Agama & Masyarakat

Selamat Jalan Mike Mohede

Monday, 01 Agustus 2016 | View : 307

JAKARTA-SBN.

Kabar meninggalnya penyanyi Michael Prabawa Mohede atau lebih dikenal dengan nama sebagai Mike Mohede pada Minggu (31/7/2016) sore akibat penyakit jantung memang cukup mengagetkan dunia hiburan tanah air.

Kepergian musisi Mike Mohede di usia yang relatif muda sempat mengagetkan keluarga dan juga kerabat. Kepergian penyanyi Mike Mohede secara tiba-tiba akibat peyakit jantung yang dideritanya menyisakan kesedihan mendaam dihati keluarga. Duka mendalam pun amat terasa di hati keluarga dan juga kerabat Mike Mohede yang hingga kini masih belum percaya dengan "kepergian" juara Indonesian Idol 2005 itu.

Penyanyi bersuara merdu Mike Mohede menghembuskan nafas terakhir di usia 32 tahun pada Minggu (31/7/2016) sore. Pria bernama lengkap Michael Prabawa Mohede ini meninggal akibat serangan jantung.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Ismoyo Sunu, kematian mendadak tanpa didahului gejala atau keluhan yang khas, seperti yang dialami Mike Mohede, biasanya karena dua masalah jantung, yaitu sindrom brugada (brugada syndrome) dan serangan jantung koroner.

"Dia itu sempat mengeluh sakit di bagian dada belakangan ini sama pacarnya, tetapi dia enggakmau dibawa ke rumah sakit. Aku dengar ceritanya tadi malam dari pacarnya, Kristina. Bahkan Kristina sendiri sempat membujuk Mike untuk periksa ke dokter, terapi Mike belum mau sampai akhirnya benar-benar enggak ada," ungkap sepupu Mike Mohede, Oki Mohede.

Indra Djamal selaku manajer Mike Mohede yang selama ini dikenal sebagai sahabat yang menemani ke mana pun pergi, juga sangat kehilangan sosok Mike Mohede yang sudah dianggapnya sebagai adik. Indra Djamal bercerita bahwa Mike Mohede seorang yang humble dan sangat ramah kepada siapa pun juga, terutama kepada para fannya. Hal itu yang membuat banyak merasa kehilangan sosok Mike Mohede.

"Dia orang yang humble sama semua orang. Dia orang yang ingat sama nama orang lain walaupun sudah enggak ketemu lama. Siapa yang ketemu di belakang panggung dari zamanIndonesian Idol (2005), dia masih ingat sekali namanya. Jadinya dia disukai semua orang," ungkapnya.

Pria kelahiran 7 November 1983 itu meninggal saat tengah tidur setelah semalaman begadang dan bermain PlayStation. Hal itu diungkapkan Indra Djamal selaku Manager Mike Mohede saat ditemui di Rumah Sakit Primier Bintaro, Jl. M.H. Thamrin No.1, Sektor 7, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (31/7/2016).

"Menurut penuturan pihak keluarga, semalam (Sabtu, 30/7/2016) Mike itu begadang setelah pulang usai mengisi acara ulangtahun pernikahan Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," beber Indra Djamal.

"Dia tidur sudah hampir pagi. Dan pagi harinya dia masih main PS sama temannya. Terus agak siang dia izin untuk tidur, terus enggak lama temannya lihat posisi tidur Mike berbeda, pas dipanggil-panggil nggak nyahut. Lalu dia berusaha membangunkan Mike tapi nggak direspons, ternyata Mike sudah enggak ada," imbuh dia.

Ditambahkan Indra Djamal, sebelum akhirnya benar-benar dinyatakan meninggal dunia, pihak keluarga Mike Mohede juga sempat membawa ke Rumah Sakit Premier Bintaro untuk bisa mendapat pertolongan.

"Mengetahui Mike dibangunkan enggak bangun-bangun, temannya langsung bilang ke pihak keluarga, dan sempat diperiksa dan sebelum sampai ke UGD, Mike Mohede sudah enggak ada. Kalau menurut penuturan dokter, Mike Mohede sudah meninggal 30 menit sebelum dibawa ke Rumah Sakit (RS). Dan tim dokter bilang Mike Mohede sudah meninggal sejak pukul 18.00 WIB," sambungnya.

Sebagai orang yang selalu dekat dengan Mike Mohede, Indra Djamal sendiri mengaku tak pernah mendapat firasat apa-apa terkait meninggalnya sang penyanyi. Bahkan, di hari terakhirnya, Indra Djamal juga sempat menemani Mike Mohede untuk mengisi acara syukuran 40 tahun pernikahan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

"Saya enggak pernah punya firasat sama sekali atas meninggalnya Mike. Karena kemarin malam (Sabtu, 30/7) juga masih nyanyi (di acara ulang tahun pernikahan SBY). Dan memang hari Minggu kemarin itu memang enggak ada kegiatan, makanya saya enggak ketemu. Dan soal riwayat penyakit jantung, aku juga tahunya enggak separah itu sampai akhirnya membuat dirinya meninggal. Karena setahu aku, dia sangat serius kalau olahraga dan sejak 4-5 tahun belakangan sangat serius berolahraga, makanya berat badannya berkurang 20 kilogram," tutupnya.

