Nasional

Acara Sertijab Kapolri Di Mabes Polri

Thursday, 14 Juli 2016 | View : 593
Tags : Kapolri

JAKARTA-SBN.

Mabes Polri menjaga ketat acara Serah Terima Jabatan Kapolri dari Jenderal Pol Drs. Badrodin Haiti kepada Jenderal Pol. Drs. H. M. Drs. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang diselenggarakan di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jl. Tirtayasa Raya No.6, Kelurahan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (14/7/2016) pagi.

Mabes Polri menerapkan sistem pengamanan berlapis. Sejumlah provost disiagakan di pintu masuk ke lapangan untuk memeriksa para tamu undangan dan awak media.

Untuk masuk ke acara tersebut tidak mudah bagi para tamu. Hanya tamu yang membawa undangan saja yang boleh masuk ke acara.

Beberapa tamu undangan yang tampak terlihat di acara tersebut di antaranya Jenderal Pol. (Purn) Dai Bachtiar, Wakil Ketua MPR RI periode 2014-2019 Oesman Sapta Odang, Jenderal Pol. (Purn) Drs. Sutanto, Jenderal Pol. (Purn) Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, M.M. dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI ke-4 yang mulai menjabat sejak 12 Agustus 2015, Dr. Rizal Ramli serta Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI ke-13 yang mulai menjabat sejak 12 Agustus 2015, Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, M.P.A.

Sementara pasukan yang disiagakan dalam acara sertijab tersebut yakni satu peleton mahasiswa STIK, satu peleton Sespima, satu peleton Polwan, satu peleton Provost, satu peleton Polantas, satu peleton Bareskrim Polri, satu peleton Baintelkam Polri, satu peleton Taruna Akademi Kepolisian, satu peleton Korbrimob Polri, satu peleton Sabhara, satu peleton Yanma, satu peleton gabungan Ditpol Air dan Pol Udara, PNS Polri.

Kapolri yang baru, Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. memuji kepemimpinan mantan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti saat menjabat selama satu tahun tiga bulan.

"Kita semua patut bersyukur atas kemampuan manajemen Pak Badrodin. Di bawah kepemimpinannya, Polri tetap solid, meski awalnya ada berbagai kendala. Saya berterima kasih kepada Pak Badrodin atas kinerja dan dedikasinya selama menjabat sebagai Kapolri," kata Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian STIK, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Ia pun menyebut semangat Tri Brata dalam diri Badrodin Haiti tidak akan pernah padam meski mantan Kapolda Jatim itu akan menjalani masa pensiunnya mulai akhir Juli nanti.

"Old soldiers never die, they just fade away. Semangat tentara tidak pernah mati, namun hanya mengendap. Dalam diri Pak Badrodin, semangat Tri Brata enggak akan pernah mati," tegas mantan Kapolres Serang Polda Banten tahun 2005 silam.

Sementara sebagai Kapolri baru, Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. berkomitmen untuk melanjutkan program Polri yang tengah berjalan. Ia akan melaksanakan rencana strategis Polri 2015-2019 yang sejalan dengan program pemerintah saat ini.

"Ini merupakan pengalaman besar, mengandung konsekuensi besar yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, negara dan Tuhan. Ini amanah yang sangat besar, maka harus dilakukan dengan baik," ujar mantan Kapolda Metro Jaya tersebut, Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D.

Mantan Kapolri Jenderal Pol Dr. Badrodin Haiti bersyukur telah berhasil menyelesaikan jabatannya sebagai Kapolri dengan baik.

"Masih segar dalam ingatan kita pada suksesi Polri tahun lalu, khususnya sebelum dan sesudah saya ditunjuk sebagai Plt. Kapolri dan akhirnya dilantik sebagai Kapolri pada pertengahan Januari 2015. Masyarakat saat itu menjadi ragu, tingkat kepercayaan terhadap Polri berkurang," kata Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti di Lapangan STIK, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Menurutnya, kondisi Polri saat itu sempat memicu kontroversi terkait polemik penunjukkan Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Kendati demikian, di bawah kepemimpinannya, Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti perlahan mampu membawa institusinya ke luar dari masalah tersebut.

Menurutnya, kesuksesannya ini berkat dukungan seluruh jajaran Polri yang tetap solid, komitmen menempatkan kepentingan institusi Polri di atas kepentingan pribadi, dan fokus pada pembenahan pelaksanaan tugas Kepolisian.

Dalam masa kepemimpinannya, ia berusaha meningkatkan kinerja pelayanan Kepolisian meski di tengah keterbatasan kualitas dan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) serta berupaya melaksanakan 10 program prioritas quick winKepolisian.

Namun, diakuinya masih banyak tugas yang belum terealisasi dengan baik dalam masa kepemimpinannya selama 1 tahun 3 bulan itu.

"Saya menyadari dalam kepemimpinan saya, masih ada anggota (polisi) yang belum mendapat pembinaan tepat, masyarakat belum terlayani dengan baik, masyarakat masih ada yang tercederai akibat ulah oknum polisi. Saya mohon maaf, semoga bisa dibenahi pada masa datang," papar Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti pun optimistis Kapolri Jenderal Pol. Drs. H. M. Drs. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. akan mampu menghadapi tantangan dengan baik sehingga Polri bisa meningkatkan kinerjanya dan lebih dipercaya oleh masyarakat.

"Kepada Pak Tito, saya ucapkan selamat bertugas, semoga sukses. Allah akan melindungi," ujar Jend. Pol. Drs. Badrodin Haiti seusai Serah Terima Jabatan Kapolri kepada Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta Selatan.

Sebelum penyerahan tanda jabatan dan tongkat komando Kapolri, dibacakan terlebih dahulu Keputusan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Kapolri Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Setelah pembacaan Keputusan Presiden Nomor 48 Tahun 2016 pemberhentian dan pengangkatan Kapolri, dilakukan penyerahan tanda jabatan dan tongkat komando Kapolri.

Usai prosesi, keduanya melakukan penandatanganan naskah serah terima jabatan dan pakta integritas Kapolri.

Sebelumnya, Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengangkat Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti yang memasuki masa pensiun.

Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dilantik oleh Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Komplek Istana Kepresidenan, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/7/2016), sekitar pukul 14.00 WIB.

Perwira Polri Angkatan 1987 itu dilantik melalui Keputusan Presiden Nomor 48/Polri/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

Jend. Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. setelah diambil sumpahnya secara Islam kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri dengan saksi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Jend. TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, M.P.A. (ant/jos)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.689.870 Since: 05.03.13 | 0.2391 sec