Hukum

Dandim Dan Kapolres Demak Beri Arahan Tentang Mencegah Konflik Sosial Dan Tindakan Intoleransi

Wednesday, 10 Agustus 2016 | View : 2728

DEMAK-SBN.

Komandan Kodim (Dandim) 0716/Demak Letkol Inf. Nanang T.T. Wibisono, S.A.P. dan Kapolres Demak Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Heru Sutopo, S.I.K. pada hari Rabu tanggal 3 Agustus 2016 pagi, bertempat di Pendopo Kabupaten Demak memberikan pengarahan kepada Babinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa serta Camat se Kabupaten Demak dan pengemban fungsi intelijen tentang mencegak konflik sosial dan tindakan intoleransi di kalangan masyarakat Kabupaten Demak. Acara yang juga dihadiri oleh WaKapolres Demak, Kasat Binmas, Kasat Intel, Kapolsek Jajaran Polres Demak serta Danramil jajaran Kodim 0716/Demak tersebut,  Kapolres Demak serta Dandim 0716/Demak secara garis besar menekankan bahwa Kepala Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, serta intelijen Polsek sebagai ujung tombak deteksi dini kerawanan gesekan antar masyarakat sehingga mampu mencegah terjadinya konflik yang meluas.

Seperti yang disampaikan oleh Dandim 0716/Demak Letkol Inf. Nanang T.T. Wibisono, S.A.P. bahwa "jangan sampai negara kita dibuat saling konfik dan dibuat tidak maju, karena profile Sumber Daya Manusia (SDM), kekayaan hayati Indonesia yang membuat negara lain menjadi iri dan tidak suka jika negara Indonesia bersatu dengan kekayaan melimpah. Proxiwar di Indonesia tanpa kita sadari yaitu menguasai Indonesia menggunakan pihak ke tiga di antaranya kita diadu domba antar suku dan narkoba yang bertujuan menghancurkan kesatuan Indonesia”. Maka untuk itu para Babinsa, Babinkamtibmas harus bekerjasama dan kenali deteksi dini, jangan mudah terpercaya dan cek kebenaraanya terkait permasalahan yang menyebabkan konflik sekecil apapun, nasionalisme jangan hancur. Mari bersatu bahu membahu," tegas Dandim 0716/Demak.

Sementara itu, Kapolres Demak AKBP Heru Sutopo, S.I.K. dalam kesempatannya memberikan arahan bahwa "di Demak sudah ada tim terpadu penanganan konflik, Dimohon untuk Babinkamtibmas dan Babinsa bisa menjadi penyelesai konflik dan saling kerjasama deteksi dini. Konflik dapat diatasi dengan kekuasaan dan kehadiran Babinkamtibmas serta Babinsa untuk pendekatan lakukan mediasi," terang Kapolres Demak.

"Untuk para Babinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa jika ada konflik sekecil apapun dan sedini mungkin agar dilakukan tindakan untuk penyelesaian. Dengan maraknya beberapa konflik di luar daerah, diharapkan peran Babinkamtibmas harus bersinergi dengan intelijen supaya dapat mengantisipasi gejala yang ada di wilayahnya masing-masing diantaranya soal keyakinan/ agama. Anggota intel dan Babinkamtibmas merupakan ujung tombak segala informasi Polri dalam setiap kejadian sehingga adanya suatu penekanan agar para pengemban Babinkamtibmas untuk setara dengan Babinsa berlomba-lomba mencari informasi setiap kejadian, dan harus datang serta menyelesaikan masalah di daerahnya secara tuntas tanpa berbuntut. Bahwa untuk informasi sekecil apapun yang ada di wilayah segera disampaikan kepada pimpinan, dan apabila ada suatu permasalahan agar cepat dilaporkan pula karena hal ini untuk kecepatan dalam penanganannya," tutup Kapolres Demak. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Keppres Pilkada Serentak 27 Juni 2018 Sebagai Hari Libur Nasional
Jennifer Dunn Divonis 4 Tahun Penjara
Jaksa KPK Tuntut Rita Widyasari Dihukum 15 Tahun Penjara
Densus 88 Antiteror Sergap Terduga Teroris JAD Di Cirebon
Anggota DPRD Kota Bogor Diamankan Polresta Bogor Kota
Densus 88 Antiteror Lumpuhkan Dua Terduga Teroris Di Depok
Polisi Siaga Jaga Sidang Vonis Aman Abdurrahman
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati
Polres Manggarai Barat Bekuk Pemerkosa 2 Turis Mancanegara
Babinsa Kodim 0716/Demak Evakuasi Sosok Mayat Berhelm Yang Gantung Diri
Kapolres Bogor Larang Anggotanya Ambil Jatah Libur
Buku Penerbit Yang Di Black List Pemerintah Malah Dibagikan Ke Sekolah-sekolah Di Jombang
4 Pegawai Bank Jatim Sudah Jadi Terdakwa
BPOM Minta Importir Tarik Sarden Kaleng Terindikasi Mengandung Cacing
Pasangan Kekasih Cikupa Yang Ditelanjangi Sudah Bertunangan Dan Akan Menikah
Polisi Dalami Aliran Dana Jamaah First Travel
Polisi Tetapkan Komisaris First Travel Jadi Tersangka
Bareskrim Polri Geledah Rumah Mewah Bos First Travel Di Sentul
Perampok Tewaskan Italia Chandra Kirana Putri Menyerah Ke Polisi
Gatot Brajamusti Divonis 8 Tahun Terkait Kepemilikan Sabu
PK Ditolak, Pembunuh Sisca Yofie Tetap Dihukum Mati
Ridho Rhoma Dibekuk Polisi Terkait Kasus Narkoba
Agar Tidak Melanggar, Kodim 0716/Demak Dapat Penyuluhan Hukum
KPK Tetapkan Mantan Dirut PT. Garuda Indonesia Sebagai Tersangka Suap
Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Pengelolaan Trans Semarang
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.781.736 Since: 05.03.13 | 0.1974 sec