Internasional

Aktivis Literasi Perempuan Yaman Ditembak Mati

Sunday, 08 Januari 2017 | View : 252

TAIZ-SBN.

Seorang aktivis perempuan, Amat al-Aleem al-Asbahi, ditembak mati oleh dua pengendara sepeda motor di Kota Taiz, Yaman. Ia dibunuh dari jarak dekat saat sedang berjalan kaki di pusat kota.
Amat al-Aleem al-Asbahi yang berusia sekitar 30 tahun, selama ini, giat melakukan kampanye literasi untuk perempuan di negaranya yang sedang dilanda perang. Kegiatan itu mengharuskan dia untuk banyak melakukan interaksi di luar rumah.
Amat al-Aleem al-Asbahi juga dilaporkan memiliki keterkaitan dengan Gubernur pemberontak pro-Houthi dari kota Abdu al-Ganadi.
Klaim mengarahkan, Amat al-Aleem al-Asbahi dibunuh karena hubungan itu dan karena pekerjaannya sebagai aktivis.
Aktivis kemanusiaan di Taiz banyak menjadi korban serangan orang tak dikenal. Hal itu diakui oleh Shatha Nageeb, seorang pekerja amal yang terpaksa berhenti bekerja. Kepada Middle East Eye, ia mengaku, terkejut melihat betapa banyak pembunuhan yang menargetkan sesama aktivis sepertinya.
"Pembunuhan Asbahi merupakan indikasi yang jelas bahwa para ekstrimis dapat membunuh wanita dengan impunitas, sehingga kita harus mengurangi pekerjaan kita dan menunda kegiatan sosial sampai akhir perang yang mengerikan ini," katanya.
Pada September lalu, ulama Islam Yaman Abdullah al-Odaini mengeluarkan fatwa yang melarang aktivis perempuan banyak berinteraksi dengan laki-laki. Fatwa tersebut membatasi kerja komunitas yang menaungi Amat al-Aleem al-Asbahi, yang banyak memberikan bantuan kepada korban perang dan kekerasan lainnya.
Belum ada pihak yang bertanggung jawab atas pembunuhan Amat al-Aleem al-Asbahi. Beberapa sumber menyalahkan kelompok Popular Resistance yang berafiliasi dengan Pemerintah Yaman. Namun, kelompok tersebut membantah segala tuduhan.
Tidak ada satupun tersangka yang telah ditangkap oleh petugas keamanan.
Middle East Eye melaporkan, wartawan lokal juga tidak banyak yang memberitakan pembunuhan Amat al-Aleem al-Asbahi karena diduga takut mendapat ancaman dari pihak pembunuh.
Yaman telah berada dalam perang saudara sejak Maret 2015, saat pemberontak Syiah Houthi yang didukung Iran mengambil alih Ibu Kota Sanaa. Sementara di Taiz, kota terbesar ketiga di negara itu, telah terjadi pertempuran sengit sejak 2011.
Tak lama setelah perebutan Sanaa oleh Houthi, pasukan koalisi Arab Saudi yang memimpin negara-negara Timur Tengah mulai melakukan pemboman atas permintaan pemimpin Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang melarikan diri ke Arab Saudi.
PBB mengatakan, perang di Yaman telah menewaskan sedikitnya 10 ribu orang hingga saat ini.
Serangan udara pasukan koalisi dan blokade Angkatan Laut Yaman telah membuat warga sipil kelaparan. Lebih dari setengah dari 28 juta penduduk Yaman membutuhkan bantuan pangan.
Sedikitnya tiga juta orang terpaksa mengungsi dari rumah-rumah mereka yang menjadi sasaran bom. Di kamp-kamp pengungsian, mereka terjangkit kolera dan memerlukan pasokan obat-obatan. (rep)

See Also

Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
Malala Yousafzai Peraih Nobel Diterima Di The University Of Oxford
Seorang Pria Lukai 5 Orang Di Swiss
Pria India Mengaku Danai Al-Qaeda Ribuan Dolar AS
PM Irak Secara Resmi Umumkan Pembebasan Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Bandara Mosul Dari ISIS
Pasukan Irak Bebaskan Dua Desa Di Dekat Mosul
ISIS Paksa Anak Kecil Dan Penyandang Disabilitas Kemudikan Truk Bermuatan Bom
Donald Trump Janji Persatukan Bangsanya Dan Bawa Perubahan
Gempa Di Italia Tengah
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.830.719 Since: 05.03.13 | 0.2024 sec