Nasional

Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai

Tuesday, 14 Nopember 2017 | View : 9

YOGYAKARTA-SBN.

Mahasiswa Pencinta Alam STIPRAM (MAHAPASTI) menyelenggarakan kegiatan Konservasi Hutan Mangrove dengan mengusung tema “Mangrove sebagai Ekowisata Bahari”. Kegiatan yang digelar pada Minggu (12/11/2017), di Wanatirta, Pasir Mendit, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-4 MAHAPASTI.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah konservasi dengan cara melakukan pembibitan dan penanaman mangrove. Selain itu,ada kegiatan interpretasi hutan mangrove yang dilakukan oleh anggota muda MAHAPASTI kepada peserta. Interpretasi dilakukan dengan maksud mengedukasi peserta tentang mangrove dan ekowisata bahari agar menambah pengetahuan mereka tentang pentingnya keberadaan hutan mangrove serta untuk menumbuhkan rasa peduli lingkungan.

Sebanyak 38 orang hadir dan terlibat dalam acara Konservasi Hutan Mangrove ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian pendidikan tingkat lanjut ekowisata anggota muda MAHAPASTI angkatan ke-2 dengan menerapkan tiga pilar ekowisata, yaitu konservasi, interpretasi, dan local community.

“Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa persaudaraan kita agar semakin erat dan saat pulang semoga mendapat ilmu yang bermanfaat,” ujar Gemen, ketua pelaksana Konservasi Hutan Mangrove.

Jussac Maulana, Dosen Marine Tourism sekaligus Pembina MAHAPASTI menyatakan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan MAHAPASTI. “Bagaimanapun ekowisata harus ada unsur konservasi, edukasi, serta masyarakat dan ekonominya. Sebagai insan pariwisata, kita harus mendukung upaya pelestarian mangrove sebagai salah satu sumber daya alam di pesisir pantai,” tuturnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan semakin banyak kalangan muda yang peduli terhadap lingkungan, khususnya mangrove, karena begitu banyak manfaat yang diperoleh dari mangrove. Menurut Warso, ketua Wanatirta, mangrove merupakan sebuah ekosistem dari berbagai tumbuhan yang toleran terhadap air garam. Manfaat mangrove antara lain bisa dijadikan pewarna batik, arang, sirup mangrove, dodol mangrove, dan sebagainya.

“Saya berterimakasih kepada rekan-rekan Mapala karena sudah membuat acara yang bermanfaat seperti ini. Saya sering sedih melihat mahasiswa pencinta alam yang sudah tidak menjadi mahasiswa atau sudah lulus kadang lupa dengan cinta alamnya. Saya harap ke depan sebagai mahasiswa pencinta alam jika sudah tidak menjadi mahasiswa bisa terus cinta lingkungan dan terus melestarikan lingkungan,” ujar Warso.

Kegiatan konservasi hutan mangrove diakhiri dengan pembersihan sampah di Pantai Pasir Mendit. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan MAHAPASTI untuk mewujudkan lingkungan yang bersih sebagai salah satu unsur dari “Sapta Pesona Pariwisata”.

See Also

Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Ibu Persit Kodim 0716/Demak Menyabet 2 Penghargaan
Kodim 0716/Demak Kedatangan Tim Wasrik ItDam IV/Diponegoro
Rektor UMK Sebut Tiga Syarat Menjadi Pemimpin
Danrem 162/Wira Bhakti Memastikan Seluruh Jajarannya Putar Film G 30 S/PKI
Status Awas Gunung Agung
Presiden Joko Widodo Tonton Film G 30 S/PKI
Menjawab Tantangan Dengan Kerja Bersama
Kronologi Angkot KWK U11 Terbakar Di Pluit
Pelantikan Pejabat Pemprov DKI Jakarta Akan Digelar
Libur, Satgas TMMD Dan Warga Tetap Rehab Rumah
Sungkem Dengan Sesepuh, Mohon Kesuksesan TMMD
RT Yang Rajin Pantau Warganya Di Lokasi TMMD
Semangati Warga, Kades Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Perehaban RTLH Dikerjakan Seteliti Mungkin
Satgas TMMD Terapkan Sistem Banjardowo Untuk Ringankan Pekerjaan
Hari Ke-7 TMMD, Semangat 45 Satgas TMMD Tetap Terjaga
Paket Komplet Di Rehab RTLH TMMD Rempoah
Di Pekerjaan Vital TMMD, Danramil 02/Baturaden Tak Melepas
Manunggalnya TNI Dengan Rakyat Semakin Nyata Di TMMD Rempoah
Semangat Kebersamaan Picu Rehab Rumah Mbah Yasroni
Tetap Semangat Di Pekerjaan TMMD
Pantau Langsung Perehaban Rumah Di TMMD
Camat Yang Getol Pompa Semangat Pemuda Sasaran TMMD
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.114.056 Since: 05.03.13 | 0.3759 sec