Ekonomi

Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat

Tuesday, 22 Mei 2018 | View : 98

DEMAK-SBN.

Pengembangan sektor pertanian khususnya subsektor tanaman pangan merupakan salah satu strategi kunci dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena selain berperan sebagai sumber penghasil devisa yang besar, juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Indonesia.

Untuk itu Balai Diklat Pertanian Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Pelatihan Alat Mesin Pertanian (Rice Transplanter, Crown Indojarwo, dan Crown Planter) alat tanam jagung dan kedelai bagi Babinsa dalam rangka Upsus Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai bertempat di Balai Diklat Pertanian Semarang Jl. Raya Tambangan Kecamatan Mijen Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Senin (21/5/2018).

Di zaman serba modern Petani tidak mau ketinggalan jaman dengan itu jajaran Babinsa Kodim 0716/Demak turut mengikuti pelatihan Rice Transplanter, Crown Indojarwo, dan Crown Planter (alat tanam padi, jagung, dan kedelai) untuk memperlancar Brigade Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Perwakilan PT. Rutan Dwi Nugroho dari Jakarta selaku pemberi materi menyampaikan bahwa moderenisasi alat pertanian khususnya kepada para petani padi yang ada di wilayah satuan Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah Jawa Tengah belum sepenuhnya dapat mengoperasionalkan alat tersebut. "Untuk memberikan pengetahuan dan cara menggunakan alat transplanter tersebut, untuk itu kami memberikan pelatihan kepada para Babinsa dan Kelompok Petani, sebagian besar petani belum dapat mengoperasionalkan alat tersebut karena belum tahu cara penggunaanya," kata Dwi Nugroho.

"Kami memberikan pelatihan dan memberikan wawasan atau pengetahuan bagaimana cara untuk menggunakan alat pertanian padi, jagung, dan kedelai ini atau transplanter, para Babinsa kami memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada kelompok tani yang ada di jajaran Kabupaten di Jawa Tengah. Kegiatan ini sengaja dilakukan agar para petani yang ada di Jawa Tengah dapat menggunakan atau bisa mengoperasikan alat tanam padi ini, sehingga kedepannya akan membuat usaha padi menjadi lebih efisien, produktifitas meningkat, dan berujung pada kesejahteraan para petani. Karena Transplanter merupakan alat penanam bibit dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam sehingga penanaman padi akan semakin cepat dan bagus," ujar Dwi Nugroho.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari PT. Rutan Bapak Dwi Nugroho Jakarta, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang diwakili Bati Wanwil Serka TNI Suratman, Perwakilan peserta Babinsa dari Kodim Wonosobo, Kodim Temanggung, Kodim Salatiga, Kodim Kendal, Kodim Demak, Kodim Pati, Kodim Rembang, Kodim Blora, dan Kodim Purwodadi serta perwakilan Kelompok Tani dari Pati dan Rembang.

Sementara itu, Pabandya Wanwil Sterdam IV/Diponegoro yang diwakili Bati Wanwil Serka TNI Suratman berharap, kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Kodam IV/Diponegoro bersama Penyuluh dalam Diklat semacam ini dapat terus dikembangkan dan diperluas, bukan hanya untuk komoditi swasembada padi, jagung, dan kedelai, namun termasuk komoditi lain sesuai konteks wilayah Jawa Tengah. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
Babinsa Koramil 08/Kedungtuban Monitoring Pendistribusian Pupuk Subsidi
Babinsa Koramil 09/Randublatung Bersama Petani Panen Padi
Danramil 07/Gajah Terus Berupaya Supaya Bulog Membeli Gabah Petani
Babinsa Desa Babat Belajar Mesin Perontok Padi
Koperasi Primer Kodim 0716/Demak Gelar RAT Ke-48
Menteri Pertanian RI Panen Raya Padi Di Blora
Wall Sreet Menguat Jelang Pelantikan Donald Trump
Bukittinggi Targetkan 600 Ribu Wisatawan Pada 2017
Donald Trump Ancam Toyota Motor Corporation
Saham Wall Street Melemah
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.833.742 Since: 05.03.13 | 0.2612 sec