Internasional

Presiden Joko Widodo Melawat Ke Eropa

Monday, 18 April 2016 | View : 578

JAKARTA-SBN.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" Minggu (17/4/2016) pagi bertolak ke Eropa untuk kunjungan selama beberapa hari ke sejumlah negara dan lembaga kerja sama di kawasan itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang menumpang Pesawat Kepresidenan RI bertolak dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jl. Protokol Halim Perdana Kusuma, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) sekitar pukul 08.30 WIB.

Mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) antara lain Menteri Perdagangan ke-34, Thomas Trikasih Lembong atau lebih dikenal Tom Lembong yang kerap disapa Tom dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, M.M., Kepala Sekretariat Presiden Kemensetneg Dr. Darmansjah Djumala, M.A., Tim Komunikasi Presiden, Dr. Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, SIP., M.Si. atau lebih dikenal dengan nama sebagai Ary Dwipayana.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) RI ke-10 yang mulai menjabat sejak 12 Agustus 2015, Pramono Anung menyebutkan Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan mulai 17 hingga 23 April 2016 ke Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda.

Menurut mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Jakarta, 2005-2010, Pramono Anung, kunjungan ke Eropa akan menitikberatkan pada hal kerja sama ekonomi, namun masalah perkembangan politik terakhir seperti Timur Tengah dan terorisme juga akan jadi pokok bahasan.

"Kunjungan saat ini bukan kunjungan basa-basi, sehingga setiap kunjungan ke negara yang berkaitan dengan bisnis diminta sesuatu yang done, artinya sesuatu yang terlaksana bukan hanya sekadar kunjungan," tutur mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mewakili Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2009-2014, Pramono Anung.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia (RI) yang menjabat sejak 12 Agustus 2015, menggantikan Rahmat Gobel, Thomas Trikasih Lembong mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Eropa banyak menyangkut aspek perdagangan.

"Hasil konkrit yang akan dicapai adalah penuntasan tahap awal soal nego Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) UE-Indonesia," ucap Tom yang pernah bekerja di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) selama 2 tahun sebagai Senior Vice President and Division Head.

Menurut pria yang menikah dengan Franciska Wihardja pada tahun 2002 dan dikaruniai sepasang puteri dan putera, Tom, CEPA ini suatu kerja sama ekonomi raksasa karena melibat 28 anggota Uni Eropa dengan total penduduk 530 juta dan perekonomian sebesar 18,5 triliun dolar AS per tahun.

Sementara Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan inti dari kunjungan Presiden di empat negara Eropa untuk memperkokoh kemitraan dengan Uni Eropa, serta menampilkan Indonesia sebagai negara terbuka dan kompetitif.

"Hampir di semua negara ada pertemuan resmi dengan kepala negara/pemerintahan dan juga akan melakukan temu bisnis," ungkap AM Fachir.

WaMenlu juga mengatakan kunjungan kenegaraan ini, Presiden juga akan menyaksikan sejumlah penandatanganan nota kesepahaman atau "MoU" serta melakukan kunjungan lapangan.

WaMenlu AM Fachir juga mengungkapkan kunjungan ke Presiden ke Uni Eropa ini merupakan sejarah baru karena bertemu dengan tiga kepala, yakni komisi Eropa, Dewan Eropa dan parlemen Eropa.

"Ini suatu pengakuan terhadap pentingnya Indonesia dan untuk mempromosikan kemitraan dengan Eropa," katanya.

AM Fachir juga mengungkapkan dalam kunjungan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia dan juga forum-forum bisnis.

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.354 Since: 05.03.13 | 0.1367 sec