Ekonomi

Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat

Tuesday, 22 Mei 2018 | View : 631

DEMAK-SBN.

Pengembangan sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena selain berperan sebagai sumber penghasil devisa yang besar, juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Untuk itu Balai Diklat Pertanian Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Pelatihan Alat Mesin Pertanian (Rice Transplanter, Crown Indojarwo, dan Crown Planter) alat tanam jagung dan kedelai bagi Babinsa dalam rangka Upsus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai bertempat di Balai Diklat Pertanian Semarang Jl. Raya Tambangan Kecamatan Mijen Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Senin (21/5/2018).

Di zaman serba modern Petani tidak mau ketinggalan jaman dengan itu jajaran Babinsa Kodim 0716/Demak turut mengikuti pelatihan Rice Transplanter, Crown Indojarwo, dan Crown Planter (alat tanam padi, jagung, dan kedelai) untuk memperlancar Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Perwakilan PT. Rutan Dwi Nugroho dari Jakarta selaku pemberi materi menyampaikan bahwa moderenisasi alat pertanian khususnya kepada para petani padi yang ada di wilayah satuan Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah Jawa Tengah belum sepenuhnya dapat mengoperasionalkan alat tersebut. "Untuk memberikan pengetahuan dan cara menggunakan alat transplanter tersebut, untuk itu kami memberikan pelatihan kepada para Babinsa dan Kelompok Petani, sebagian besar petani belum dapat mengoperasionalkan alat tersebut karena belum tahu cara penggunaanya," kata Dwi Nugroho.

"Kami memberikan pelatihan dan memberikan wawasan atau pengetahuan bagaimana cara untuk menggunakan alat pertanian padi, jagung, dan kedelai ini atau transplanter, para Babinsa kami memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada kelompok tani yang ada di jajaran Kabupaten di Jawa Tengah. Kegiatan ini sengaja dilakukan agar para petani yang ada di Jawa Tengah dapat menggunakan atau bisa mengoperasikan alat tanam padi ini, sehingga kedepannya akan membuat usaha padi menjadi lebih efisien, produktifitas meningkat, dan berujung pada kesejahteraan para petani. Karena Transplanter merupakan alat penanam bibit dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam sehingga penanaman padi akan semakin cepat dan bagus," ujar Dwi Nugroho.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari PT. Rutan Bapak Dwi Nugroho Jakarta, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang diwakili Bati Wanwil Serka TNI Suratman, Perwakilan peserta Babinsa dari Kodim Wonosobo, Kodim Temanggung, Kodim Salatiga, Kodim Kendal, Kodim Demak, Kodim Pati, Kodim Rembang, Kodim Blora, dan Kodim Purwodadi serta perwakilan Kelompok Tani dari Pati dan Rembang.

Sementara itu, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang diwakili Bati Wanwil Serka TNI Suratman berharap, kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Kodam IV/Diponegoro bersama Penyuluh dalam Diklat semacam ini dapat terus dikembangkan dan diperluas, bukan hanya untuk komoditi swasembada padi, jagung, dan kedelai, namun termasuk komoditi lain sesuai konteks wilayah Jawa Tengah. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Bursa Eropa Turun
Penambang Bitcoin Lari Ke Kazakhstan Hingga Amerika Serikat
Saat Ketua DPR RI Keliling Solo Ditemani Gibran
Minister Suharso Monoarfa Elaborate Bappenas Work Plan In 2022
Menteri PPN Paparkan Rencana Kerja Bappenas Tahun 2022
Bertemu Ketua DPR RI, Warga Pulau Talise Sulut Berharap Aliran Listrik 24 Jam
Berkunjung Ke Pulau Talise, Ketua DPR RI Minta Pemda Genjot Pembangunan
Menteri PPN Pimpin Multilateral Meeting, Bahas Reformasi Sistem Kesehatan Nasional
Ketua DPR RI Minta APBN 2022 Antisipasi Ketidakpastian Akibat Virus Corona
Luncurkan Buku Cegah Negara Tanpa Arah, Bamsoet Tegaskan Pentingnya Pokok-Pokok Haluan Negara
Bamsoet Ajak UMJ Mencegah Negara Tanpa Arah Dengan Menghadirkan Kembali PPHN Pasca 2024
Perdana Menteri Polandia Tolak Tutup Pertambangan Batu Bara
Bursa Eropa Dibuka Menguat
Elon Musk Menghentikan Penggunaan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran Mobil Listrik Tesla
Nilai Tukar Cryptocurrency Anjlok
Microsoft Corporation Bangun Pusat Data Di Malaysia
Perum Bulog Akan Serap 50.000 Ton Beras Petani Sumatera Selatan
Facebook Inc. Bersedia Bayar Konten Berita News Corp Australia
Bursa Asia Dan Eropa Menguat
Venezuela Jual Cadangan Emas
Wall Street Dibuka Menguat
Pengangguran Di Amerika Serikat Menurun
Bursa Asia Ditutup Menguat
Harga Emas Berbalik Menguat Didukung Data Ekonomi AS
Dow Jones Dan S&P Melemah, Nasdaq Menguat
jQuery Slider

Comments

Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.086.471 Since: 05.03.13 | 0.1641 sec