Politik

Demokrat Undang 18 Tokoh Ikuti Konvensi Capres

Thursday, 22 Agustus 2013 | View : 808

JAKARTA-SBN.

Komite Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat sudah mengantongi 18 tokoh yang akan diundang untuk mengikuti konvensi. Dari 18 nama hasil rapat pleno tersebut, dua orang masih akan dimintai konfirmasi lagi untuk kesiapannya ikut konvensi hingga Kamis (22/8/2013). Komite Konvensi Partai Demokrat (PD) mengundang 18 orang untuk menjadi peserta konvensi penjaringan calon presiden PD. Jumlah itu merupakan gabungan dari 11 nama yang diusulkan Majelis Tinggi PD dan tujuh nama dari Komite Konvensi. “Ada 18 nama yang akan diundang untuk ikut konvensi. Jadi, yang dua orang akan rekonfirmasi hingga pukul 13.00 besok. Kalau sampai waktu yang ditentukan tidak ada kabar, maka tidak akan dikirim undangan,” tutur Juru Bicara Komite Konvensi Partai Demokrat, Rully Charis, seusai mengikuti rapat pleno Komite Konvensi, di Jakarta, Rabu (21/8/2013) malam. “Total ada 18 calon peserta akan diundang,” imbuh Juru Bicara Komite Konvensi Partai Demokrat Rully Charis.

Komite Konvensi awalnya mengundang 26 orang. Namun dalam proses finalisasinya menyusut menjadi 18 orang. Namun, lanjut Rully Charis, dari 18 orang yang diundang bisa menyusut lagi jumlahnya. Sebab masih ada dua orang yang belum memberikan konfirmasi balik. Komite Konvensi Capres menurut Rully Charis, akan menanyakan kembali kesediaan dua orang itu. Jika menolak maka mereka tidak akan diundang dalam konvensi PD. “Ada dua nama tinggal direkonfirmasi agar kesiapan 100 persen. Besok (hari ini) paling lambat pukul 13.00 WIB selesai rekonfirmasi. Apakah akan tetap 18 atau menjadi 16 nama tergantung mereka,” tukas Rully Charis.

Penyusutan itu terjadi karena dari 15 orang yang diusulkan oleh Komite Konvensi Capres Partai Demokrat menjadi peserta hanya tujuh orang yang menyatakan kesediaan. “Dari 15 nama itu sudah terkonfirmasi akan diundang tujuh orang,” ucap Rully Charis usai Rapat Komite Konvensi di Wisma Kodel, Jakarta, Rabu (21/8/2013) malam. Tujuh orang itu, lanjut Rully Charis, disetujui secara musyawarah mufakat bukan melalui proses voting. Persetujuan didasarkan persyaratan-persyaratan baik umum maupun khusus. “Seperti dilihat rekam jejak, kepemimpinan dan kapabilitasnya,” sambung Rully Charis. Juru Bicara Komite Konvensi Partai Demokrat Rully Charis menuturkan tujuh orang itu, didominasi oleh laki-laki. Namun, Rully Charis belum mengungkapkan identitas ketujuh orang itu. “Dua wanita dan lima laki-laki. Kami belum bisa sebut nama karena ini terkait etika,” tambah dia.

Undangan akan disebar mulai hari Kamis (29/8/2013) hingga Jumat (30/8/2013) malam. “Sementara pemanggilan peserta untuk perkenalan dan pendalaman visi dan misi dilakukan Senin (26/8/2013) sampai tanggal 30. Tanggal 31 penetapan calon peserta," jelas Rully Charis. Rully Charis menerangkan setelah ditetapkan, para peserta konvensi selanjutnya akan dibawa ke Majelis Tinggi Partai Demokrat.

“Selanjutnya, nama-nama terpilih akan dikonsultasikan dan dikoordinasikan ke Majelis Tinggi, tapi semangatnya tidak ada pengguguran," tandas Rully Charis. Sekadar diketahui, 18 nama yang akan diundang mengikuti konvensi Demokrat tersebut adalah hasil penyaringan komite konvensi dari 26 nama sebelum dilakukan rapat pleno.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Kuskrido Ambardi, menilai metode konvensi capres efektif jika diterapkan oleh seluruh partai politik peserta Pemilu 2014. Tidak masalah apabila seluruh partai peserta Pemilu 2014 menggunakan metode seperti yang dilakukan Partai Demokrat dalam menjaring capres.

Menurut sumber informasi yang tidak mau disebutkan namanya, sejumlah nama yang akan diundang ikut konvensi antara lain Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, Bupati Kutai Timur Isran Noor, CEO Lion Air Rusdi Kirana, dan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Sedangkan dari internal Demokrat ada nama Wakil Ketua Majelis Partai Demokrat Marzuki Alie. Selain itu Wakil Ketua DPD GKR Hemas juga diundang. Namun, Gusti Kanjeng Ratu Hemas masih dalam proses konfirmasi untuk mengetahui kesediannya mengikuti konvensi Partai Demokrat.

Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto dipastikan mengikuti konvensi calon presiden (capres) Partai Demokrat. Keikutsertaannya itu membuat Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto diberhentikan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan di Partai Nasional Demokrat (Nasdem). “Selamat kepada Pak Endriartono, mudah-mudahan sukses mengikuti konvensi. Diberhentikannya Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto, baik dari jabatan maupun keanggotaan, tidak akan mengacaukan konsolidasi partai karena sejak awal didirikan Nasdem tidak diperuntukkan untuk satu orang," urai Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, di Jakarta, Rabu (21/8/2013). Partai Nasdem resmi memberhentikan Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto sebagai Ketua Dewan Pertimbangan dan digantikan oleh Rachmawati Soekarnoputri, sementara Wakil Ketua Dewan Pertimbangan dijabat Letjen Mar. Purn Nono Sampono. Menurut Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, pergantian itu untuk mempermudah konsolidasi partai di seluruh Indonesia. Selain itu, dengan kekuatan yang penuh dan pasti, konsistensi partai harus dipertahankan. “Tujuannya untuk melakukan restorasi tidak hanya bergantung pada satu atau dua sosok saja. Tapi, dalam perjalanannya mungkin ada yang tidak sabar, ada yang masuk ada yang keluar. Itu biasa karena partai ini dibuat khusus untuk melahirkan capres," tegas Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. (ant/kj)

See Also

Sosialisasi Pilkada Jadi Tantangan KPU
Bawaslu RI Pastikan Pilkada Luber Dan Jurdil
Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.313.035 Since: 05.03.13 | 0.1784 sec