Nasional

Universitas Muria Kudus Peringati HUT Ke-71 RI

Wednesday, 17 Agustus 2016 | View : 384

KUDUS-SBN.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir, M.Si., Ph.D., Ak. menekankan pentingnya inovasi teknologi dalam membangun ekonomi dan bangsa Indonesia.

Hal itu dikemukakannya melalui sambutan tertulis yang dibacakan Rektor Universitas Muria Kudus (UMK), Dr. Suparnyo, S.H., M.S., dalam upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan RI di halaman Auditorium Kampus, Universitas Muria Kudus (UMK), Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Rabu (17/8/2016) pagi.

Dia menyampaikan, belum lama ini Indonesia memperingati  Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21. Perayaan Hakteknas ini merupakan wujud penghargaan (apresiasi) atas keberhasilan dan prestasi putera-puteri bangsa Indonesia yang  gemilang di bidang Iptek.

“Dalam perayaan Hakteknas, dipamerkan berbagai produk inovasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian dan daya saing bangsa. Yang tak kalah penting, pada kesempatan itu dicanangkan 2016 sebagai Tahun Inovasi,” kata Menteri alumnus Magister Sains (M.Si.) Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dengan pencanangan Tahun Inovasi, diharapkan ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge  based  economy) dapat segera diwujudkan. “Teknologi dan  inovasi  merupakan  bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia,” papar Menteri kelahiran Ngawi pada 27 Juni 1960 silam itu.

Menristekdikti bahkan menyebut, inovasi teknologi telah menjadi faktor penggerak  pembangunan. “Pembangunan Indonesia memerlukan inovasi, sebagai tulang punggung industri dan untuk terciptanya ekonomi berbasis pengetahuan. Karenanya, teknologi dan Inovasi harus menjadi bagian hidup untuk memperoleh nilai tambah dari keseharian kita. Dari situlah ekonomi bangsa akan berkembang,” tegas Menteri alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tersebut.

Guru besar Universitas Diponegoro (Undip) itu menambahkan, inovasi  merupakan  sebuah  proses  yang  antara  lain ditentukan oleh tingkat keberhasilan riset dan pendidikan tinggi. “Pendidikan tinggi memegang peranan penting mempersiapkan putera-puteri bangsa,  generasi penerus, menjadi inovator,” ujar Menteri dengan bidang keahlian behavioral accounting dan management accounting.

Untuk mendukung inovasi teknologi, menurutnya, pemerintah pun berkomitmen untuk meningkatkan kinerja penelitian dan inovasi. “Selain itu, akan  ditingkatkan, terutama dalam peraturan dan regulasi, pendanaan dan peningkatan investasi, peningkatan kualitas dan peremajaan laboratorium, dan beasiswa bagi peneliti,” pungkas alumnus Doktor (Ph.D. Akt.) Universiti Sains Malaysia (USM), Penang, Malaysia.

See Also

Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
Kalau Tidak Ada TMMD, Belum Tentu Ada Program Bedah RTLH
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.445.500 Since: 05.03.13 | 0.1678 sec