa menyelamatkan korban KM Sinar Bangun, yang sudah tiga hari berada di perairan Danau Toba.

"Untuk bisa menemukan seluruh korban hilang saja sudah sangat bersyukur. Banyak kejadian di Danau Toba, jenazahnya justru tidak pernah ditemukan sampai sekarang. Kami juga merasakan duka yang dialami keluarga korban. Namun, begitulah situasi dan kondisi jika musibah di Danau Toba," sebutnya.

Data di posko bencana, sejumlah 192 penumpang sesuai laporan pihak keluarga belum ditemukan, 18 selamat dan tiga meninggal. (sp/ant)

See Also

Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Kalau Tidak Ada TMMD, Belum Tentu Ada Program Bedah RTLH
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.443.813 Since: 05.03.13 | 0.1759 sec