Agama & Masyarakat

Marwah Band Semarakkan Halalbihalal UMK

Thursday, 14 Juli 2016 | View : 285

KUDUS-SBN.

Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar kegiatan halalbihalal. Acara yang diikuti oleh pengurus Yayasan Pembina (YP.) UMK, pimpinan universitas, para dosen, karyawan, serta perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Halalbihalal yang dilangsungkan di Auditorium Kampus, Kamis (14/7/2016), ini menghadirkan K.H. Ahmad Nadhif LC., M.A. untuk memberikan tausiyah. Acara ini juga disemarakkan dengan kehadiran grup band Marwah.

K.H. Ahmad Nadhif LC., M.A., dalam paparannya menyampaikan, tradisi silaturahmi yang dikemas dalam halalbihalal usai Ramdhan, merupakan budaya asli Indonesia, dan tidak akan ditemukan di negara lain. "Tidak usah mengaitkan tradisi dan budaya ini dengan keagamaan, karena ini adalah hasil pemikiran para pendahulu bangsa," katanya.

Karena ini merupakan budaya khas Indonesia, jelasnya, sehingga kalau mau nyari referensi halalbihalal di Arab atau di kamusnya, ketemunya paling kata ‘halal’ dan huruf ‘ba’. "Tetapi kata ini bisa ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)," terangnya.

Dia menyampaikan, pada Ramadhan, dosa-dosa memang diampuni oleh Allah SWT. "Tetapi yang diampuni itu dosa-dosa yang berhubungan langsung dengan Allah (habl min Allah), sedang yang terkait dengan manusia (habl min al-naas), tidak diampuni sebelum minta maaf," jelasnya.

Alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir itu pun menilai, halalbihalal sangat tepat untuk mempererat tali silaturahmi dan juga memperteguh mewujudkan UMK sebagai Universitas Kebudayaan. "Halalbihalal sangat tepat jika dijadikan sarana mendukung UMK sebagai Universitas Kebudayaan," tegasnya.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo, S.H., M.S., mengemukakan, setelah sebulan mengisi Ramadhan dengan amalan-amalan shalih, diharapkan mengantarkan umat Islam pada ketakwaan kepada Allah SWT. "Namun ketakwaan ini mestinya tidak sekadar pada tataran konsep saja, melainkan harus dioperasionalkan atau diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Sementara itu, halalbihalal yang juga dihadiri wakil dari organisasi kemahasiswaan (Ormawa) di lingkungan UMK, ini semakin menarik dengan kehadiran Marwah Band yang membawakan lagu-lagu dalam album "Cinta Berdebu" yang belum lama ini di-launching.

Grup band yang digawangi oleh Nov, Kinasih, Lifara, dan Tao (vokal), Ryo (gitar), Ermin (kibor), Agus (bas), Petrus (drum), dan Andriyanto (biola), ini membawakan lagu-lagu yang kental dengan nilai-nilai humanisme, antara lain Children in The War, Waktu Tak Bisa Kembali, Kematian Cinta, dan Air Mata di Atas Sajadah.

See Also

Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
Selamat Jalan Mike Mohede
Rais Syuriah PB NU KH Mas Subadar Wafat
22 Acara Puncak Satu Abad Qudsiyyah
Kasdim 0716/Demak Hadiri Silaturahmi Bupati, Wakil Bupati Dengan Ulama & Tokoh Masyarakat
Kuatkan Nilai-nilai Aswaja, Iksab TBS Agendakan Silatnas
Dandim 0716/Demak Hadiri Open House Bupati
Ibunda Nyai Hajjah Siti Fatmah Berpulang Ke Rahmatullah
Pelantikan PDM & PDA Kudus, Kuatkan Sinergitas Dengan AUM
Launching Rembug Warga NU Dengan Bedah Buku Masterpiece Islam Nusantara
Khosifah Nahkodai Aisyiyah Kudus
Ahmad Hilal Majdi Kembali Pimpin PDM Kudus
Pembukaan Musyda Muhammadiyah Dan Aisyiyah Kudus Periode Muktamar Ke-47
Tektek Kampling
Shalat Gerhana Matahari Ajarkan Kesyukuran Dalam Hidup
Bazar Ramaikan Musyda Aisyiyah Kudus
Gerhana Matahari Bukan Sekadar Fenomena Rutin Alam
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.066.295 Since: 05.03.13 | 0.8288 sec