Olah Raga

Portugal Lolos Ke Final Setelah Tundukkan Wales 2-0

Thursday, 07 Juli 2016 | View : 400

LYON-SBN.

Pertandingan babak pertama Portugal melawan Wales masih berkedudukan imbang 0-0, dalam partai semifinal Piala Eropa 2016 di the Grand Stade dan the Stade des Lumières atau The Parc Olympique Lyonnais, 10 Avenue Simone Veil, 69150 Décines-Charpieu, Lyon, Prancis, pada Rabu (6/7/2016) waktu setempat atau Kamis (7/7/2016) dini hari WIB. Akhirnya, Portugal berhasil masuk ke partai final Piala Eropa 2016 setelah mengkandaskan impian Wales dengan skor 2-0.

Pada babak final, Portugal akan menghadapi pemenang antara Jerman kontra Prancis yang baru berlaga pada Kamis (7/7/2016) atau Jumat (8/7/2016) dini hari WIB. Portugal, yang sebelumnya tidak memenangi satu pun pertandingan dalam tempo 90 menit di turnamen ini, selanjutnya akan bertemu tuan rumah Prancis atau Jerman yang memainkan semifinal mereka besok.

Statistik UEFA mencatat, Wales mengungguli penguasaan bola hingga 54 persen, namun Portugal melesakkan tendangan tepat sasaran lebih banyak yakni lima kali, sementara Wales melakukannya tiga kali sepanjang laga.

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama melakukan tiga kali percobaan gol.

Portugal tampil lebih agresif sejak menit awal dengan menekan Wales dari segala penjuru, tetapi Wales juga sigap melumpuhkan serangan Ronaldo dan kawan-kawan.

Portugal mendapatkan peluang pada menit ke-16 saat Joao Mario melesakkan tendangan keras setelah merangsek masuk ke area pertahanan Wales, namun sepakannya melenceng dari sasarannya.

Portugal, yang berupaya untuk tampil di final Piala Eropa untuk pertama kalinya sejak dikalahkan Yunani di negeri sendiri pada 2004, memiliki peluang pertamanya pada menit ke-16, tembakan mendatar Joao Mario setelah sodoran cerdik dari Cristiano Ronaldo.

Wales meresponnya ketika Joe Ledley menemukan Gareth Bale dengan tendangan sudut mendatar, dan sang penyerang menembakkan bola ke atas mistar.

Wales, yang bermain untuk pertama kalinya di semifinal turnamen utama, tidak menderita demam panggung di mana lini belakang mereka, yang didukung oleh dua gelandang Joe Ledley dan Joe Allen, yang tetap disiplin dan kompak.

Gareth Bale melakukan aksi individu dengan menerobos pertahanan Portugal dan melesakkan tendangan keras dari ujung area penalti, tetapi bola masih bisa dijinakkan kiper Rui Patricio.

Bek Portugal Cedric Soares menjajal peruntungannya dengan melesakkan tedangan keras dari jarak jauh pada menit ke-29, namun bola melenceng dari gawang Wayne Hennessey.

Portugal kembali mendapatkan peluang pada menit ke-43 ketika Bruno Alves menyambut bola sepak pojok Cristiano Ronaldo dari dalam kotak penalti dengan sundulan, namun kiper masih sigap mengamankan gawangnya.

Pada babak pertama yang berlangsung ketat Portugal kesulitan untuk menemukan Cristiano Ronaldo, sehingga kerap lebih memilih umpan-umpan silang panjang menuju kotak penalti yang dapat dengan mudah ditangkal bek tengah James Collins.

Kedua tim gagal memecah kebuntuan hingga babak pertama berakhir. Kedudukan masih imbang 0-0.

Portugal mendapatkan peluang pertama pada menit saat Joao Mario melesakkan tendangan keras setelah merangsek masuk ke area pertahanan Wales, namun sepakannya melenceng dari sasarannya.

Wales melalui Gareth Bale juga mencatatkan peluang dengan melakukan aksi individu menerobos pertahanan Portugal dan melesakkan tendangan keras dari ujung area penalti, tetapi bola masih bisa dijinakkan kiper Rui Patricio.

