Olah Raga

Prancis Ke Semi Final Setelah Kalahkan Islandia 5-2

Monday, 04 Juli 2016 | View : 283

SAINT DENIS-SBN.

Tuan rumah Prancis melenggang sempurna ke babak semifinal Piala Eropa 2016 dan menantang Jerman pada semifinal Euro 2016 setelah usai menghentikan perlawanan tim kejutan Islandia dan membantai dengan skor mencolok 5-2  pada laga perempatfinal di Stade de France,  93216 Saint-Denis, sebelah Utara Paris, Prancis, Minggu (3/7/2016) atau Senin (4/7/2016) dini hari WIB.

Dua dari lima gol tuan rumah dicetak Olivier Giroud di menit 13 dan 59. Sisanya tiga gol masing-masing dicetak Paul Pogba (20), Dimitri Payet (42) dan Antoine Griezmann (45) memaksa pasukan Lars Lagerback angkat koper setelah menjadi sorotan karena berhasil menahan Portugal dan menyingkirkan Inggris.

Ini menjadi kemenangan terbesar Prancis di Piala Eropa sejak terakhir kali terjadi di babak grup tahun 1984, saat mengalahkan Belgia 5-0.

Satu gol yang dicetak Antoine Griezmann menjadi gol ke-100 yang terjadi di Piala Eropa 2016.

Satu gol yang dicetak Antoine Griezmann di laga ini, menjadikannya topskorer sementara di turnamen ini dengan empat gol. Dia berpeluang memenangkan penghargaan Golden Boot. Pesaiingnya hanya rekannya sendiri Dimitri Payet yang hanya terpaut satu gol.

Prancis tak terkalahkan dalam 16 turnamen besar yang digelar di kandang sendiri, memenangkan 14 pertandingan dan imbang dua kali. Kekalahan terakhir mereka terjadi di Juli 1960 dalam perayaan Kejuaraan Eropa melawan Cekoslowakia (sekarang Republik Ceko).

Daya juang Islandia memang terlihat saat menjebol gawang Hugo Lloris dua kali pada babak kedua, namun Prancis tetap menujukkan kelasnya sebagai salah satu favorit juara dengan mempertahankan keunggulan 5-2 hingga laga selesai.

Statistik UEFA mencatat Prancis menguasai 59 berbanding 41 persen penguasaan bola atas Islandia. Prancis melepaskan 15 sepakan sementara Islandia melepaskan 11 tembakan selama 90 menit laga.

Les Bleus tampil taktis di pertandingan ini.

Pada jalannya laga, Prancis tak butuh waktu lama untuk menjebol gawang Islandia melalui aksi Olivier Giroud yang memaksimalkan umpan gelandang Paris St-Germain (PSG), Blaise Matuidi, pada menit 13. Gol pertama yang dicetak Olivier Giroud memanfaatkan kelengahan lini belakang Islandia. Blaise Matuidi dengan cerdik memberikan umpan lambung jauh ke Olivier Giroud yang langsung direspons dengan melesakkan tendangan kiri keras yang bersarang ke gawang lawan.

Prancis menambah keunggulan menjad 2-0 lewat tandukan Paul Pogba meneruskan umpan tajam Antoine Griezmann pada menit 19. Gol kedua juga terjadi karena kurang rapatnya penjagaan pemain Islandia. Gol dicetak Paul Pogba meneruskan tendangan sudut yang ditendang Antoine Griezmann.

Islandia sendiri sepanjang 45 menit pertama masih kesulitan menemukan irama permainan terbaiknya. Beberapa kali usaha mereka memasuki area pertahanan Prancis kandas. Islandia bukan tanpa peluang, sesekali mereka melancarkan serangan balik namun berhasil digagalkan duet bek Samuel Umtiti dan Lauren Koscielny.

Sebaliknya, Tim Ayam Jantan menambah gol menjadi 3-0 lewat sontekan keras Dimitri Payet yang meneruskan umpan Antoine Griezmann dari luar kotak penalti pada menit 43. Usai menerima operan dari Antoine Griezmann, Dimitri Payet melepaskan tendangan keras dari depan areal penalti. Bola menerjang sisi kanan gawang Islandia. 3-0 untuk Prancis.

Gol ketiga dan keempat terjadi hanya berselang dua menit.

Papan skor berubah angka menjadi 4-0 untuk keunggulan Prancis berkat gol Antoine Griezmann setelah bekerja sama dengan Olivier Giroud menjelang akhir babak pertama. Dan, laga babak pertama ditutup dengan gol Antoine Griezmann yang menyontek bola melewati kiper Halldorsson.

Babak pertama ditutup Prancis dengan keunggulan 4-0. Prancis menutup babak pertama perempat final dengan keunggulan 4-0 atas Islandia di Stade de France, Prancis, Senin (4/7/2016) dini hari WIB.

Empat gol tuan rumah masing-masing dicetak Olivier Giroud di menit 13 dan Paul Pogba di menit 20, Dimitri Payet di menit 43 dan Antoine Griezmann di menit 45.

Pada babak kedua, Islandia tidak ingin pasrah atas kekalahan. Babak kedua berjalan lebih sengit. Islandia menunjukkan semangat pantang menyerah.  

Mereka berhasil memperkecil ketertinggalan lewat gol Kolbeinn Sigthorsson di menit 56. Kolbeinn Sigthorsson mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan setelah menerima bola dari Gylfi Sigurdsson pada menit 56. Sepakan sang penyerang dari tengah kotak penalti menembus sisi kanan gawang kiper Prancis Hugo Lloris. 4-1.

