Internasional

Persaudaraan Muslim Tunjuk Pimpinan Baru

KAIRO-SBN. 

Setelah para pucuk pimpinan kelompok Ikhwanul Muslimin (IM) ditangkapi oleh militer Mesir, kini giliran petinggi kelompok simpatisan IM yang mulai diburu dan ditangkap. Murad Ali dan Safwat Hegazy dilaporkan media pro-pemerintah sudah ditahan oleh pihak militer, Rabu (21/8/2013) kemarin.

Murad Ali merupakan sosok penasihat media untuk bidang politik Ikhwanul Muslimin, sementara Safwat Hegazy adalah seorang penceramah. Safwat Hegazy ditahan persis saat dia hendak terbang meninggalkan Mesir. 

Atas tindakan represif tersebut, Ikhwanul Muslimin menyatakan bahwa setiap tindak kekerasan dan penangkapan terhadap anggota IM akan terbukti sia-sia dalam upaya menghentikan perjuangan tuntutan mereka. "Mereka (militer Mesir) berpikir, menangkap para pemimpin Ikhwanul Muslimin akan meningkatkan citra mereka di mata media sehingga pada akhirnya akan mendesak warga Mesir untuk menyerah pada kudeta. Mereka telah membunuh dan melukai ribuan warga serta menangkapi orang yang menolak kudeta serta kekuasaan militer," kata Ikhwanul Muslimin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/8/2013).

Penahanan terhadap pemimpin IM terakhir kali dilakukan kepada Mohamed Badie. Militer beralasan, Mohamed Badie di tahan atas tuduhan telah melakukan hasutan untuk melakukan tindakan pembunuhan terhadap massa anti Moursi yang berunjuk rasa sebelum mantan Presiden Mohamed Moursi terguling dalam kudeta militer. Rencananya, Mohamed Badie akan diadili pada 25 Agustus 2013 bersama dua wakilnya.

Menanggapi penangkapan Mohamed Badie, pihak IM justru telah mengangkat penggantinya. Persaudaraan Muslim menunjuk pemimpin sementara untuk mengepalai kelompok beraliran Islam itu, setelah pemimpin tertingginya ditangkap oleh aparat keamanan Mesir pada Selasa (20/8/2013). Sejak Selasa (20/8/2013), IM telah dipimpin oleh pemimpin sementara, yakni Mahmoud Ezzat, yang sebelumnya merupakan wakil pemimpin Ikhwanul Muslimin.

Dalam website resminya disebutkan, Mahmoud Ezzat akan menjadi pemimpin sementara Persaudaraan Muslim. “Mahmoud Ezzat akan mengambil alih kepemimpinan tinggi partai untuk sementara waktu setelah aparat keamanan menangkap pemimpin kami, Mohamed Badie,” demikian tulis pernyataan website Partai Kemerdekaan dan Keadilan, afiliasi politik Persaudaraan Muslim.

Mohamed Badie ditangkap saat militer yang didukung pemerintah Mesir interim, melakukan aksi ‘bersih-bersih’ demonstrasi terhadap kelompok pendukung Moursi tersebut. Penangkapan ini bisa memicu kebingungan di antara anggotanya yang tengah berjuang melawan pemerintah Mesir. Selain itu, penangkapan Mohamed Badie dikhawatirkan memicu kekerasan baru di mana korban jiwa telah mencapai 900 orang sejak pecah bentrok antara aparat keamanan dan massa Persaudaraan Muslim pada Rabu (14/8/2013) silam.

Kekerasan terbaru pecah saat kelompok militan menyerang bus berpenumpang polisi di Semenanjung Sinai pada Senin (19/8/2013) pekan ini. Sebanyak 25 aparat polisi tewas, beberapa jam setelah 37 tahanan Persaudaraan Muslim tewas di tahanan polisi. (afp)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.888.518 Since: 05.03.13 | 0.1847 sec