Portugal menambah tekanan setelah turun minum, menekan sampai bagian pertahanan lawan.

Hasilnya dapat dituai dengan cepat melalui tendangan sudut pada menit ke-50, yang disepak Raphael Guerreiro ke tiang jauh di mana Cristiano Ronaldo melompat tinggi melewati dua pemain bertahan untuk melesakkan gol ketiganya di kompetisi ini.

Cristiano Ronaldo akhirnya memecah kebuntuan pada babak kedua, tepatnya menit ke-50 dengan menuntaskan umpan silang Raphael Guerrerio lewat tandukan keras yang gagal dihalau penjaga gawang.

Tiga menit berselang Portugal menggandakan keunggulan melalui aksi Nani yang sukses meneruskan tembakan Cristiano Ronaldo. Kiper Wayne Hennessey kembali gagal mengantisipasi laju bola. Portugal menggandakan keunggulannya dengan Nani merangsek ke kotak penalti untuk meneruskan upaya tembakan Cristiano Ronaldo, dan mencatatkan gol ketiganya di turnamen ini.

Kebobolan dua gol membuat pelatih Wales memutar otak dengan mengganti tiga pemain dalam kurun waktu delapan menit. Sam Vokes masuk menggantikan Joe Ledley, sementara Robson-Kanu keluar digantikan Simon Church, serta Jonathan Williams masuk menggantikan James Collins.

Portugal kembali mendapatkan peluang pada menit ke-70 melalui aksi Jose Fonte yang menyambut umpan sepak pojok Nani, tetapi tandukan bek tersebut berhasil dimentahkan kiper.

Wales terus berupaya memperkecil ketertinggalan. Gareth Bale melepaskan sepakan setengah voli pada menit ke-76, namun, bola masih bisa diredam kiper Rui Patricio.

Gareth Bale kembali menebar ancaman pada menit ke-81 lewat tembakan keras jarak jauh, namun penjaga gawang yang tampil gemilang sukses menepis si kulit bundar.

Cristiano Ronaldo hampir menambah skor keunggulan Portugal pada menit ke-85 dengan melepaskan tendangan dari sudut sempit setelah menerobos area penalti Wales, tetapi sepakan bintang Real Madrid itu hanya membentur sisi luar gawang.

Wales kemudian beruntung tidak kemasukan lebih banyak gol ketika Portugal, yang kini tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan kompetitif, meneruskan mimpi mereka untuk meraih trofi internasional perdananya.

Cristiano Ronaldo mencetak satu gol dan menjadi aktor dari terciptanya gol lainnya ketika Portugal menang 2-0 atas Wales di Lyon, Rabu (6/7/2016) atau Kamis (7/7/2016) dini hari WIB, untuk melaju ke final kejuaraan sepak bola Piala Eropa 2016.

Bintang Portugal itu, yang telah menelan banyak kritik atas buruknya penampilannya di turnamen ini untuk standar tingginya, melepaskan tandukan keras pada menit ke-50 untuk membawa timnya memimpin.

Cristiano Ronaldo kemudian melihat tembakannya dibelokkan oleh Nani untuk menjadi gol kedua tiga menit kemudian, mengakhiri laju luar biasa Wales pada penampilan perdananya di putaran final turnamen utama sejak 1958.

Wales mampu meredam lawan mereka pada babak pertama namun tidak mampu bangkit dari defisit dua gol, mengakhiri laju yang memukau jutaan orang di negerinya dan mengubah para pemain mereka menjadi pahlawan.

Wales, dengan gelandang Aaron Ramsey yang terkena skors dan digantikan pemain Leicester City, Andy King, mendominasi permainan pada fase awal namun pertahanan rapat Portugal tidak dapat ditembus oleh mereka.

Cristiano Ronaldo menyamai rekor sembilan gol Michael Platini pada turnamen Piala Eropa, saat mencetak gol dalam laga semifinal melawan Wales pada Kamis (7/7/2016) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo berpeluang melampaui rekor tersebut mengingat Portugal yang masih menyisakan satu pertandingan pada Euro 2016 di partai final yang akan digelar pada Minggu (10/7/2016) waktu setempat atau Senin (11/7/2016) dini hari WIB.

