Nasional

Tak Prioritaskan Pendidikan, Negara Akan Tertinggal Hadapi Globalisasi

Thursday, 12 April 2018 | View : 25

KUDUS-SBN.

Tak bisa disangkal, pendidikan merupakan hal yang teramat penting dalam kehidupan. Teramat pentingnya pendidikan, sehingga bisa dipastikan, negara-negara yang tidak (kurang) memberikan prioritas, maka akan mengalami ketertinggalan menghadapi era global atau globalisasi.

Prof. Dr. H. M. Sulthon Masyhud, M.Pd., guru besar Ilmu Manajemen Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Universitas Jember (Unej) mengutarakan hal itu di depan lebih dari 700 peserta seminar di Auditorium Kampus Universitas Muria Kudus (UMK), Rabu (11/4/2018).

Dalam seminar bertajuk ''Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa dalam Menghadapi Tantangan Global'' yang pesertanya berasal dari mahasiswa Prodi PGSD UMK, Prodi Matematika UMK dan Prodi PGSD Unej itu, dia mengatakan, adanya perubahan yang serbacepat di era globalisasi, peran pendidikan pada suatu bangsa semakin terasa penting.

‘’Tampak sekali di era globalisasi ini, negara-negara yang kurang memberikan prioritas dalam pendidikan, akanmengalami ketertinggalan menghadapi era globalisasi. Era globalisasi yang menuntut adanya kolaborasi, kompetisi dan adaptasi, memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang profesional,’’ tegasnya.

Jika SDM kita tidak profesional, lanjutnya menambahkan, maka akan senantiasa keteteran dalam mengejar ketertinggalan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). ‘’Kondisi Indonesia saat ini termasuk kategori keteteran dalam mengejar ketertinggalan Iptek. Human Development Index (HDI) yang dikeluarkan PBB pada 2017, Indonesia masih bertengger di peringkat 124 dari 180 negara anggota PBB,’’ ungkapnya prihatin.

Pendidikan Karakter

Prof. Wahyudin dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, mengulas mengenai pentingnya pendidikan karakter. Dia mengatakan, gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah dimulai sejak 2010, semakin mendesak untuk diprioritaskan.

‘’PPK semakin mendesak diprioritaskan, disebabkan oleh berbagai persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa, seperti maraknya intoleransi dan kekerasan yang mengancam kebhinnekaan dan keutuhan NKRI,’’ katanya.

Di luar itu, paparnya, rendahnya HDI mengancam daya saing bangsa, lemahnya fisik anak-anak karena kurang olahraga, rendahnya rasa seni dan estetika, serta pemahaman etika yang belum terbentuk selama masa pendidikan. ‘’Berbagai hal itu cukup  menjadi dasar untuk memperkuat kembali jati diri dan identitas bangsa melalui gerakan nasional PPK,’’ tandasnya.

Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, menilai, bahwa selama ini para guru telah mengajarkan pendidikan karakter, namun kebanyakan masih seputar teori dan konsep, belum mengarah pada ranah metodologi dan aplikasinya dalam masyarakat.

‘’Idealnya, setiap proses pembelajaran itu mencakup aspek konsep, teori, metodologi dan aplikasi. Jika para guru mengajarkan kurikulum secara komprehensif, maka kebermaknaan yang diajarkan akan lebih efektif dalam menunjang pendidikan karakter,’’ ujarnya dalam seminar yang dipandu Wakil Rektor I UMK, Dr. Murtono, M.Pd.

See Also

Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
Latgab Selesai, Danramil 03/Wonosalam Beri Arahan Anggota Saka Wira Kartika
Demi Keamanan Wilayah, Tiga Pilar Demak Kota Rutin Gelar Patroli
Kesigapan Babinsa Dalam Mengatasi Si Jago Merah
Babinsa Ramil 02/Bonang Takziah Ke Rumah Rekan Satu Koramilnya
Yudiono KS Berbagi Pengalaman Menulis Kepada Mahasiswa PBSI UMK
Kodim 0716/Demak Bersama Pemkab Bersih Pantai Istambul
Makna Penting Upacara Bendera Hari Senin Kodim 0716/Demak
Di HUT Ke-72, Persit Kodim 0716/Demak Menerima Hadiah
Dandim 0716/Demak Hadiri Pengajian Umum Di Serambi Masjid Agung Demak
10 Tim Beradu Gagasan Di Grand Final MSC 2018
Jumat Bersih Ala Kodim 0716/Demak Di Ponpes Raden Said
Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro Kunjungi Kodim 0716/Demak
Secara Resmi TMMD Sengkuyung I Dibuka Oleh Bupati Demak
Secara Resmi Jabatan Danramil 04/Dempet Dan Danramil 11/Sayung Diserahkan Ke Dandim 0716/Demak
Keakraban Selalu Terjalin Antara TNI-Polri Dalam Menjaga Kamtibmas
Konservasi Hutan, Kodim 0716/Demak Tanam Ribuan Bibit Pohon
PKPA UMK Gelar Workshop Karier
Ingin Lebih Dekat Dengan TNI, Anak-anak TK Kunjungi Kodim 0716/Demak
Lagi-lagi Kodim 0716/Demak Menyandang Predikat Juara 1
Babinsa 06/Wedung Dampingi Pembagian Kartu Penerima PKH
Patroli Bersama Babinsa Dan Babinkamtibmas Wonosalam Ciptakan Kondusifitas Wilayah
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.505.112 Since: 05.03.13 | 0.3317 sec