Nasional

Seleksi Duta Pilkada 2018 Digelar

Saturday, 02 Desember 2017 | View : 234

KUDUS-SBN.

Bertempat di di Lantai IV Ruang Seminar Gedung Rektorat, Universitas Muria Kudus (UMK), Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (2/12/2017), digelar pemilihan seleksi Duta Pilkada untuk penyelenggaraan Pilkada Kudus 2018. Pemilihan Duta Pilkada digelar atas kerja sama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muria Kudus (UMK),

Duta Pilkada digelar di Lantai IV Ruang Seminar Gedung Rektorat, Universitas Muria Kudus (UMK), Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (2/12/2017).

Sekitar 35 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa dan remaja umum ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Menurut Ketua BEM UMK, Moh. Habiburrahman, dalam seleksi Duta Pilkada ini, ada beberapa hal yang dinilai oleh para juri, yakni pengetahuan terkait kepemiluan, performance, komunikasi, dan juga sikap.

‘’Juri dalam pemilihan Duta Pilkada ini ada tiga, yaitu Eni Misdayani (Komisioner KPU Kabupaten Kudus), M. Ridwan, M.Psi. (dosen Fakultas Psikologi UMK), dan Lensa Silviani Prasetyo (salah seorang penyiar di salah satu studi radio),’’ katanya.

Dia menyampaikan, seleksi kali ini adalah seleksi pertama, untuk diambil 10 besar yang akan bersaing di grand final. ‘’Grand final akan dilangsungkan pada 16 Desember mendatang di Auditorium Kampus UMK,’’ jelasnya.

Seleksi Duta Pilkada ini dibuka oleh Komisoner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Eni Misdayani, S.Ag., M.M., didampingi dua komisioner lain, yakni Syafiq Ainurridho, S.Pd.I. (Divisi Pemutakhiran Data Pemilih) dan Dhani Kurniawan, S.E. (Divisi Teknis).

Eni Misdayani dalam sambutannya, mengutarakan, pemilihan Duta Pilkada ini adalah untuk Pilkada 2018, kendati penyelenggaraannya masih di tahun 2017. ‘’Pilkada Kudus yang akan digelar adalah Pilkada 2018,’’ terangnya.

Atas nama KPU Kabupaten Kudus, dirinya mengapresiasi partisipasi peserta dalam seleksi Duta Pilkada ini. ‘’Adik-adik adalah yang terpilih. Kenapa Saya katakan terpilih, karena yang berkenan mendaftar adalah generasi terpilih, yang berani menentukan peran apa yang bisa diambilnya dalam Pilkada 2018,’’ tegasnya.

Dia mengemukakan, bahwa dalam Pemilu atau Pilkada, satu-satunya yang akan dicapai, yaitu menjadi kepentingan kita, bukan kepentingan calon, partai politik (Parpol) dan bukan juga untuk golongan tertentu. Sukses Pilkada Kudus, adalah kepentingan kita sendiri,’’ tegasnya.  

Disampaikannya, bahwa untuk seorang menjadi Duta Pilkada, tidak sekadar cantik, tampan dan berpenampilan menarik. ‘’Seorang Duta Pilkada harus cerdas, cerdas melihat kondisi di lapangan dan memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat terkait Pilkada,’’ tandasnya.

Sementara itu, beberapa hal yang bisa disoroti dalam Pilkada, menurutnya, yaitu golput dan penyakit politik uang. ‘’Politik uang adalah penyakit kronis yang jadi tanggung jawab kita bersama untuk meminimalisasi sedikit demi sedikit, hingga bersih,’’ ungkapnya.

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.962.737 Since: 05.03.13 | 0.1966 sec