Internasional

Gempa Guncang Osaka

Wednesday, 20 Juni 2018 | View : 74
Tags : Gempa, Jepang, Osaka

OSAKA-SBN.

Sebuah gempa melanda Osaka, Jepang pada Senin (18/6/2018) pagi hari. Sejauh ini, dua orang diduga tewas dan 41 lainnya terluka.

Dinas Kebakaran dan Manajemen Bencana mengatakan dua orang korban diduga meninggal dunia karena pemeriksaan awal menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital. Media setempat melaporkan salah satu korban diduga adalah anak perempuan berusia 9 tahun yang terperangkap di sekolah.

Otoritas Jepang tidak mengonfirmasi kematian setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit.

Jumlah korban tewas dalam gempa yang mengguncang Osaka, Jepang pada Senin (18/6/2018) terus bertambah menjadi lima orang, dan sekitar 370 orang mengalami luka-luka. Demikian disampaikan para pejabat pada Selasa (19/6/2018), seraya mendesak supaya warga meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya tanah longsor menjelang hujan yang turun dengan lebat.

“Korban kelima adalah seorang pria berusia 66 tahun yang ditemukan meninggal dunia, pada Selasa, di bawah tumpukan sejumlah buku dan CD di rumahnya,” ujar juru bicara pemerintah setempat.

Sementara itu, korban lainnya adalah seorang anak perempuan berusia 9 tahun. Korban diketahui meninggal dunia karena tertimpa dinding sekolahnya yang runtuh ketika terjadi gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR). Ada pula korban tewas lainnya, yakni dua pria dan seorang wanita, yang mana semuanya berusia sekitar 80 tahunan. Mereka meninggal dunia karena terperangkap di bawah dinding atau perabotan.

“Pemerintah akan terus berupaya untuk menyelamatkan orang-orang,” kata juru bicara utama pemerintah Yoshihide Suga kepada wartawan, seraya menambahkan belum ada lagi laporan orang hilang.

Menurut Yoshihide Suga, para pejabat akan melakukan “semua yang kami bisa” untuk segera memulihkan aliran pasokan gas dan air bersih ke rumah-rumah yang terputus pasca gempa.

Di sisi lain, Badan Meteorologi Jepang memperingatkan mengenai hujan lebat yang diprediksi terjadi di Osaka pada Selasa (19/6/2018) dan Rabu (20/6/2018). Hujan lebat dapat menyebabkan bencana tanah longsor di wilayah tersebut karena guncangan gempa yang sempat terjadi berpotensi menyebabkan tanah-tanah menjadi renggang.

Suga juga meminta warga untuk waspada dan mengatakan : “Bencana longsor mungkin terjadi di wilayah yang mengalami getaran kuat, meskipun turun hujan ringan.”

Lembaga cuaca melaporkan, kawasan itu dapat mengalami curah hujan sebanyak 50 milimeter pada Rabu (20/6/2018) pagi dan hingga 100 milimeter dalam 24 jam setelahnya hingga Kamis (21/6/2018) pagi.

“Biasanya kami tidak mengeluarkan peringatan disertai tingkat hujan ini, tetapi setelah gempa maka hujan yang turun dapat menyebabkan tanah longsor, banjir dan meluapnya aliran sungai,” kata salah seorang pejabat, Masakatsu Oya kepada AFP.

Pihak berwenang juga telah memperingatkan kemungkinan terjadinya gempa susulan yang kuat pada pekan mendatang dan khususnya dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Badan meteorologi meyebutkan gempa susulan berkekuatan 4 Skala Richter (SR) menghantam wilayah itu Selasa (19/6/2018) pagi.

“Aliran listrik yang padam akibat gempa sudah dapat dipulihkan, tetapi untuk memulihkan pasokan gas dan air akan memakan waktu lebih lama,” ujar para pejabat.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, gempa berskala 6,1 SR terjadi pada pukul 8.00 pagi dengan pusat gempa sekitar 9,7 km di bawah tanah. Gempa menyebabkan kaca-kaca bangunan pecah dan gedung-gedung roboh.

Pemerintah Jepang belum menerima adanya laporan kerusakan besar. Akibat gempa, layanan kereta subway dan kereta peluru di Osaka dihentikan sementara. (afp)

See Also

Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
Malala Yousafzai Peraih Nobel Diterima Di The University Of Oxford
Seorang Pria Lukai 5 Orang Di Swiss
Pria India Mengaku Danai Al-Qaeda Ribuan Dolar AS
PM Irak Secara Resmi Umumkan Pembebasan Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Bandara Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Dua Desa Di Dekat Mosul
ISIS Paksa Anak Kecil Dan Penyandang Disabilitas Kemudikan Truk Bermuatan Bom
Donald Trump Janji Persatukan Bangsanya Dan Bawa Perubahan
Gempa Di Italia Tengah
Polisi Istanbul Tangkap Pelaku Penembakan Kelab Malam Turki
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.891.352 Since: 05.03.13 | 0.2029 sec