Nasional

Momen TMMD Kembalikan Belimbing Sebagai Buah Khas Demak

Saturday, 23 April 2016 | View : 365

DEMAK-SBN.

Muncul ide menarik terkait pelaksanaan TMMD Reguler ke-96 Kodim 0716/Demak dengan desa sasaran Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Yakni, banyak pihak yang beharap momen tersebut diharapkan bisa kembalikan kejayaan buah belimbing yag menjadi buah khas Kota Wali, Demak.

Sejumlah warga Trengguli sendiri belakangan ini sempat mempertanyakan, rencana pemerintah Demak yang akan menghijaukan kawasan pinggir sungai Apur C7, di Desa setempat, dengan tanaman Belimbing.

Pj. Kades Trengguli, M. Subkhi, menyatakan prihatian, dengan semakin berkurangnya pohon Belimbing di Demak, dan disinyalir warga lebih memilih menanam pohon Jambu. “Ini perlu mendapat perhatian semua pihak, dengan semakin berkurangnya pohon Belimbing di Demak,  bahkan menjurus punah,” harap Pj. Kades Trengguli, M. Subkhi.

Senada dengan Kades M. Subkhi, Ali Murtadho yang Bayan Trengguli menyampaikan bahwa saat ini pohon Belimbing sulit didapat di kawasan itu. Kondisi jauh berbeda dengan Demak yang dulu periode 1990- an, dimana banyak pohon Belimbing tumbuh.

Menurutnya, penyebab pohon Belimbing tidak bisa lagi setenar dulu dikarenakan masyarakat Demak sudah beralih menanam pohon Jambu Air. Alasannya cukup masuk akal, yakni dikarenakan untuk perawatannya pohon Jambu Air lebih mudah daripada pohon Belimbing.

“Padahal Belimbing adalah ikon kota Demak yang perlu dilestarikan sesuai budaya lagu Lir ilir Kanjeng Sunan Kali Jogo ‘Ijo royo royo penekno belimbing kuwi’,”  ungkap Ali Murtadho.

Diakuinya, upaya mengembalikan kejayaan buah Belimbing di Demak cukup dilematis. Pemerintah tidak bisa memaksa para petani untuk menanam Belimbing, karena petani sendiri bisa mendeteksi komoditas mana  yang lebih menguntungkan. Tanaman Belimbing lebih susah perawatannya, karena membutuhkan air, buahnya harus dibungkus dengan daun Jati agar beraroma enak.

Akibat kelangkaan buah Belimbing, membuat harga buah tersebut di pasaran melambung. Bahkan akhir-akhir ini, harganya cukup melambung. Biasanya, harga Belimbing Rp 500/biji, akhir-akhir ini mencapai Rp 2.000/biji. Bahkan kini sudah mencapai Rp 3.500-Rp 4.000/biji.

Sehingga tidaklah berlebihan jika warga Trengguli berharap, melalui TMMD, TNI bisa memberi motivasi agar penanaman pohon Belimbing bisa digalakkan di Demak, sehingga kejayaan Belimbing Demak bisa dicapai kembali.

Dari pantauan, beberapa pemilik kebun Belimbing di Demak, belakangan ini kini mulai melakukan pembibitan dan mempertahankan perkebunan Belimbing yang tahun lalu mulai ditinggalkan.

Sekedar kilas balik, di era 1990-an, banyak warga yang bisa tercukupi kebutuhannya hanya dengan mengandalkan pohon Belimbing di sekitar rumahnya. Bahkan  ada warga bisa menunaikan ibadah haji dari hasil menjual Belimbing. Namun sekarang, sebagian besar pohon yang mereka pelihara sudah uzur. Produktivitasnya pun sudah mulai menurun. Rata-rata setiap pohon hanya mampu menghasilkan 10-15 buah saja. (Pendim 0716/Demak)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.663.168 Since: 05.03.13 | 0.1604 sec