Ekonomi

Danramil 07/Gajah Terus Berupaya Supaya Bulog Membeli Gabah Petani

Wednesday, 08 Februari 2017 | View : 106

DEMAK-SBN.

Komandan Koramil (Danramil) 07/Gajah Kapten Czi Alimuddin beserta 3 orang anggota Babinsanya mendampingi Tim Sergap gabah di Desa Sari, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang dihadiri dari Tim Sergap Bulog yang dipimpin langsung oleh Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Bapak Djarot serta KaBulog Demak Bapak Sartono dengan 4 orang, Rabu (08/02/2017).

Menjelang panen padi pertengahan Februari 2017, Bulog Divisi Regional Jawa Tengah menurunkan tim Satuan Tugas Sergap. Tim Sergap ini tugasnya menjemput gabah hasil panen petani untuk dibeli dengan harga minimal Rp 3.700 per kilogram. Tim Sergap sudah berjalan dengan daerah operasi sementara di wilayah sentra padi di Kabupaten Demak. Daerah ini merupakan sentra produksi gabah terbanyak di Jawa Tengah.

Pada Februari-Maret ini, petani padi melaksanakan panen di sejumlah daerah. Dari sisi luasan, mungkin panen Februari-Maret merupakan panen yang paling berhasil karena terjadi peningkatan luasan panen. Misalnya, luasan panen di Jawa Tengah diklaim mencapai 420.000 hektar (ha). Tahun-tahun sebelumnya, luasan panen di Jateng berkisar 240.000 hektare (ha).

Untuk itu pada saat Tim Sergap melaksanakan pembelian melakukan tawar menawar dengan petani yang didampingi Gapoktan Ngundi Mulyo Ahmad bersama jajaran Koramil 07/Gajah, karena gabah dalam kondisi basah semua kadar air cukup tinggi akibat hujan turun mulai pagi sampai siang dengan kadar airnya 31,1. Akhirnya tim Sergap mendapatkan kesepakatan dengan harga dibeli Bulog Rp. 3.300/kg sebanyak.4,5 ton gabah.

Menurut Danramil 07/Gajah, Kapten Czi. Alimuddin, langkah turun langsung ke sawah itu dilakukan supaya harga pasar gabah di tingkat petani laku sesuai harapan, sehingga petani berdaulat, kesejahteraan para petani dapat terwujud.

"Hal ini dilakukan bertujuan untuk percepatan serapan oleh Bulog Demak, juga stok gabah dan beras secara nasional," ujar dia. 

Lebih lanjut, Danramil 07/Gajah, Kapten Czi. Alimuddin memerintahkan supaya Babinsa di jajaran Koramil 07/Gajah menjaga agar tidak ada pihak ketiga (Tengkulak) yang masuk ke petani, yang hasil panennya sudah dibeli oleh Bulog Demak.

"Diminta para pendamping petani di Desa-Desa agar menginformasikan rencana panen padi diwilayahnya, supaya terbeli oleh Bulog Demak," imbaunya. 

Menurut dia, dengan kerjasama yang saling bahu-membahu dalam rangka percepatan penyerapan beras dan gabah petani, diharapkannya swasembada pangan nasional yang menjadi program Pemerintah Republik Indonesia segera terwujud. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
Babinsa Koramil 08/Kedungtuban Monitoring Pendistribusian Pupuk Subsidi
Babinsa Koramil 09/Randublatung Bersama Petani Panen Padi
Babinsa Desa Babat Belajar Mesin Perontok Padi
Koperasi Primer Kodim 0716/Demak Gelar RAT Ke-48
Menteri Pertanian RI Panen Raya Padi Di Blora
Wall Sreet Menguat Jelang Pelantikan Donald Trump
Bukittinggi Targetkan 600 Ribu Wisatawan Pada 2017
Donald Trump Ancam Toyota Motor Corporation
Saham Wall Street Melemah
Vice President Lotte Gantung Diri Di Pohon
Dandim 0716/Demak Hadiri Demak Expo 2016
Kodim 0716/Demak Siap Dukung Sergap Demi Kedaulatan Pangan
Saham Hang Seng Berakhir Lebih Rendah
Dandim 0716/Demak Tinjau Lokasi Panen Yang Akan Dihadiri Mentan RI
21 Trayek Baru Transjakarta Jabodetabek
Menteri Perhubungan Minta Jaminan China Terkait Standar Teknologi KA Cepat
Tangerang Reklamasi Pantai Mutiara Seluas 9.000 Ha
BEM UMK Gelar Diskusi Membangun Kedaulatan Petani
Gubernur DKI Jakarta Ingin Ancol Berkelas Internasional
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 5.847.144 Since: 05.03.13 | 0.3866 sec