Nasional

Surya Paloh-Ridwan Kamil Sepakati Tiga Syarat

Monday, 20 Maret 2017 | View : 82

BANDUNG-SBN.

Partai Nasional Demokrat (NasDem) mencalonkan Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. sebagai Gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 dengan tiga syarat. Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh dan Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. menyepakati tiga syarat dalam pencalonan Wali Kota Bandung itu sebagai Gubernur Jawa Barat yang akan digelar dalam Pilkada Serentak 2018.

"Ada kesepakatan yang telah terjadi antara Ketua Umum Partai Nasdem dan Ridwan Kamil, untuk itu deklarasi hari ini telah dilaksanakan," ujar Surya Paloh dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu (19/3/2017).

Menurut dia, ada tiga syarat yang harus dilakukan oleh Ridwan Kamil guna mendapat dukungan dari NasDem dalam kontestasi Pilkada 2018 mendatang.
 
Syarat yang pertama, ia menuturkan, kalau warga memberikan amanah dan menjadikan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif maka dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan perannya sebagai pemimpin Ridwan Kamil harus menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga. "Pertama, apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat, dalam melaksanakan fungsi, peran, dan tugas jabatan yang diemban, Ridwan Kamil harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat," katanya.

Dengan menjadi benteng Pancasila, maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. "Dengan menjadi benteng Pancasila maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. Ini artinya sistem dan nilai ideologi bangsa kita, yakni Pancasila merupakan kekuatan yang harus tetap terjaga dan tidak bisa digoyahkan oleh kekuatan apa pun," tandasnya.

Syarat kedua, kata Surya Paloh, ketika memenangi pilkada dan duduk menjadi pemimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat Jabar dan seluruh Parpol yang ada. Dengan demikian, Surya Paloh meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan partai apa pun. "Dengan demikian saya meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan parpol apa pun, termasuk Partai NasDem," tambah dia. "NasDem meminta kepada Ridwan Kamil tidak memasuki satu pun institusi parpol yang ada, termasuk partai NasDem," pintanya.

Hal tersebut dimaksudkan agar dalam menjalani tugas, dapat terbebas dari intervensi politik dan kepentingan golongan.

Ia menjelaskan Ridwan Kamil tidak boleh menjadi anggota partai politik supaya bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai pemimpin masyarakat Jawa Barat. "Agar prioritas menjalankan amanah dan sumpah lebih terfokus bagi seluruh kemampuan dirinya untuk masyarakat Jabar," jelas Surya.

Syarat ketiganya, menurut dia, Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya. Dengan harapan dapat membawa peran serta masyarakat dalam memahami arti pembangunan nasional sekaligus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo yang tengah berupaya mempercepat proses pembangunan sekaligus persiapan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Inilah tiga syarat yang ditetapkan NasDem kepada Ridwan Kamil. Dan telah terjadi kesepakatan antara Ridwan Kamil dan ketua umum Partai NasDem. Untuk itulah deklarasi pada hari ini dilaksanakan," tutur Surya Paloh.

Terkait dengan cepatnya dukungan yang diberikan oleh NasDem, Surya Paloh mengatakan bahwa hal itu sengaja dilakukan sembari melakukan pemetaan permasalahan dan program yang terbaik untuk masyarakat Jabar.
 
"Dengan menempatkan deklarasi lebih awal, itu memudahkan untuk mengantisipasi, hal-hal mana yang harus diperkuat dan mana yang harus dikoreksi. Tapi pencalonan tidak hanya berhenti pada deklarasi, tapi membawa Ridwan Kamil memenangkan kompetisi," harapnya.
 
Ridwan Kamil menyatakan bersyukur mendapatkan kepercayaan dari Partai NasDem untuk menjadi calon gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Sebuah kepercayaan dari warga Jawa Barat yang diwakili Partai NasDem untuk mencalonkan saya pribadi untuk mengikuti perhelatan Pilgub Jabar 2018-2023, yang InsyaAllah dengan niat baik, dengan ikhtiar dan proses yang baik, akan dimenangkan dengan cara yang baik," pungkas dia. (ant/jos)

See Also

Menjawab Tantangan Dengan Kerja Bersama
Kronologi Angkot KWK U11 Terbakar Di Pluit
Pelantikan Pejabat Pemprov DKI Jakarta Akan Digelar
Libur, Satgas TMMD Dan Warga Tetap Rehab Rumah
Sungkem Dengan Sesepuh, Mohon Kesuksesan TMMD
RT Yang Rajin Pantau Warganya Di Lokasi TMMD
Semangati Warga, Kades Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Perehaban RTLH Dikerjakan Seteliti Mungkin
Satgas TMMD Terapkan Sistem Banjardowo Untuk Ringankan Pekerjaan
Hari Ke-7 TMMD, Semangat 45 Satgas TMMD Tetap Terjaga
Paket Komplet Di Rehab RTLH TMMD Rempoah
Di Pekerjaan Vital TMMD, Danramil 02/Baturaden Tak Melepas
Manunggalnya TNI Dengan Rakyat Semakin Nyata Di TMMD Rempoah
Semangat Kebersamaan Picu Rehab Rumah Mbah Yasroni
Tetap Semangat Di Pekerjaan TMMD
Pantau Langsung Perehaban Rumah Di TMMD
Camat Yang Getol Pompa Semangat Pemuda Sasaran TMMD
Supervisor TMMD Yang Piawai Semangati Anggota
Anggota TNI AU Ini Bangga Menjadi Satgas TMMD Rempoah
Di Medan TMMD, Tak Ada Sekat Antara TNI Dan Warga
Disiplin TNI Di TMMD Luar Biasa
Koordinasi Dua Danramil Tentukan Penyelesaian Fisik TMMD
Danramil 02/Baturaden Yang Aktif Keliling Kampung Sasaran TMMD
Perangkat Desa Yang Ikut Aktif Bekerja Di Lokasi TMMD
Purnawirawan Yang Siap Pelopori Gotong Royong Di TMMD Rempoah
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 5.952.480 Since: 05.03.13 | 0.1907 sec