Nasional

Secara Resmi TMMD Sengkuyung I Dibuka Oleh Bupati Demak

Thursday, 05 April 2018 | View : 63

DEMAK-SBN.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I tahun 2018 kembali digalakan, termasuk di wilayah Kodim 0716/ Demak dengan tema "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa" yang diikuti lebih kurang 450 orang.

Program tersebut selama ini telah banyak memberikan pelajaran berharga, mengenai betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam membangun bangsa.

Seperti yang disampaikan Bupati Demak, H. M. Natsir, S.Ag., M.M., M.Pd. saat membuka TMMD Sengkuyung I tahun 2018 di lapangan Desa Bogosari Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Rabu (4/4/2018), bahwa TMMD mampu membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat, untuk mengelola potensi yang dimiliki, serta kesiapsiagaan menghadapi ancaman dan tantangan yang dihadapi.

"TMMD merupakan program terpadu yang dilaksanakan oleh TNI, Pemerintah dan masyarakat yang sangat besar manfaatnya dan bisa dirasakan langsung oleh rakyat. Program semacam ini, sekaligus bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan, serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan kita di masa sekarang," katanya.

Pembukaan TMMD sendiri ditandai dengan penyerahan alat kerja berupa cangkul dan sekop dan pemukulan kentongan oleh Bupati Demak. Sedangkan untuk lokasi kegiatan, dipusatkan di Bogosari Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Sementara itu, Dandim 0716/Demak Letkol inf Abi Kusnianto selaku Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa, memaparkan kegiatan TMMD Sengkuyung I dilaksanakan dari tanggal 04 April sampai dengan 03 Mei 2018 ini akan kita arahkan pada pembangunan infrastuktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di daerah membuka Isolasi antar desa sehingga semakln meningkatkan roda perekonomian daerah meningkatnya kesehatan Iingkungan dan sanitasi di kawasan padat penduduk dan kumuh perkotaan serta gerakan masyarakat hidup sehat.

"Kegiatan fisik berupa sasaran pokok betonisasi jalan desa dengan panjang 488 m, lebar 4 m, dan tinggi 15 cm serta sasaran tambahan pembuatan pos kampling 2 unit, pengecatan Masjid 1 unit, pembuatan jamban 1 unit serta bedah rumah 2 unit," ujarnya.

Di samping itu, untuk kegiatan pembangunan non fisik, meliputi kegiatan Penyuluhan Deradikalisasi Terorisme, Penyuluhan Bintal dan Kerukunan hidup antar umat beragama, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan perkebunan, pertanian, Penyuluhan Pendidikan, seni budaya olah raga dan pariwisata serta Penyuluhan kesehatan.

"Dalam pelaksanaannya, akan melibatkan personel dari Kodim 0716/Demak sebanyak 1 SST, Interdep 1 orang dan dari masyarakat sebanyak 50 orang," katanya.

Kegiatan fisik tersebut, diharapkan bisa meningkatkan antisipasi ketika sewaktu-waktu terjadi bencana alam dan jiwa gotong royong, serta kemanunggalan TNI dan rakyat. Sedangkan untuk sasaran nonfisik diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya kebersihan lingkungan.

"Di samping itu, lonjakan pertumbuhan penduduk, berkurangnya tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), baik kepada anak, maupun perempuan dapat diminimalisasi, atau bahkan dihilangkan. Kesadaran bela negara dan cinta tanah air bagi masyarakat, serta penanggulangan bahaya narkoba pun bisa ditingkatkan," terangnya. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.829.084 Since: 05.03.13 | 0.1896 sec