Michael Platini melesakkan sembilan gol dalam lima pertandingan pada turnamen tahun 1984 di Prancis, sementara Cristiano Ronaldo menyamai pencapaian tersebut sembari mencatatkan rekor lain.

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo tidak hanya menyamai rekor sembilan gol Michael Platini di ajang Piala Eropa namun juga naik ke peringkat dua daftar top skor sementara Euro 2016 di bawah penyerang Prancis Antoine Griezmann.

Cristiano Ronaldo sejauh ini telah melesakkan tiga gol yang berarti terpaut satu gol di bawah Antoine Griezmann dalam perburuan Golden Boot turnamen Euro tahun ini. Namun, Cristiano Ronaldo lebih unggul dalam segi assist yaitu tiga berbanding dua.

Kedua pemain masih berkesempatan menambah pundi-pundi gol. Portugal telah memastikan tempat di partai final sementara Prancis akan menghadapi Jerman pada laga semifinal yang juga berpeluang lolos ke final.

Berikut daftar pencetak gol terbanyak sementara Euro 2016:

  1. Antoine Griezmann, Prancis: 4 gol (2 assists, 345 menit bermain).
  2. Cristiano Ronaldo, Portugal: 3 gol (3 assists, 600 menit).
  3. Olivier Giroud, Prancis: 3 gol (2 assists, 300 menit).
  4. Dimitri Payet, Prancis: 3 gol (2 assists, 377 menit).
  5. Gareth Bale, Wales: 3 gol (1 assist, 533 menit).
  6. Nani, Portugal: 3 goals (1 assist, 586 menit).

Gol hanya dihitung pada 90 menit waktu normal pertandingan atau babak tambahan waktu, sementara gol pada babak adu penalti tidak dihitung, demikian UEFA.

Pada pertandingan fase grup menghadapi Hungaria dan turut mencetak gol, Cristiano Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam empat turnamen UEFA Euro, yakni pada 2004, 2008, 2012 dan 2016.

Berikut rekor Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal:

1. Penampilan terbanyak di putaran final Euro: 20.

2. Gol terbanyak di putaran final Euro: 9 (menyamai Michael Platini).

3. Pencetak gol terbanyak Euro termasuk kualifikasi: 29.

4. Pemain pertama mencetak gol di tiga atau lebih turnamen Euro.

5. Pemain Timnas Portugal dengan penampilan terbanyak: 132.

6. Pemain Timan Portugal dengan gol terbanyak: 61.

Susunan pemain:

Portugal:

Rui Patrício, Bruno Alves, José Fonte, Raphael Guerreiro, Cristiano Ronaldo (kapten), João Mário, Danilo, Renato Sanches (Andre Gomes 74'), Nani (Ricardo Quaresma 86'), Cédric Soares, Adrien Silva (Joao Moutinho).

Pelatih: Fernando Santos.

Wales:

Wayne Hennessey, Chris Gunter, Neil Taylor, James Chester, Ashley Williams (kapten), Joe Allen, Gareth Bale, Joe Ledley (Sam Vokes 58'), James Collins (Jonathan Williams 66'), Andy King, Hal Robson-Kanu (Simon Church 63').

Pelatih: Chris Coleman.

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia).

(uefa/jos)

See Also

SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
Michael Phelps Sabet Emas Ke-21
Mahasiswi Universitas Bhayangkara Sri Wahyuni Rebut Medali Perak Olimpiade
Victoria Fyodorovna Azarenka Umumkan Dirinya Sedang Hamil
Setelah Lebaran Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Yongmoodo
Prancis Ke Semi Final Setelah Kalahkan Islandia 5-2
Jerman Menang Adu Penalti Atas Italia 6-5
Piala Eropa 2016, Wales-Belgia 3-1
Zinedine Zidane Tak Yakin Bertahan Di Real Madrid
Nico Rosberg Juara GP F1 Rusia
Valentino Rossi Juara MotoGP Spanyol
Mahasiswa UMK Raih Perunggu Di Kejuaraan Internasional PSHT
Nico Rosberg Menang GP F1 Shanghai Samai Rekor Michael Schumacher
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.068.038 Since: 05.03.13 | 0.199 sec