Politik

Peserta Konvensi Capres Demokrat Mengerucut 12 Nama

Wednesday, 21 Agustus 2013 | View : 803

JAKARTA-SBN.

Sekretaris Komite Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat yang juga Ketua Satgas Pencalegan Partai Demokrat ini, Suaedy Marasebessy menjelaskan malam ini Komite akan mengerucutkan dan memutuskan nama-nama yang akan diundang sebagai peserta konvensi. Setelah melalui beberapa tahapan, peserta konvensi akan diumumkan kepada publik pada 30 Agustus 2013.

Analis politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Susilo Utomo, menilai kalangan eksternal dan internal sama-sama berpeluang dalam konvensi calon presiden yang digelar Partai Demokrat. 

"Sekarang jumlahnya masih berkembang. Maksimal 15 orang. Seharusnya hari ini. Tapi karena ada sebagian (anggota komite) yang tidak hadir, ditunda besok malam untuk putuskan yang akan diundang," ungkap Suaedy Marasebessy ketika dihubungi kemarin (20/8/2013) malam.

Sekretaris Komite Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat yang juga Ketua Satgas Pencalegan Partai Demokrat ini, Suaedy Marasebessy memastikan, hingga saat ini, belum ada calon yang dihubungi komite untuk menjadi peserta konvensi. Masing-masing anggota komite konvensi memiliki hak untuk menyodorkan nama-nama bakal calon peserta. Akan tetapi, rapat komitelah yang akan menentukan siapa saja kandidat yang diundang.

Setelah rapat nanti malam memutuskan sejumlah nama, komite akan mengundang mereka untuk wawancara dalam rangka seleksi. Para kandidat yang diundang sekaligus akan disodorkan surat kesediaan mengikuti konvensi dan menjadi calon apabila terpilih serta memenuhi persyaratan.

"Kita ada persyaratan, kelayakan yang harus dipenuhi. Juga persyaratan di UU Pilpres tentang persyaratan capres. Itu harus mulai dari sekarang, jangan sampai gugur nantinya," ucap Sekretaris Komite Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat yang juga Ketua Satgas Pencalegan Partai Demokrat ini, Suaedy Marasebessy.

“Komite Konvensi Capres Partai Demokrat akan memverifikasi kesediaan dan kesiapan bakal calon peserta konvensi secara keseluruhan. Setelah proses itu selesai, Komite Konvensi akan mendiskusikan kelayakan bakal calon peserta,” papar anggota Komite Konvensi, Charis Rully. "Diskusi kelayakan bakal calon peserta itu berdasarkan rekam jejak, kepemimpinan, kapabilitas, karakter, atau faktor kekhususan lainnya. Jika dianggap layak, maka mereka yang dinyatakan lolos akan dikirimkan undangan untuk perkenalan sekaligus penjelasan Konvensi Capres Partai Demokrat," urai Charis Rully.

Anggota Komite Konvensi, Charis Rully memperkirakan proses penetapan capres yang akan diundang untuk perkenalan itu akan selesai Rabu (21/8/2013) malam, dan undangan akan dikirimkan pada Kamis (22/8/2013) dan Jumat (23/8/2013) mendatang. Acara perkenalan dan penjelasan dari Komite Konvensi Capres Partai Demokrat akan diadakan pada 26–30 Agustus 2013. Selanjutnya, pada 31 Agustus 2013, akan ditetapkan secara internal calon peserta konvensi dan akan diperkenalkan secara resmi ke publik pada 15 September 2013. Penjaringan nama bakal calon peserta konvensi yang dilakukan Majelis Tinggi Partai Demokrat sebelum komite terbentuk berjumlah 11 nama.

Dalam proses penjaringan yang dilakukan oleh komite, sebelumnya terdapat 15 nama bakal calon peserta. "Seluruh nama sedang digodok malam ini hingga besok untuk dijadikan short list berdasarkan kriteria yang sudah disebutkan," jelas Charis Rully. Proses pemilihannya diupayakan musyawarah dan mufakat, namun jika musyawarah dan mufakat tidak diperoleh, opsi voting (pemungutan suara) akan diambil oleh komite konvensi. Ia belum bersedia menyebutkan secara terperinci nama-nama bakal calon peserta konvensi yang sedang diverifikasi itu.

Majelis Tinggi Partai Demokrat mengundang 12 tokoh nasional untuk mengikuti konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat yang akan digelar pada September 2013 mendatang. Sumber di kalangan Partai Demokrat menyebutkan bahwa ke-12 tokoh itu, terdiri atas akademisi, menteri, duta besar, gubernur, pimpinan lembaga negara, bupati, dan mantan pejabat tinggi negara. “Ketua DPD Irman Gusman diundang. Sedangkan, dari kalangan menteri ada dua, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Ada juga Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo,” kata sumber tersebut di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Sumber itu menyebutkan ke-12 nama yang diundang adalah Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Anggota DPR RI Hayono Isman, dan Ketua DPD RI Irman Gusman. Selain itu, Bupati Kutai Timur Isran Noor, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ketua DPR RI Marzuki Alie, mantan KSAD Pramono Edhie Wibowo, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (id/sp/kj/ant/jp)

See Also

Sosialisasi Pilkada Jadi Tantangan KPU
Bawaslu RI Pastikan Pilkada Luber Dan Jurdil
Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.312.971 Since: 05.03.13 | 0.1768 sec