Nasional

Akademisi Dari Berbagai PT Kolaborasi Tulis Paper Untuk MECnIT 2017

Friday, 08 Desember 2017 | View : 134

MEDAN-SBN.

Sebuah terobosan menarik dilakukan 73 akademisi dari puluhan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, yang berkolaborasi menulis paper untuk diikutikan dalam konferensi internasional Mechanical, Electronics, Computer, and Industrial Technology (MECnIT 2017).

Konferensi internasional itu diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia, di Grand Kanaya Hotel, Jl. Darussalam No.12, Sei Sikambing D., Medan Petisah, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada 6-8 Desember 2017 dengan pemateri utama Robbi Rahim, S.Kom., M.Kom. dari Institut Teknologi Medan.

Menurut Tri Listyorini, S.Kom., M.Kom., dosen Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK), Inspirasi awal terbentuknya artikel INA-Rxiv ini dari diskusi yang dilakukan di GWA Scopus WOS OSF Conference yang para anggotanya adalah akademisi yang sangat memperhatikan kemajuan publikasi di indonesia.

Ide dasarnya, bagaimana memanfaatkan INA-Rxiv untuk memudahkan diseminasi ilmu kepada khalayak agar bisa dibaca, dipahami, dan suatu saat mungkin  disitasi. INArxiv sebagai preprint server yang logonya bernuansakan merah putih yang beralamat di http://inarxiv.id serta didirikan oleh Dasapta Erwin Irawan (ITB) dan para relawan yang terdaftar di https://goo.gl/sdHXZF telah mengenalkan konsep berbagi sejak awal, yaitu dengan mengunggah makalah pra peer review untuk menjaring masukan pembaca. 

Sejalan dengan waktu, INArxiv juga banyak digunakan untuk mengunggah makalah yang sebelumnya hanya terserak di media penyimpanan. Dengan mengunggahnya secara daring, maka dokumen menjadi mudah ditemukan, diunduh secara bebas, serta diindeks oleh Google Scholar.

Dalam proses penulisannya, artikel yang berjudul INA-RXIV:The Missing Puzzle in Indonesia’s Scientific Publishing Workflow dilakukan secara daring dan kolaboratif, memanfaatkan perangkat gratis yang telah tersedia.

Penulisan diawali dengan membuat kerangka kerja sebelum dibuka secara bebas untuk disunting oleh para penulis lainnya. Kontribusi penulis sangat beragam. Sejalan dengan prinsip sains terbuka (open science), kontribusi penulis sekecil apapun dianggap sangat berharga.

Nuning Kurniasih (Universitas Padjadjaran/ Unpad), salah satu penulis artikel, menyatakan, keunikan proses artikel ini adalah tidak berfokus pada angka kredit jabatan dosen, melainkan mengembangkan semangat kolaborasi dan familiarisasi terhadap SCOPUS, sebuah pangkalan data jurnal yang dianggap bereputasi.

Juneman Abraham (Bina Nusantara/ Binus), penulis lain, mengemukakan, secara psikologis, para kolaborator INA-Rxiv menunjukkan mindset tumbuh (growth mindset), sehingga memungkinkan perkembangan naskah sampai matang dapat diikuti oleh publik.

Tri Listyorini sendiri menyambut baik gagasan melakukan riset dan penulisan paper ilmiah secara kolaboratif, dengan melibatkan banyak akademisi PT. ‘’Karena selain kaya perspektif, juga bisa ruang saling memotivasi untuk meningkatkan tradisi riset dan penulisan antarakademisi PT di Indonesia,’’ katanya.

Sementara itu, konferensi internasional MECnIT 2017 di Medan, dihadiri oleh para pakar yang sudah sangat dikenal. Antara lain Prof. Dong-Hau Kuo (National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan), Prof. Wonsub Chung (Pusan National University), Wahyu Caesarendra, Ph.D. (Nanyang Technological University, Singapore), dan Poltak Sihombing, Ph.D. (Universitas Sumatera Utara, Indonesia).

See Also

Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
Latgab Selesai, Danramil 03/Wonosalam Beri Arahan Anggota Saka Wira Kartika
Demi Keamanan Wilayah, Tiga Pilar Demak Kota Rutin Gelar Patroli
Kesigapan Babinsa Dalam Mengatasi Si Jago Merah
Babinsa Ramil 02/Bonang Takziah Ke Rumah Rekan Satu Koramilnya
Yudiono KS Berbagi Pengalaman Menulis Kepada Mahasiswa PBSI UMK
Kodim 0716/Demak Bersama Pemkab Bersih Pantai Istambul
Makna Penting Upacara Bendera Hari Senin Kodim 0716/Demak
Di HUT Ke-72, Persit Kodim 0716/Demak Menerima Hadiah
Dandim 0716/Demak Hadiri Pengajian Umum Di Serambi Masjid Agung Demak
10 Tim Beradu Gagasan Di Grand Final MSC 2018
Jumat Bersih Ala Kodim 0716/Demak Di Ponpes Raden Said
Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro Kunjungi Kodim 0716/Demak
Secara Resmi TMMD Sengkuyung I Dibuka Oleh Bupati Demak
Secara Resmi Jabatan Danramil 04/Dempet Dan Danramil 11/Sayung Diserahkan Ke Dandim 0716/Demak
Keakraban Selalu Terjalin Antara TNI-Polri Dalam Menjaga Kamtibmas
Konservasi Hutan, Kodim 0716/Demak Tanam Ribuan Bibit Pohon
PKPA UMK Gelar Workshop Karier
Ingin Lebih Dekat Dengan TNI, Anak-anak TK Kunjungi Kodim 0716/Demak
Lagi-lagi Kodim 0716/Demak Menyandang Predikat Juara 1
Babinsa 06/Wedung Dampingi Pembagian Kartu Penerima PKH
Patroli Bersama Babinsa Dan Babinkamtibmas Wonosalam Ciptakan Kondusifitas Wilayah
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.565.162 Since: 05.03.13 | 0.1979 sec