Nasional

Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap

Wednesday, 20 Juni 2018 | View : 185
Tags : Karawang

KARAWANG-SBN.

Jalan arteri Kabupaten Karawang, dari arah Cikampek menuju Jakarta dan sekitarnya, padat merayap pada H+5 Lebaran atau Rabu (20/6/2018) malam.

"Arus lalu lintas sangat padat sejak memasuki wilayah Karawang saja," kata Sarpin, salah seorang pemudik bermotor dari Brebes yang akan balik ke Jakarta.

Sarpin mengatakan, saat melewati jalur Pantura Brebes hingga Pantura Karawang, arus lalu lintas cenderung ramai lancar. Kepadatan hanya terjadi di sejumlah titik seperti perempatan atau pertigaan serta titik menjelang SPBU.

Namun, sejak memasuki jalan Arteri Karawang-Cikampek, arus lalu lintas cukup padat. Bahkan, terjadi kemacetan di beberapa titik.

Di sepanjang jalan Arteri Karawang-Cikampek hingga perbatasan Bekasi, arus lalu lintas menuju arah Jakarta cukup padat. Begitu juga dari arah sebaliknya, arah Jakarta ke Subang, arus lalu lintas cukup padat.

Kondisi itu terjadi akibat adanya pemberlakuan sistem one way dari Tol Cipali hingga gerbang Tol Cikarang Utama. Akibat pemberlakuan sistem one way, kendaraan roda empat dan bus menuju arah Jawa harus melintasi jalan arteri hingga jalur Pantura.

Arus lalu lintas di jalan Tol Cikampek ke Jakarta di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada H+4 Lebaran atau Rabu (20/6/2018) siang terpantau padat.

"Petugas kepolisian dan pihak Jasa Marga memberlakukan contra flow atau lawan arah, mulai di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 52 wilayah Karawang hingga kilometer 29 wilayah Cikarang," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, saat dihubungi di Karawang.

"Sistem lawan arah menjadi salah satu upaya dalam mengurai kemacetan arus balik Lebaran," tambah Kapolres.

Selain melakukan contra flow, pihaknya juga menerapkan sistem buka-tutup di pintu masuk menuju rest area sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah hukum Polres Karawang.

Hal tersebut dilakukan karena antrean kendaraan yang akan masuk ke rest area sering memicu kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sementara itu, dengan diterapkannya contra flow, kepadatan arus lalu lintas berkurang di jalur jalan tol Jakarta-Cikampek arah jakarta.

Tapi sejumlah pengendara terjebak macet di jalur contra flow, karena di jalur itu arus lalu lintas padat merayap. Di jalur itu, arus padat merayap. Sedangkan di jalur biasa, arus lalu lintas ramai lancar.

Sejumlah pengendara saat ditemui di kilometer 44 mengeluhkan kondisi tersebut. Mereka menilai sistem contra flow ternyata tidak menyelesaikan kemacetan.

PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. bersama aparat kepolisian, memberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu arah (one way) mulai dari KM 47 sampai KM 29 Gerbang Tol Cikarang Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sore ini.

"Mulai pukul 16.30 WIB, Jasa Marga atas diskresi kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke arah Jakarta mulai dari KM 47 sampai dengan KM 29 atau Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama," ujar Customer & Employee Relations Manager PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani, Rabu (20/6/2018).

Sementara itu, tambahnya, untuk tetap melayani lalu lintas dari Jakarta ke arah Timur, Jasa Marga memberlakukan contra flow dari KM 3 arah Halim hingga GT Cikarang Barat.

"Sehingga pengguna jalan yang akan menuju ke Bandung maupun Cikampek tetap dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan arteri," ungkapnya.

Faiza menyampaikan, rekayasa arus lalu lintas satu arah dilakukan guna memberikan kenyamanan pengguna jalan pada arus balik Lebaran 1439 H.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," katanya. (ant/bs)

See Also

Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Kalau Tidak Ada TMMD, Belum Tentu Ada Program Bedah RTLH
Berkat TMMD Kodim 0716/Demak, Banyak Warga Terbantu
Atasi Kebakaran Hutan Dan Lahan, BNPB Kirim Tambahan Helikopter Pengebom Air
Dijadikan Rumah Inap, Sumarno Merasa Senang Dan Bahagia
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.428.700 Since: 05.03.13 | 0.1619 sec