Nasional

Acara Sertijab Kapolri Di Mabes Polri

Thursday, 14 Juli 2016 | View : 382
Tags : Kapolri

JAKARTA-SBN.

Mabes Polri menjaga ketat acara Serah Terima Jabatan Kapolri dari Jenderal Pol Drs. Badrodin Haiti kepada Jenderal Pol. Drs. H. M. Drs. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang diselenggarakan di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jl. Tirtayasa Raya No.6, Kelurahan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (14/7/2016) pagi.

Mabes Polri menerapkan sistem pengamanan berlapis. Sejumlah provost disiagakan di pintu masuk ke lapangan untuk memeriksa para tamu undangan dan awak media.

Untuk masuk ke acara tersebut tidak mudah bagi para tamu. Hanya tamu yang membawa undangan saja yang boleh masuk ke acara.

Beberapa tamu undangan yang tampak terlihat di acara tersebut di antaranya Jenderal Pol. (Purn) Dai Bachtiar, Wakil Ketua MPR RI periode 2014-2019 Oesman Sapta Odang, Jenderal Pol. (Purn) Drs. Sutanto, Jenderal Pol. (Purn) Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M. dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI ke-4 yang mulai menjabat sejak 12 Agustus 2015, Dr. Rizal Ramli serta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI ke-13 yang mulai menjabat sejak 12 Agustus 2015, Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, M.P.A.

Sementara pasukan yang disiagakan dalam acara sertijab tersebut yakni satu peleton mahasiswa STIK, satu peleton Sespima, satu peleton Polwan, satu peleton Provost, satu peleton Polantas, satu peleton Bareskrim Polri, satu peleton Baintelkam Polri, satu peleton Taruna Akademi Kepolisian, satu peleton Korbrimob Polri, satu peleton Sabhara, satu peleton Yanma, satu peleton gabungan Ditpol Air dan Pol Udara, PNS Polri.

Kapolri yang baru, Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. memuji kepemimpinan mantan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti saat menjabat selama satu tahun tiga bulan.

"Kita semua patut bersyukur atas kemampuan manajemen Pak Badrodin. Di bawah kepemimpinannya, Polri tetap solid, meski awalnya ada berbagai kendala. Saya berterima kasih kepada Pak Badrodin atas kinerja dan dedikasinya selama menjabat sebagai Kapolri," kata Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian STIK, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Ia pun menyebut semangat Tri Brata dalam diri Badrodin Haiti tidak akan pernah padam meski mantan Kapolda Jatim itu akan menjalani masa pensiunnya mulai akhir Juli nanti.

"Old soldiers never die, they just fade away. Semangat tentara tidak pernah mati, namun hanya mengendap. Dalam diri Pak Badrodin, semangat Tri Brata enggak akan pernah mati," tegas mantan Kapolres Serang Polda Banten tahun 2005 silam.

Sementara sebagai Kapolri baru, Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. berkomitmen untuk melanjutkan program Polri yang tengah berjalan. Ia akan melaksanakan rencana strategis Polri 2015-2019 yang sejalan dengan program pemerintah saat ini.

"Ini merupakan pengalaman besar, mengandung konsekuensi besar yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, negara dan Tuhan. Ini amanah yang sangat besar, maka harus dilakukan dengan baik," ujar mantan Kapolda Metro Jaya tersebut, Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Mantan Kapolri Jenderal Pol Dr. Badrodin Haiti bersyukur telah berhasil menyelesaikan jabatannya sebagai Kapolri dengan baik.

"Masih segar dalam ingatan kita pada suksesi Polri tahun lalu, khususnya sebelum dan sesudah saya ditunjuk sebagai Plt. Kapolri dan akhirnya dilantik sebagai Kapolri pada pertengahan Januari 2015. Masyarakat saat itu menjadi ragu, tingkat kepercayaan terhadap Polri berkurang," kata Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti di Lapangan STIK, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Menurutnya, kondisi Polri saat itu sempat memicu kontroversi terkait polemik penunjukkan Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Kendati demikian, di bawah kepemimpinannya, Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti perlahan mampu membawa institusinya ke luar dari masalah tersebut.

