Redaksi

Seminar Membangun Ke-Indonesia-an

Author : Dra Esthi Susanti Hudiono MSi | Sunday, 28 Agustus 2016 | View : 264

SEMARANG-SBN.

Sabtu pada tanggal 27 Agustus 2016 kemarin, saya menghadiri seminar di Sekolah Nasional Karangturi, Jl. Raden Patah No.182-192, Rejomulyo, Semarang Timur, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Semula saya kira penyelenggaranya adalah Karangturi. Ternyata penyelenggaranya adalah Forum Wartawan Pemerintah Provinsi (PemProv) Jawa Tengah (Jateng) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah (Jateng). Tema seminar ini adalah Nasionalisme China untuk Indonesia.

Saya diundang oleh Ketua Yayasan Karangturi, Pak Harjanto Halim. Sebelum seminar saya dipertemukan dengan semua pembicara perempuan yakni penggagas dan founder batikmal.com, Ibu Ariyani Matius Maun, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Ibu Dewi Susilo Budiharjo yang adalah aktivis Perempuan dan Anak, serta Ibu Lian Gouw merupakan diaspora Indonesia yang mendirikan penerbit Dalang untuk buku-buku novel sejarah Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan dijual di luar negeri.

Menarik sekali. Untuk urusan gender sebenarnya Komunitas China yang paling ketinggalan. Wacana perempuan menjadi pemimpin di ruang publik sepengetahuan saya belum pernah diangkat. Karena itu kalau saya bersentuhan dengan kultur China dalam suatu komunitas maka kepakaran saya belum pernah diakui. Apalagi saya tidak memiliki jabatan resmi sebagai peneliti dan dosen atau telah menjadi pengusaha perempuan yang berhasil. Menampilkan perempuan dalam seminar bertema China di sekolah nasional yang muridnya kebanyakan etnis China, sungguh menarik dan revolusioner.

Diskusi dalam ruang tunggu tentang Tenaga Kerja Perempuan dan pembantu rumah tangga. Nampak ada perbedaan budaya yang begitu tajam. Ibu Lian Gouw tegaskan sekali dan mengkaitkan dengan perbudakan. Dia lama tinggal di Amerika Serikat (AS). Sedangkan, pegiat sosial untuk anak jalanan dan kaum marjinal, pengusaha yang juga mantan model, Ibu Dewi Susilo Budiharjo melihatnya sebagai partner dia dalam menyelesaikan urusan rumah tangganya. Memang dalam studi feminis menyatakan bahwa di kalangan perempuan sendiri terjadi relasi timpang. Perempuan kaya menggunakan perempuan miskin untuk bisa beraktualisasi. Terima kasih banyak saya diundang.

Tiga pembicara laki-laki lainnya adalah Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Pak Ramdhan Effendi atau yang lebih dikenal dengan nama Anton Medan (Tan Hok Liang/Tan Kok Liong), Islam China, Pak Harjanto Halim yang adalah budayawan dan pemilik PT. Ulam Tiba Halim produsen minuman serbuk Marimas, serta F. Soleh Dahlan (Hoo Tian Po) merupakan Presiden Komisaris (Preskom) dan pemilik grup usaha perhotelan Dafam Group (PT. Dafam Hotels & Resort). Presentasi ketiganya memberi informasi penting tentang peran mereka dalam membangun Indonesia terutama membangun komunikasi dengan saudara etnis lain. (esh)

See Also

Merenungi Kepergian KH Hasyim Muzadi
Koalisi Cikeas Usung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni
Saya Mengurus Kewarganegaraan Indonesia Sendiri Dan Tidak Mudah
Lian Gouw Untuk Penyebaran Novel Sejarah Indonesia
Rencana Bekerja Untuk Otonomi Perempuan
Ketemu Anak Presiden Di Markobar Surabaya
Mengenang Mas Slamet Riyadi Sabrawi
Batik Cermin Budaya Bangsa Indonesia
Keberlangsungan Batik Dalam Pergulatan
Handoko Wibowo Penerima Yap Thiam Hien Award 2015
Cengkeh Dan Petani Berdaya
Senyum Solidaritas Wong Cilik Yang Aku Suka
Ketika Myra Diarsi Di Tlogo Wening
SBO TV Tentang Masa Orientasi Sekolah
Membimbing Karier Anak
Menulis Karya Besar Yang Berdampak Untuk Yang Lain
Festival Kartini Bersama Wakil Gubernur Dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat
Surat Cinta Untuk Kartini
Wisata Suku Bajo Terbesar Di Dunia
Wisata Darat Di Tomia Wakatobi
Jiwa Entrepreneur Di Belakang Perkembangan Wakatobi
Taman Laut Wakatobi Terbaik Di Dunia
Makanan, Suku, Pantai, Dan Kain Tradisional Kendari
Kolaborasi Masyarakat Sipil Dengan Kota Surabaya Untuk Anak
Pernikahan Anak Sartiah Yusran Di Kendari Dan Menulis Tentang Suami Yang Luar Biasa
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.114.025 Since: 05.03.13 | 0.1651 sec