Nasional

Babinsa 04/Dempet Sabar Dampingi Proses Baksos Operasi Katarak

Friday, 23 Maret 2018 | View : 109

DEMAK-SBN.

Dalam rangka kunjungan dan napak tilas rute panglima besar Soedirman (RPS) dan Baksos Taruna Akademi Militer TNI menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial seperti operasi katarak hingga operasi bibir sumbing. Acara ini gratis, tanpa dipungut biaya.

Jadwal pendaftaran dibuka di masing-masing Koramil. Peserta yang telah terdaftar akan menjalani pemeriksaan awal sebelum dilakukan tindakan operasi. Bakti Sosial operasi Katarak Gratis yang akan dilaksanakan merupakan program kegiatan kerjasama antara Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dengan TNI dalam rangka mewujudkan percepatan penurunan kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Tahapan yang sedang berjalan pada Jum'at (23/03/2018) mulai pukul 10.00 WIB  terkait dengan Bakti Sosial TNI Operasi Katarak tersebut memasuki tahapan screening bagi penderita yang sedah terdaftar sebagai bagian dari penentuan kondisi pasien layak dioperasi atau tidak.

Ratusan pasien yang mendaftar dengan didampingi oleh Babinsa melaksanakan screening bergiliran di RS dr Asmir (RST) Salatiga.

Pada tahapan screening tersebut memang tidak kesemuanya terekomendasi dapat dilaksanakan operasi katarak, karena ada penderita yang gula darahnya tinggi, ada yang tensinya tinggi dan lain-lain yang tentunya sangat membahayakan kalau dilanjutkan pada tahap operasi.

Serda TNI Sahono Koramil 04/Dempet mengatakan bahwa saat screening, para Babinsa perlu untuk mendampingi warga binaannya sehingga dapat diketahui berapa warga yang memenuhi persyaratan untuk menjalani operasi katarak pada kegiatan Baksos Taruna Akademi Militer TNI.

Kedua Babinsa tampak sabar mendampingi satu persatu warga saat menjalani pemeriksaan oleh tim kesehatan. Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa seorang pasien. Setelah pemeriksaan selesai, untuk Kodim 0716/Demak sendiri terdiri dari operasi katarak 6 orang serta bibir sumbing 1 orang.

Dengan didampingi oleh Babinsa Serda TNI Sahono, Suradi (50 tahun) asal Desa Jerukgulung, Dempet yang datang ke RST dengan diantar oleh cucunya merupakan salah satu calon pasien yang juga sangat berharap bisa menjalani operasi sehingga penglihatannya normal kembali.

Akibat penyakit Katarak yang dideritanya Suradi mengaku sudah tujuh tahun lebih tidak bisa melihat, beruntung saat ini  ada operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh TNI, sehingga mata kanannya nanti berhasil dioperasi.

Suradi mengatakan, "Dulu kalau kemana-mana saya sering terjatuh karena tidak bisa melihat, saya disuruh diam tidak betah, alhamdulillah sekarang ada operasi gratis insyaallah semoga  mata saya bisa melihat," terang Suradi.

Suradi menambahkan sangat berharap dengan adanya operasi kali ini mata kanannya bisa dioperasi sehingga nanti kedua matanya akan kembali normal dan bisa melihat lagi.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0716/Demak (Dandim) Letkol Inf Abi Kusnianto dalam konfirmasinya menyatakan bahwa dirinya beserta jajarannya sangat mendukung sekali, dengan kegiatan Baksos ini. "Bahkan Babinsa kami sangat terlatih untuk merekrut penderita bahkan melaksanakan screening awalpun sudah mendapat pembekalan sejak lama sehingga pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah terbiasa sekali, mereka berpengalaman sekali menjadi relawan seperti itu," tegas lulusan Akmil 1999 ini. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.962.688 Since: 05.03.13 | 0.2183 sec