Olah Raga

SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1

Wednesday, 16 Agustus 2017 | View : 102

SHAH ALAM-SBN.

Pertandingan tim nasional U-22 Indonesia yang berambisi mengakhiri paceklik medali emas sejak tahun 1991 kontra Thailand sebagai juara bertahan menjadi salah satu favorit mempertahankan medali emas di laga perdana babak penyisihan Grup B cabang olahraga sepak bola putra SEA Games ke-29 2017, di Stadion Shah Alam, Shah Alam, Selangor, Malaysia, Selasa (15/8/2017), berakhir imbang 1-1.

Pada pertandingan di Stadion Shah Alam itu, tim Indonesia yang berjuluk Garuda Muda tersebut sempat tertinggal terlebih dulu pada babak pertama. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Indonesia, Thailand unggul pada menit ke-14 lewat Chaiyawat Buran. Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan pada pertengahan babak kedua. Septian David Maulana menyamakan kedudukan pada menit ke-61 dari titik penalti.

Dipantau dari laman resmi PSSI, Jakarta, Selasa (15/8/2017), Thailand unggul terlebih dahulu melalui gol Chaiyawat Buran di menit ke-14 babak pertama dan di babak kedua, menit ke-61, Indonesia membalas melalui gol Septian David Maulana dari tendangan penalti.

Tim Indonesia yang berjuluk Merah Putih ini sebenarnya menguasai laga sejak peluit pertama dibunyikan. Sampai menit ke-5, Garuda Muda bahkan sudah membuat dua kali umpan silang ke pertahanan Thailand.

Namun, Thailand yang tertekan di 10 menit pertama berhasil bangkit. Di menit ke-14, diawali umpan lambung menyilang dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Thailand berhasil melesakkan bola ke gawang setelah bola yang menukik terlepas dari tangkapan penjaga gawang Indonesia Kurniawan Kartika Ajie dan diesekusi sempurna oleh Chaiyawat Buran. Skor menjadi 1-0 untuk Thailand.

Indonesia yang tersengat akibat gol tersebut berusaha membalas. Memanfaatkan kecepatan Febri Hariyadi di sisi serang kanan dan Osvaldo Haay di kiri, anak-anak asuh pelatih Luis Milla beberapa kali mendapatkan peluang.

Di menit ke-33, Osvaldo Haay sempat mendapatkan ruang bebas di sayap, tetapi tidak bisa mengarahkan bola ke penyerang Marinus Mariyanto Manewar karena gagal melakukan umpan silang.

Lalu, 11 menit kemudian, Osvaldo Haay lagi-lagi melakukan umpan silang tetapi dihalau dengan baik oleh bek Thailand.

Tak ada gol lain tercipta sampai peluit akhir babak pertama dibunyikan dan skor tetap 1-0.

Di babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Beberapa kali sempat merepotkan Thailand, gol untuk Garuda Muda tercipta di menit ke-61 melalui tendangan penalti Septian David Maulana.

Penalti itu didapatkan setelah Osvaldo Haay dilanggar oleh bek Thailand ketika melakukan akselarasi di kotak penalti lawan.

Ada hal unik saat penalti hendak dilakukan. Terlihat sejumlah pemain berdiskusi terlebih dulu dan tampak enggan menjadi eksekutor.

Skor pun berubah menjadi 1-1.

Usai gol tersebut Indonesia terus tampil mendominasi laga. Indonesia sempat mendapatkan peluang terbaik di babak kedua tepatnya menit ke-90 melalui tendangan terarah Evan Dimas Darmono. Akan tetapi bola berhasil ditepis oleh penjaga gawang Thailand.

Setelah itu, praktis tidak ada peluang berbahaya lain dan gol tambahan dari kedua tim. Skor akhir pertandingan 1-1.

Secara keseluruhan, Indonesia berhasil menguasai pertandingan dengan persentase total penguasaan bola 52 persen, membuat dua sepakan ke gawang dan enam tendangan lain tidak menemui sasaran.

Hasil ini membuat, di klasemen sementara Grup B Indonesia dan Thailand, yang berpoin satu, sama-sama berada di bawah Vietnam yang menjadi pimpinan klasemen setelah menaklukkan Timor Leste dengan skor 4-0. Pada pertandingan lain, Vietnam menang 4-0 atas Timor Leste sehingga berhak memimpin klasemen sementara Grup B. Satu laga tersisa antara Kamboja dan Filipina akan dimainkan pukul 19.45 WIB.

Berikutnya, Indonesia akan bertanding kembali pada Kamis (17/8/2017) melawan Filipina pada pukul 19.45 WIB.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan laga versus Timor Leste pada Minggu (20/8/2017) serta berhadapan dengan Vietnam dan Kamboja yang masing-masing diadakan Selasa (22/8/2017) dan Kamis (24/8/2017).

Susunan Pemain:

Indonesia:

Kurniawan Kartika Ajie, Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin Saputra, Muhammad Rezaldi Hehanusa, Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto, Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, Septian David Maulana, Marinus Mariyanto Manewar

Pelatih: Luis Milla

Asisten Pelatih: Bima Sakti

Thailand:

Nont Muangngam, Suriya Singmui, Saringkarn Promsupa, Shinnaphat Lee-oh, Nopphon Phonkam, Chaiyawat Buran, Ratthanakorn Maikami, Sasalak Haiprakhon, Panudech Maiwong, Sitthichok Kannoo, Chenrop Samphaodi

Pelatih: Worrawoot Srimaka

Asisten Pelatih: Issara Sritaro

Asisten Pelatih: Naruphol Kaenson (jos)

See Also

Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
Michael Phelps Sabet Emas Ke-21
Mahasiswi Universitas Bhayangkara Sri Wahyuni Rebut Medali Perak Olimpiade
Victoria Fyodorovna Azarenka Umumkan Dirinya Sedang Hamil
Setelah Lebaran Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Yongmoodo
Portugal Lolos Ke Final Setelah Tundukkan Wales 2-0
Prancis Ke Semi Final Setelah Kalahkan Islandia 5-2
Jerman Menang Adu Penalti Atas Italia 6-5
Piala Eropa 2016, Wales-Belgia 3-1
Zinedine Zidane Tak Yakin Bertahan Di Real Madrid
Nico Rosberg Juara GP F1 Rusia
Valentino Rossi Juara MotoGP Spanyol
Mahasiswa UMK Raih Perunggu Di Kejuaraan Internasional PSHT
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.166.273 Since: 05.03.13 | 3.2082 sec