Diketahui dalam penampilannya di depan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono, lagu terakhir yang dinyanyikan Mike adalah "Don't Forget to Remember Me" yang diciptakan group musik Bee Gees.

Duka itu pun dirasakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan juga Ibu Ani Herrawati. Pasalnya musisi kelahiran 7 November 1983 itu sebelumnya sempat mengisi acara di acara syukuran 40 tahun pernikahan mantan presiden ke enam Republik Indonesia itu dikawasan Sarinah, Jakarta.

Sebagai ungkapan duka, SBY yang didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono pun berkesempatan hadir memberikan penghormatan terakhir bagi musisi Mike Mohede di rumah duka dikawasan Bintaro, Jakarta Selatan. SBY beserta rombongan sendiri datang sekitar pukul 15.30 WIB, mengenakan baju serba hitam sepadan dengan baju yang dikenakan Ibu Ani.

Selain memberikan penghormatan terakhir, SBY dan Ibu Ani juga berkesempatan memberikan sepatah dua patah kata sebagai ungkapan bela sungkawa dirinya atas meninggalnya Mike Mohede.

"Kami datang ke rumah ini sebenarnya ingin memberikan penghormatan kepada yang sama-sama kita cintai, Mike Mohede. Kami mengenang almarhum sosok yang baik, disayangi teman-temannya," tutur SBY usai mengunjungi kediaman Mike Mohede, Senin (1/8/2016).

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY cukup terkejut dengan meninggalnya penyanyi Mike Mohede, Minggu (31/7/2016). Padahal, sehari sebelumnya Mike Mohede masih tampil memukau di acara syukuran 40 tahun pernikahan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta, Sabtu (30/7/2016) malam.

Namun Ketua Umum Partai Demokrat (PD) itu punya firasat kurang baik dengan tembang lagu berjudul Don't Forget to Remember Me yang dinyanyikan juara ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2005 itu.

"Saya dan keluarga cukup kaget mendengar kabar Mike Mohede meninggal, karena baru sehari sebelumnya beliau mengisi acara syukuran 40 tahun pernikahan saya dengan ibu Ani. Di penghujung acara, saat lagu terakhir, baik saya maupun seluruh orang yang hadir pada malam itu mengatakan seperti ada firasat karena lagu terakhir yang dilantunkan bersama Vina Panduwinata dan Lala Karmela berjudul Don't Forget to Remember Me," ungkap SBY saat melayat di rumah duka dikawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2016) sore.

Mantan Presiden RI ke-6, SBY sendiri menilai tembang yang dinyanyikan Mike Mohede itu merupakan isyarat kepergiannya. Dan SBY menilai bahwa Mike merupakan pribadi yang baik karena dalam menjalankan tugas yang diembannya. Mendiang dinilainya berhasil memberikan penampilan yang memukau dihadapan pengunjung yang hadir malam itu.

"Saya percaya, itu lagu terakhir yang dibawakan Mike dan diperdengarkan ke semua orang. Sebagaimana lagu itu, kita tak akan melupakan Mike Mohede. Percayalah, di mata Tuhan, ini yang terbaik," sambungnya.

Mantan presiden SBY sendiri menyebut bahwa penampilan Mike Mohede pada acara syukuran 40 tahun pernikahannya dengan ibu Ani sebagai penampilan yang paling baik. Terlebih malam itu, Mike Mohede tampil prima dengan balutan busana yang mewah. Oleh sebab itu, SBY menganggap bahwa Mike Mohede merupakan salah satu talenta terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

"Mungkin masyarakat juga mengetahui baru dua hari yang lalu, 30 Juli, ketika kami melaksanakan acara syukuran 40 tahun pernikahan saya dan Ibu Ani, Mike Mohede tampil bersama dua penyanyi lain. Kami lihat, penampilan Mike begitu rileks, prima, suaranya bulat. Ini salah satu penampilan Mike terbaik," tukasnya.

"Kita semua mengenal sosok yang teduh yang dimiliki Mike dan saya tahu ia disayangi kawan-nyanya dengan suaranya yang indah. Kita kenal vokal Mike yang khas. Saya sebagai kolega, sama-sama mencintai musik, lagu, selama ini juga bersahabat dengan Mike," tutup SBY.

Selain berkunjung, SBY pun berharap pihak keluarga Mike Mohede bisa tabah dan meminta masyarakat untuk memberikan doa kepada mendiang Mike Mohede agar Mike Mohede bisa hidup tenang dialam selanjutnya.

