Nasional

Presiden Resmi Melantik Tito Karnavian Sebagai Kapolri Baru

Thursday, 14 Juli 2016 | View : 353
Tags : Kapolri

JAKARTA-SBN.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" resmi melantik Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol.) Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Polisi (Jend. Pol.) Drs. Badrodin Haiti.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara Jakarta, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (13/7/2016), sekitar pukul 14.00 WIB.

Mantan Asrena Polri (16 Juli 2014-12 Juni 2015) ini, Komjen Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/7/2016) dan langsung menyandang bintang empat di pundaknya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengangkat mantan Kapolsek Metro Cempaka Putih Polres Metro Jakarta Pusat (1996-1997) tersebut, Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. menjadi Kapolri meneruskan Jenderal Pol. Drs. Badrodin Haiti, yang memasuki masa pensiun.

Perwira Polri Angkatan 1987 itu dilantik melalui Keputusan Presiden Nomor 48/Polri/2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kapolri.

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini, Komjen Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. setelah diambil sumpahnya secara Islam kemudian menandatangani berita acara pengangkatan Kapolri dengan saksi Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A.

Presiden dalam kesempatan itu mengucapkan selamat atas pelantikan mantan Kapolda Papua yang menjabat 21 September 2012-16 Juli 2014 tersebut, Komjen Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. sebagai Kapolri yang dianggapnya telah diberi amanah, kepercayaan, dan tanggung jawab oleh negara untuk memastikan, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya minta saudara fokus pada dua hal, pertama jaga persatuan, kekompakan, soliditas internal Polri," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Hal yang kedua pesan Kepala Negara yakni agar mantan Kapolda Metro Jaya yang menjabat 12 Juni 2015-16 Maret 2016 ini, Komjen Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. untuk melakukan reformasi secara menyeluruh dan konsisten dalam tubuh Polri.

Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah tokoh dan pejabat termasuk Wakil Presiden Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, mantan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, pendiri Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Dharma Paloh, para pemimpin lembaga tinggi negara, dan para Menteri Kabinet Kerja.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) periode tahun 2014-2019, di mana pada periode ini dengan perolehan suara sebesar 152.306, menjadi senator mewakili Provinsi NTB, Irjen. Pol. (Purn.) Prof. Dr. Drs. Farouk Muhammad meminta Kepala Kepolisian Negara RI (Kapolri) Jenderal Pol. Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. melanjutkan proses reformasi Polri dan membangun sistem di lingkungan kerjanya berteknologi informasi (TI).

“Kapolri baru harus mampu menunjukan komitmennya dalam melakukan pembenahan internal Polri secara sistemik, dan pelayanan publik yang semakin terjangkau berbasis IT," kata alumnus Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) periode 1979-1981 itu di Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Kepolisian, Magelang periode 1969-1972 itu memberikan catatan, pekerjaan rumah terbesar Tito Karnavian bukan hanya mampu menunjukan dirinya sebagai seorang Kapolri yang kompeten.

Namun, alumnus Oklahoma City University, Oklahoma AS  tahun 1993-1994 dan Institut Bisnis dan Manajemen Jayakarta, Jakarta tahun 1991-1993 ini menimpali, Tito Karnavian juga harus mampu membawa institusi kepolisian membangun sistem yang dapat meningkatkan kualitas layanan dan menekan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) dengan membangun polisi yang profesional dan amanah.

“Jangan ukuran keberhasilan polisi dilihat dari kemampuannya dalam mengungkap perkara atau kasus saja. Tapi jauh lebih penting, keberhasilannya karena mampu meminimalisir keluhan masyarakat terkait gangguan keamanan dan pelayanan polisi, secara kualitas maupun abuse of power," ujar alumnus Florida State University, Tallahasee, AS tahun 1994-1998 dan Fakultas Hukum Universitas Pancasila tahun 1992-1996.

Rektor Universitas Bung Karno (UBK) periode 2008-2012 itu menambahkan, Tito Karnavian juga memiliki tugas dengan titik berat pada pembenahan dan pembangunan kepolisian resor (Polres), serta memastikan bahwa mekanisme pembinaan karir personel benar-benar dijalankan secara merit system atau memberikan penghargaan lebih kepada mereka yang berprestasi dari segi pendidikan dan kinerja hariannya. (ant/jos)

See Also

Warga Kodim 0716/Demak Turut Dalam Car Free Day
Veteran Demak Nostalgia Akan Sejarah Dengan Nobar
Mahapasti Gelar Konservasi Mangrove Dan Bersih Pantai
Ibu Persit Kodim 0716/Demak Menyabet 2 Penghargaan
Kodim 0716/Demak Kedatangan Tim Wasrik ItDam IV/Diponegoro
Rektor UMK Sebut Tiga Syarat Menjadi Pemimpin
Danrem 162/Wira Bhakti Memastikan Seluruh Jajarannya Putar Film G 30 S/PKI
Status Awas Gunung Agung
Presiden Joko Widodo Tonton Film G 30 S/PKI
Menjawab Tantangan Dengan Kerja Bersama
Kronologi Angkot KWK U11 Terbakar Di Pluit
Pelantikan Pejabat Pemprov DKI Jakarta Akan Digelar
Libur, Satgas TMMD Dan Warga Tetap Rehab Rumah
Sungkem Dengan Sesepuh, Mohon Kesuksesan TMMD
RT Yang Rajin Pantau Warganya Di Lokasi TMMD
Semangati Warga, Kades Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Perehaban RTLH Dikerjakan Seteliti Mungkin
Satgas TMMD Terapkan Sistem Banjardowo Untuk Ringankan Pekerjaan
Hari Ke-7 TMMD, Semangat 45 Satgas TMMD Tetap Terjaga
Paket Komplet Di Rehab RTLH TMMD Rempoah
Di Pekerjaan Vital TMMD, Danramil 02/Baturaden Tak Melepas
Manunggalnya TNI Dengan Rakyat Semakin Nyata Di TMMD Rempoah
Semangat Kebersamaan Picu Rehab Rumah Mbah Yasroni
Tetap Semangat Di Pekerjaan TMMD
Pantau Langsung Perehaban Rumah Di TMMD
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.113.805 Since: 05.03.13 | 0.2169 sec