Namun tiga menit berselang, Prancis kembali memperbesar keunggulannya lewat gol kedua Olivier Giroud. Prancis tidak panik, Olivier Giroud menambah gol Prancis menjadi 5-1 dengan menanduk bola dari umpan tajam Dimitri Payet tiga menit setelah gol Islandia. Penyerang Arsenal itu meneruskan umpan Dimitri Payet melalui tandukan keras ke tengah gawang. Penjaga gawang Islandia Halldórsson terlihat ragu-ragu ketika hendak meninju bola.

Didier Deschamps kemudian menarik keluar Olivier Giroud untuk digantikan pemain bernomor 10 Andre-Pierre Gignac pada menit 61.

Islandia belum menyerah, pemain pengganti Ingi Ingason mengancam gawang Hugo Lloris lewat tandukannya setelah mendapatkan umpan melambung dari Gudmundsson pada menit 63.

Islandia kemudian memasukan penyerang veteran Eidur Gudjohnsen menggantikan Sigthorsson pada menit 83.

Islandia yang sepertinya sudah memastikan tersingkir mampu memberikan perlawanan. Mereka berhasil mencetak gol keduanya. Kali ini gawang Hugo Lloris dibobol Birkir Bjarnason di menit 84. Masuknya Gudjohnsen memberikan angin segar bagi Islandia yang memperkecil ketertinggalan menjadi 5-2 lewat tandukan Birkir Bjarnason hasil umpan Finnbogason pada menit 84. 

Setelah itu tidak ada tambahan gol tercipta. Namun, skor 5-2 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga laga usai.

Islandia angkat koper dari Prancis setelah takluk 2-5 dari tim tuan rumah pada babak perempat final, Senin (4/7/2016) WIB. Prancis melenggang ke semifinal dengan kemenangan 5-2. Kemenangan besar Prancis atas Islandia di babak perempat final Piala Eropa 2016 ke semifinal, Prancis menantang juara dunia Jerman. Hasil kemenangan telak ini memastikan langkahnya ke babak semifinal.

Prancis akan menghadapi juara dunia Jerman pada semifinal Euro 2016 pada 8 Juli atau satu hari setelah laga antara Wales melawan Portugal. 

Pelatih Islandia Lars Lagerback mengatakan mencapai perempat final merupakan prestasi bagi Islandia yang baru pertama kali ikut turnamen Piala Eropa.

"Jika Anda melihat seluruh turnamen, mencapai perempat final sebagai tim pendatang baru adalah benar-benar fantastis," kata Lars Lagerback kepada UEFA usai pertandingan, Senin (4/7/2016) pagi WIB.

Mantan pelatih Swedia itu mengatakan bermain terlalu pasif adalah penyebab kekalahan Isladnia dari tim tuan rumah.

"Kami tidak menggunakan pikiran, tetapi salah satu bagian adalah Prancis yang bermain sangat apik. Kami membuat kesalahan dan bermain terlalu pasif," kata dia.

Lars Lagerbäck berbesar hati untuk mengucapkan selamat kepada Prancis yang membuat Islandia tampil buruk pada pertandingan ini.

"Saya ingin mengucapkan selamat untuk Prancis. Mereka tim yang fantastis dan membuat kami terlihat jelek, meskipun kami juga berkontribusi atas (penampilan buruk) itu," katanya. 

Ia menambahkan, "Empat setengah tahun menjadi perjalanan yang fantastis untuk saya. Bersama semua fans yang hadir di sini...saya menikmati setiap menit, kecuali 45 menit babak pertama pada hari ini."

Susunan Pemain:

Prancis (4-3-3):

Hugo Lloris (kapten), Patrice Evra, Antoine Griezmann, Dimitri Payet (80 Kingsley Coman), Olivier Giroud (67 Andre-Pierre Gignac), Blaise Matuidi, Paul Pogba, Moussa Sissoko, Bacary Sagna, Laurent Koscielny (72 Eliaquim Mangala), Samuel Umtiti.

Pelatih: Didier Deschamps.

Islandia (4-4-2):

Hannes Þór Halldórsson, Birkir Már Sævarsson, Kolbeinn Sigþórsson, Jóhann Berg Guðmundsson, Birkir Bjarnason, Ragnar Sigurðsson, Gylfi Þór Sigurðsson, Kári Árnason (46 Sverrir Ingi Ingason), Jón Daði Böðvarsson (46 Alfreð Finnbogason), Aron Gunnarsson (kapten), Ari Freyr Skúlason.

Pelatih: Heimir HallgrímssonLars Lagerbäck.

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda).

(uefa/jos)

See Also

SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
Michael Phelps Sabet Emas Ke-21
Mahasiswi Universitas Bhayangkara Sri Wahyuni Rebut Medali Perak Olimpiade
Victoria Fyodorovna Azarenka Umumkan Dirinya Sedang Hamil
Setelah Lebaran Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Yongmoodo
Portugal Lolos Ke Final Setelah Tundukkan Wales 2-0
Jerman Menang Adu Penalti Atas Italia 6-5
Piala Eropa 2016, Wales-Belgia 3-1
Zinedine Zidane Tak Yakin Bertahan Di Real Madrid
Nico Rosberg Juara GP F1 Rusia
Valentino Rossi Juara MotoGP Spanyol
Mahasiswa UMK Raih Perunggu Di Kejuaraan Internasional PSHT
Nico Rosberg Menang GP F1 Shanghai Samai Rekor Michael Schumacher
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.068.043 Since: 05.03.13 | 0.256 sec