Nasional

Babinsa 04/Dempet Sabar Dampingi Proses Baksos Operasi Katarak

Friday, 23 Maret 2018 | View : 33

DEMAK-SBN.

Dalam rangka kunjungan dan napak tilas rute panglima besar Soedirman (RPS) dan Baksos Taruna Akademi Militer TNI menggelar serangkaian kegiatan bakti sosial seperti operasi katarak hingga operasi bibir sumbing. Acara ini gratis, tanpa dipungut biaya.

Jadwal pendaftaran dibuka di masing-masing Koramil. Peserta yang telah terdaftar akan menjalani pemeriksaan awal sebelum dilakukan tindakan operasi. Bakti Sosial operasi Katarak Gratis yang akan dilaksanakan merupakan program kegiatan kerjasama antara Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dengan TNI dalam rangka mewujudkan percepatan penurunan kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Tahapan yang sedang berjalan pada Jum'at (23/03/2018) mulai pukul 10.00 WIB  terkait dengan Bakti Sosial TNI Operasi Katarak tersebut memasuki tahapan screening bagi penderita yang sedah terdaftar sebagai bagian dari penentuan kondisi pasien layak dioperasi atau tidak.

Ratusan pasien yang mendaftar dengan didampingi oleh Babinsa melaksanakan screening bergiliran di RS dr Asmir (RST) Salatiga.

Pada tahapan screening tersebut memang tidak kesemuanya terekomendasi dapat dilaksanakan operasi katarak, karena ada penderita yang gula darahnya tinggi, ada yang tensinya tinggi dan lain-lain yang tentunya sangat membahayakan kalau dilanjutkan pada tahap operasi.

Serda TNI Sahono Koramil 04/Dempet mengatakan bahwa saat screening, para Babinsa perlu untuk mendampingi warga binaannya sehingga dapat diketahui berapa warga yang memenuhi persyaratan untuk menjalani operasi katarak pada kegiatan Baksos Taruna Akademi Militer TNI.

Kedua Babinsa tampak sabar mendampingi satu persatu warga saat menjalani pemeriksaan oleh tim kesehatan. Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk memeriksa seorang pasien. Setelah pemeriksaan selesai, untuk Kodim 0716/Demak sendiri terdiri dari operasi katarak 6 orang serta bibir sumbing 1 orang.

Dengan didampingi oleh Babinsa Serda TNI Sahono, Suradi (50 tahun) asal Desa Jerukgulung, Dempet yang datang ke RST dengan diantar oleh cucunya merupakan salah satu calon pasien yang juga sangat berharap bisa menjalani operasi sehingga penglihatannya normal kembali.

Akibat penyakit Katarak yang dideritanya Suradi mengaku sudah tujuh tahun lebih tidak bisa melihat, beruntung saat ini  ada operasi katarak gratis yang diselenggarakan oleh TNI, sehingga mata kanannya nanti berhasil dioperasi.

Suradi mengatakan, "Dulu kalau kemana-mana saya sering terjatuh karena tidak bisa melihat, saya disuruh diam tidak betah, alhamdulillah sekarang ada operasi gratis insyaallah semoga  mata saya bisa melihat," terang Suradi.

Suradi menambahkan sangat berharap dengan adanya operasi kali ini mata kanannya bisa dioperasi sehingga nanti kedua matanya akan kembali normal dan bisa melihat lagi.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0716/Demak (Dandim) Letkol Inf Abi Kusnianto dalam konfirmasinya menyatakan bahwa dirinya beserta jajarannya sangat mendukung sekali, dengan kegiatan Baksos ini. "Bahkan Babinsa kami sangat terlatih untuk merekrut penderita bahkan melaksanakan screening awalpun sudah mendapat pembekalan sejak lama sehingga pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah terbiasa sekali, mereka berpengalaman sekali menjadi relawan seperti itu," tegas lulusan Akmil 1999 ini. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Makna Penting Upacara Bendera Hari Senin Kodim 0716/Demak
Di HUT Ke-72, Persit Kodim 0716/Demak Menerima Hadiah
Dandim 0716/Demak Hadiri Pengajian Umum Di Serambi Masjid Agung Demak
10 Tim Beradu Gagasan Di Grand Final MSC 2018
Jumat Bersih Ala Kodim 0716/Demak Di Ponpes Raden Said
Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro Kunjungi Kodim 0716/Demak
Secara Resmi TMMD Sengkuyung I Dibuka Oleh Bupati Demak
Secara Resmi Jabatan Danramil 04/Dempet Dan Danramil 11/Sayung Diserahkan Ke Dandim 0716/Demak
Keakraban Selalu Terjalin Antara TNI-Polri Dalam Menjaga Kamtibmas
Konservasi Hutan, Kodim 0716/Demak Tanam Ribuan Bibit Pohon
PKPA UMK Gelar Workshop Karier
Ingin Lebih Dekat Dengan TNI, Anak-anak TK Kunjungi Kodim 0716/Demak
Lagi-lagi Kodim 0716/Demak Menyandang Predikat Juara 1
Babinsa 06/Wedung Dampingi Pembagian Kartu Penerima PKH
Patroli Bersama Babinsa Dan Babinkamtibmas Wonosalam Ciptakan Kondusifitas Wilayah
Apartemen Wesling Kedoya Terbakar
Babinsa 04/Dempet Hadiri Sosialisasi Pembagian Lapak Pasar Wonopolo
Babinsa Dengan Komsos Tekan Ekses Negatif Pemuda
Ardhi Prabowo Paparkan Ragam Strategi Pembelajaran Di UMK
Kuliah Umum Prodi Matematika UMK
Dandim 0716/Demak Menyongsong Pergantian Tahun Bersama Forkopimda Lakukan Doa Bersama
Kemampuan Serdadu Kodim 0716/Demak Diuji
Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.414.585 Since: 05.03.13 | 0.1793 sec