"Saya percaya Tuhan punya rencana sendiri. Tuhan menjanjikan kebaikan untuk Mike dalam dunianya nanti. Ibunda (Mike) yang tabah, keluarga yang tabah, kita iringi dengan doa. Semoga Mike Mohede hidup tenang bersama Tuhan," tutup SBY.

Kunjungan SBY beserta rombongan tersebut sempat membuat heboh masyarakat yang berada disekitar tempat tinggal Mike Mohede. Sebagian warga sempat berebut mengabadikan sejak SBY turun dari kendaraannya, bahkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengamankan lokasi tersebut sempat dibuat kewalahan dengan ulah masyarakat yang berebut ingin mengabadikan momen kedatangan SBY kekediaman Mike Mohede.

Pada acara syukuran 40 tahun pernikahan mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan ibu Ani Yudhyono, Mike Mohede merupakan salah satu artis yang diundang SBY beserta keluarga untuk menghibur tamu-tamu yang hadir dalam acara tersebut. Dalam acara tersebut penampilan Mike Mohede berhasil menghipnotis ratusan tamu yang datang dengan menyanyikan beberapa tembang seperti lagu Juwita Malam, To Love Somebody, dan lagu yang diciptakan SBY sendiri berjudul Kuyakin Sampai di Sana, dan diujung penampilannya, Mike menyanyikan tembang Don't Forget to Remember Me bersama penyanyi senior Vina Panduwinata dan Lala Karmela.

Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan rasa duka atas meninggalnya penyanyi Mike Mohede, hanya satu hari dia tampil dalam perayaan ulang tahun pernikahan mantan Presiden itu.

"Saya beserta Ibu Ani dan keluarga mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Mike Mohede," kata SBY dalam pesan video yang diunggah ke akun Twitter, Senin (1/8/2016).

"Kami memiliki kenangan yang indah ketika dua hari yang lalu pada tanggal 30 Juli 2016 dalam acara syukuran 40 tahun pernikahan saya dan Ibu Ani, Mike Mohede beserta Vina Panduwinata dan Lala Karmela masih menyanyikan lagu yang berjudul 'Don't Forget to Remember Me'."

"Kami tidak menyangka bahwa lagu manis itu adalah lagu yang terakhir kali dilantunkan oleh Mike. Sebagaimana yang menjadi judul lagu itu, Mike Mohede, percayalah bahwa kami tidak akan pernah melupakanmu. We will never forget you."

Dalam videonya itu SBY juga secara singkat mencantumkan penampilan Mike Mohede bersama Vina Panduwinata dan Lala Karmela.

Jenazah pria berusia 32 tahun itu telah berada di rumah duka di Jalan Kurincang Raya 6C-1/21 dikawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Kini Mike Mohede sendiri masih disemayamkan di rumah duka dikawasan Bintaro dan acara malam hari ini akan ada acara Open Mic for Mussicians Mike Mohede sebagai penghormatan terakhir untuk mendiang. Acara yag digagas oleh sahabat-sahabat Mike Mohede ini merupakan acara untuk mengenang penyanyi yang lahir dari ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu, sebelum Rabu (3/8/2016) jasadnya akan di kebumikan di TPU Tanah Kusir, Jalan Raya Bintaro, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Menurut pihak keluarga, rencananya Mike akan dikebumikan pada Rabu (3/8/2016).

"Rencananya Mike akan dimakamin pada hari Rabu (3/8/2016) besok di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan sekitar pukul 12.00 WIB siang. Rencananya dia akan dimakamkan di dekat makam ayahnya," tutupnya.

Mike Mohede dikenal lewat ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Dalam ajang itu dia menyabet juara pertama tahun 2015. Usai itu, Mike Mohede sendiri meniti kariernya sebagai penyanyi profesional.

See Also

Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
Rais Syuriah PB NU KH Mas Subadar Wafat
22 Acara Puncak Satu Abad Qudsiyyah
Kasdim 0716/Demak Hadiri Silaturahmi Bupati, Wakil Bupati Dengan Ulama & Tokoh Masyarakat
Kuatkan Nilai-nilai Aswaja, Iksab TBS Agendakan Silatnas
Dandim 0716/Demak Hadiri Open House Bupati
Marwah Band Semarakkan Halalbihalal UMK
Ibunda Nyai Hajjah Siti Fatmah Berpulang Ke Rahmatullah
Pelantikan PDM & PDA Kudus, Kuatkan Sinergitas Dengan AUM
Launching Rembug Warga NU Dengan Bedah Buku Masterpiece Islam Nusantara
Khosifah Nahkodai Aisyiyah Kudus
Ahmad Hilal Majdi Kembali Pimpin PDM Kudus
Pembukaan Musyda Muhammadiyah Dan Aisyiyah Kudus Periode Muktamar Ke-47
Tektek Kampling
Shalat Gerhana Matahari Ajarkan Kesyukuran Dalam Hidup
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.165.936 Since: 05.03.13 | 0.1606 sec