Agama & Masyarakat

Marie Muhammad Berpulang

Monday, 12 Desember 2016 | View : 158

JAKARTA-SBN.

Kabar duka datang dari tokoh senior Indonesia. Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru (Orba), Marie Muhammad telah wafat pada pukul 01.37 WIB tadi di Rumah Sakit yang terletak di Jalan M.T. Haryono, RT01/RW06, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur yakni Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta. Mantan Menteri Keuangan tersebut meninggal dunia di usia 77 tahun.

Dr. H. Mar'ie Muhammad, M.Si, lahir di Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), 3 April 1939, dikenal sebagai sosok yang bersih. Mar’ie Muhammad menjabat Menteri Keuangan pada periode Orde Baru. 

Marie Muhammad dikenal sebagai Menteri Keuangan Pemberantas Korupsi di era Orde Baru (Orba) saat pemerintahan Presiden Soeharto. Julukan sebagai Mr Clean diberikan karena perjuangannya memberantas korupsi di era-nya yang masih sarat dengan korupsi di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Gelar terakhir yang diraih Mar’ie adalah Master of Arts in Economics, dari Universitas Indonesia (UI).

Perjalanan karier Mar’ie Muhammad di Kementerian Keuangan dirintis sejak tahun 1969. Mengutip laman kemenkeu, pekerjaannya dimulai tahun 1969-1972 di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Kementerian Keuangan dan pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Gotong Royong pada tahun 1971. 

Kemudian pada 1972-1988 mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan Badan Usaha Milik Negara Kemenkeu dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Tahun 1988-1993 menjadi Direktur Jenderal Pajak.

Pada 17 Maret 1993, Mar’ie Muhammad diangkat oleh Presiden Soeharto menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan VI.

Tindakan nyata yang dilakukan adalah menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar. Kebijakan menonjolnya selama menjadi Menkeu adalah upaya mengatasi kredit macet dengan empat jurus penyehatan bank. 

Yaitu, pertama meningkatkan kolektibilitas kredit yang telah disalurkan. Kedua, pemberian kredit harus benar-benar berdasarkan kaidah perbankan yang sehat. Ketiga, setiap kredit yang diberikan harus benar-benar diawasi penggunaannya tanpa mencampuri masalah intern penerima kredit, dan keempat menurunkan biaya overhead.

Selama lima tahun Mar'ie Muhammad menjadi Menteri Keuangan, pada awal 1997 Indonesia pernah menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian.

Mar’ie Muhammad pernah menjabat Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan Komisaris Utama PT. Bank Syariah Mega Indonesia.

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka, Jalan Taman Brawijaya III Nomor 129 Kebon Baru, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selamat jalan Mr Clean!

See Also

Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
Selamat Jalan Mike Mohede
Rais Syuriah PB NU KH Mas Subadar Wafat
22 Acara Puncak Satu Abad Qudsiyyah
Kasdim 0716/Demak Hadiri Silaturahmi Bupati, Wakil Bupati Dengan Ulama & Tokoh Masyarakat
Kuatkan Nilai-nilai Aswaja, Iksab TBS Agendakan Silatnas
Dandim 0716/Demak Hadiri Open House Bupati
Marwah Band Semarakkan Halalbihalal UMK
Ibunda Nyai Hajjah Siti Fatmah Berpulang Ke Rahmatullah
Pelantikan PDM & PDA Kudus, Kuatkan Sinergitas Dengan AUM
Launching Rembug Warga NU Dengan Bedah Buku Masterpiece Islam Nusantara
Khosifah Nahkodai Aisyiyah Kudus
Ahmad Hilal Majdi Kembali Pimpin PDM Kudus
Pembukaan Musyda Muhammadiyah Dan Aisyiyah Kudus Periode Muktamar Ke-47
Tektek Kampling
Shalat Gerhana Matahari Ajarkan Kesyukuran Dalam Hidup
Bazar Ramaikan Musyda Aisyiyah Kudus
Gerhana Matahari Bukan Sekadar Fenomena Rutin Alam
Wali Kota Jayapura Hibahkan Lahan Untuk Umat Hindu
Penjelasan Kemlu RI Perihal Alumnus Unisba Gabung ISIS Dan Tewas
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 5.847.215 Since: 05.03.13 | 0.2237 sec