Ekonomi

Bukittinggi Targetkan 600 Ribu Wisatawan Pada 2017

Saturday, 07 Januari 2017 | View : 127

BUKITTINGGI-SBN.

Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan 600 ribu kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri selama 2017.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat Melfi Abra di Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (7/1/2017), mengatakan target kunjungan wisatawan pada 2017 naik 50 ribu kunjungan dari target tahun sebelumnya sebesar 550 ribu kunjungan.
"Jumlah kunjungan ini dihitung dari kunjungan ke objek wisata dan jumlah tamu yang menginap di hotel dalam setahun," katanya.
Pemerintah setempat menargetkan menggelar lebih banyak kegiatan untuk mengundang wisatawan datang menginap ke daerah itu.
"Tahun ini akan disiapkan berbagai kegiatan untuk mempromosikan wisata dan produk unggulan Bukittinggi seperti pagelaran busana bordir kerancang dan mengembangkan wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE)," ujarnya.
Untuk jumlah kunjungan wisatawan selama 2016, ia menyebutkan hingga Oktober 2016 telah tercatat sekitar 500 ribu kunjungan yang didominasi wisatawan Nusantara.
"Sementara ini kami masih lakukan penghitungan karena laporan jumlah tamu yang menginap di hotel selama November dan Desember 2016 belum masuk. Namun kami meyakini target 550 ribu kunjungan pada 2016 tercapai," katanya.
Ia menyebutkan selama November hingga Desember 2016 pemerintah setempat telah menggelar rangkaian kegiatan yang membantu menambah jumlah kunjungan wisatawan seperti acara Bukittinggi Berhijab, Bukittinggi Expo, Makan "Bajamba" dan panggung hiburan rakyat.
"Masih ada kegiatan lain seperti pagelaran seni budaya setiap Sabtu malam dan kunjungan saat malam pergantian tahun. Banyak yang datang tanpa menginap di Bukittinggi dan ini termasuk kunjungan namun belum tercatat," ujarnya.
Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi Rusdy Nurman mengatakan memberikan dukungan terhadap target kunjungan wisatawan namun harus disertai kerjasama dan perhatian banyak bidang.
Beberapa wisatawan asing di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), ikut menikmati acara makan "bajamba" yang digelar pemerintah setempat menyambut Hari Jadi Kota (HJK), Selasa (20/12/2016).
"Saya sedang berada di sekitar Jam Gadang saat tiba-tiba diajak untuk membaur di keramaian, ternyata ada acara makan bersama," kata wisatawan asal Inggris, Sally di Bukittinggi, Selasa (20/12/2016).
Ia mengatakan baru pertama kali menyaksikan masyarakat makan bersama menggunakan satu wadah ukuran besar di tempat terbuka.
"Ini pengalaman pertama saya, sangat seru melihat semua orang duduk membaur dan makan bersama," ujarnya.
Hal yang sama diungkapkan wisatawan lainnya asal Malaysia, Zuraida yang datang ke daerah itu bersama keluarganya.
"Kebetulan kami sedang berlibur ke Bukittinggi dan ada acara ini. Sangat ramai dan kami tertarik untuk terlibat," ujar dia.
Menurutnya masakan rendang yang merupakan salah satu menu dalam makan "bajamba" menjadi sajian yang paling disukai oleh keluarganya.
Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi yang mulai menjabat sejak 17 Februari 2016, H. M. Ramlan Nurmatias, S.H. mengatakan peringatan HJK yang digelar pemerintah setempat harus dapat dinikmati secara gratis oleh semua warga dan wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah itu.
"Semua warga harus ikut berbahagia menyambut ulang tahun kota. Makan `Bajamba` ini salah satu bentuk perayaannya. Kami harap warga dan wisatawan dapat menikmati," kata dia.
Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Bukittinggi Datuk Maruhun mengatakan makan "bajamba" mengandung filosofi makan secara bersama-sama dengan aturan tertentu dan mengandung makna menciptakan kekerabatan.
"Ini budaya yang sudah turun temurun sehingga harus dijaga dan dilestarikan. Acara seperti ini perlu digelar secara rutin agar tetap ada dan dikenal masyarakat luas," katanya. (ant)

See Also

Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
Babinsa Koramil 08/Kedungtuban Monitoring Pendistribusian Pupuk Subsidi
Babinsa Koramil 09/Randublatung Bersama Petani Panen Padi
Danramil 07/Gajah Terus Berupaya Supaya Bulog Membeli Gabah Petani
Babinsa Desa Babat Belajar Mesin Perontok Padi
Koperasi Primer Kodim 0716/Demak Gelar RAT Ke-48
Menteri Pertanian RI Panen Raya Padi Di Blora
Wall Sreet Menguat Jelang Pelantikan Donald Trump
Donald Trump Ancam Toyota Motor Corporation
Saham Wall Street Melemah
Vice President Lotte Gantung Diri Di Pohon
Dandim 0716/Demak Hadiri Demak Expo 2016
Kodim 0716/Demak Siap Dukung Sergap Demi Kedaulatan Pangan
Saham Hang Seng Berakhir Lebih Rendah
Dandim 0716/Demak Tinjau Lokasi Panen Yang Akan Dihadiri Mentan RI
21 Trayek Baru Transjakarta Jabodetabek
Menteri Perhubungan Minta Jaminan China Terkait Standar Teknologi KA Cepat
Tangerang Reklamasi Pantai Mutiara Seluas 9.000 Ha
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 5.955.543 Since: 05.03.13 | 0.1715 sec