Menurutnya, kesuksesannya ini berkat dukungan seluruh jajaran Polri yang tetap solid, komitmen menempatkan kepentingan institusi Polri di atas kepentingan pribadi, dan fokus pada pembenahan pelaksanaan tugas Kepolisian.

Dalam masa kepemimpinannya, ia berusaha meningkatkan kinerja pelayanan Kepolisian meski di tengah keterbatasan kualitas dan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) serta berupaya melaksanakan 10 program prioritas quick winKepolisian.

Namun, diakuinya masih banyak tugas yang belum terealisasi dengan baik dalam masa kepemimpinannya selama 1 tahun 3 bulan itu.

"Saya menyadari dalam kepemimpinan saya, masih ada anggota (polisi) yang belum mendapat pembinaan tepat, masyarakat belum terlayani dengan baik, masyarakat masih ada yang tercederai akibat ulah oknum polisi. Saya mohon maaf, semoga bisa dibenahi pada masa datang," papar Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti pun optimistis Kapolri Jenderal Pol. Drs. H. M. Drs. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. akan mampu menghadapi tantangan dengan baik sehingga Polri bisa meningkatkan kinerjanya dan lebih dipercaya oleh masyarakat.

"Kepada Pak Tito, saya ucapkan selamat bertugas, semoga sukses. Allah akan melindungi," ujar Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti seusai Serah Terima Jabatan Kapolri kepada Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta Selatan.

Sebelum penyerahan tanda jabatan dan tongkat komando Kapolri, dibacakan terlebih dahulu Keputusan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Kapolri Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Setelah pembacaan Keputusan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 pemberhentian dan pengangkatan Kapolri, dilakukan penyerahan tanda jabatan dan tongkat komando Kapolri.

Usai prosesi, keduanya melakukan penandatanganan naskah serah terima jabatan dan pakta integritas Kapolri.

Sebelumnya, Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengangkat Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti yang memasuki masa pensiun.

Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dilantik oleh Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Komplek Istana Kepresidenan, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/7/2016), sekitar pukul 14.00 WIB.

Perwira Polri Angkatan 1987 itu dilantik melalui Keputusan Presiden Nomor 48/Polri/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. setelah diambil sumpahnya secara Islam kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri dengan saksi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, M.P.A. (ant/jos)

See Also

Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai
Ibu Persit Kodim 0716/Demak Menyabet 2 Penghargaan
Kodim 0716/Demak Kedatangan Tim Wasrik ItDam IV/Diponegoro
Rektor UMK Sebut Tiga Syarat Menjadi Pemimpin
Danrem 162/Wira Bhakti Memastikan Seluruh Jajarannya Putar Film G 30 S/PKI
Status Awas Gunung Agung
Presiden Joko Widodo Tonton Film G 30 S/PKI
Menjawab Tantangan Dengan Kerja Bersama
Kronologi Angkot KWK U11 Terbakar Di Pluit
Pelantikan Pejabat Pemprov DKI Jakarta Akan Digelar
Libur, Satgas TMMD Dan Warga Tetap Rehab Rumah
Sungkem Dengan Sesepuh, Mohon Kesuksesan TMMD
RT Yang Rajin Pantau Warganya Di Lokasi TMMD
Semangati Warga, Kades Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Perehaban RTLH Dikerjakan Seteliti Mungkin
Satgas TMMD Terapkan Sistem Banjardowo Untuk Ringankan Pekerjaan
Hari Ke-7 TMMD, Semangat 45 Satgas TMMD Tetap Terjaga
Paket Komplet Di Rehab RTLH TMMD Rempoah
Di Pekerjaan Vital TMMD, Danramil 02/Baturaden Tak Melepas
Manunggalnya TNI Dengan Rakyat Semakin Nyata Di TMMD Rempoah
Semangat Kebersamaan Picu Rehab Rumah Mbah Yasroni
Tetap Semangat Di Pekerjaan TMMD
Pantau Langsung Perehaban Rumah Di TMMD
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.113.817 Since: 05.03.13 | 0.1859 sec