Agama & Masyarakat

Marwah Band Semarakkan Halalbihalal UMK

Thursday, 14 Juli 2016 | View : 466

KUDUS-SBN.

Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar kegiatan halalbihalal. Acara yang diikuti oleh pengurus Yayasan Pembina (YP.) UMK, pimpinan universitas, para dosen, karyawan, serta perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Halalbihalal yang dilangsungkan di Auditorium Kampus, Kamis (14/7/2016), ini menghadirkan K.H. Ahmad Nadhif LC., M.A. untuk memberikan tausiyah. Acara ini juga disemarakkan dengan kehadiran grup band Marwah.

K.H. Ahmad Nadhif LC., M.A., dalam paparannya menyampaikan, tradisi silaturahmi yang dikemas dalam halalbihalal usai Ramdhan, merupakan budaya asli Indonesia, dan tidak akan ditemukan di negara lain. "Tidak usah mengaitkan tradisi dan budaya ini dengan keagamaan, karena ini adalah hasil pemikiran para pendahulu bangsa," katanya.

Karena ini merupakan budaya khas Indonesia, jelasnya, sehingga kalau mau nyari referensi halalbihalal di Arab atau di kamusnya, ketemunya paling kata ‘halal’ dan huruf ‘ba’. "Tetapi kata ini bisa ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)," terangnya.

Dia menyampaikan, pada Ramadhan, dosa-dosa memang diampuni oleh Allah SWT. "Tetapi yang diampuni itu dosa-dosa yang berhubungan langsung dengan Allah (habl min Allah), sedang yang terkait dengan manusia (habl min al-naas), tidak diampuni sebelum minta maaf," jelasnya.

Alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir itu pun menilai, halalbihalal sangat tepat untuk mempererat tali silaturahmi dan juga memperteguh mewujudkan UMK sebagai Universitas Kebudayaan. "Halalbihalal sangat tepat jika dijadikan sarana mendukung UMK sebagai Universitas Kebudayaan," tegasnya.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo, S.H., M.S., mengemukakan, setelah sebulan mengisi Ramadhan dengan amalan-amalan shalih, diharapkan mengantarkan umat Islam pada ketakwaan kepada Allah SWT. "Namun ketakwaan ini mestinya tidak sekadar pada tataran konsep saja, melainkan harus dioperasionalkan atau diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Sementara itu, halalbihalal yang juga dihadiri wakil dari organisasi kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan UMK, ini semakin menarik dengan kehadiran Marwah Band yang membawakan lagu-lagu dalam album "Cinta Berdebu" yang belum lama ini di-launching.

Grup band yang digawangi oleh Nov, Kinasih, Lifara, dan Tao (vokal), Ryo (gitar), Ermin (kibor), Agus (bas), Petrus (drum), dan Andriyanto (biola), ini membawakan lagu-lagu yang kental dengan nilai-nilai humanisme, antara lain Children in The War, Waktu Tak Bisa Kembali, Kematian Cinta, dan Air Mata di Atas Sajadah.

See Also

Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.691.203 Since: 05.03.13 | 0.3289 sec