Internasional

Presiden Joko Widodo Melawat Ke Eropa

Monday, 18 April 2016 | View : 620

JAKARTA-SBN.

Presiden RI ke-7, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa "Jokowi" Minggu (17/4/2016) pagi bertolak ke Eropa untuk kunjungan selama beberapa hari ke sejumlah negara dan lembaga kerja sama di kawasan itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang menumpang Pesawat Kepresidenan RI bertolak dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jl. Protokol Halim Perdana Kusuma, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) sekitar pukul 08.30 WIB.

Mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) antara lain Menteri Perdagangan ke-34, Thomas Trikasih Lembong atau lebih dikenal Tom Lembong yang kerap disapa Tom dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo, M.M., Kepala Sekretariat Presiden Kemensetneg Dr. Darmansjah Djumala, M.A., Tim Komunikasi Presiden, Dr. Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, SIP., M.Si. atau lebih dikenal dengan nama sebagai Ary Dwipayana.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) RI ke-10 yang mulai menjabat sejak 12 Agustus 2015, Pramono Anung menyebutkan Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan mulai 17 hingga 23 April 2016 ke Jerman, Inggris, Belgia dan Belanda.

Menurut mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Jakarta, 2005-2010, Pramono Anung, kunjungan ke Eropa akan menitikberatkan pada hal kerja sama ekonomi, namun masalah perkembangan politik terakhir seperti Timur Tengah dan terorisme juga akan jadi pokok bahasan.

"Kunjungan saat ini bukan kunjungan basa-basi, sehingga setiap kunjungan ke negara yang berkaitan dengan bisnis diminta sesuatu yang done, artinya sesuatu yang terlaksana bukan hanya sekadar kunjungan," tutur mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mewakili Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2009-2014, Pramono Anung.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia (RI) yang menjabat sejak 12 Agustus 2015, menggantikan Rahmat Gobel, Thomas Trikasih Lembong mengatakan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Eropa banyak menyangkut aspek perdagangan.

"Hasil konkrit yang akan dicapai adalah penuntasan tahap awal soal nego Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) UE-Indonesia," ucap Tom yang pernah bekerja di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) selama 2 tahun sebagai Senior Vice President and Division Head.

Menurut pria yang menikah dengan Franciska Wihardja pada tahun 2002 dan dikaruniai sepasang puteri dan putera, Tom, CEPA ini suatu kerja sama ekonomi raksasa karena melibat 28 anggota Uni Eropa dengan total penduduk 530 juta dan perekonomian sebesar 18,5 triliun dolar AS per tahun.

Sementara Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan inti dari kunjungan Presiden di empat negara Eropa untuk memperkokoh kemitraan dengan Uni Eropa, serta menampilkan Indonesia sebagai negara terbuka dan kompetitif.

"Hampir di semua negara ada pertemuan resmi dengan kepala negara/pemerintahan dan juga akan melakukan temu bisnis," ungkap AM Fachir.

WaMenlu juga mengatakan kunjungan kenegaraan ini, Presiden juga akan menyaksikan sejumlah penandatanganan nota kesepahaman atau "MoU" serta melakukan kunjungan lapangan.

WaMenlu AM Fachir juga mengungkapkan kunjungan ke Presiden ke Uni Eropa ini merupakan sejarah baru karena bertemu dengan tiga kepala, yakni komisi Eropa, Dewan Eropa dan parlemen Eropa.

"Ini suatu pengakuan terhadap pentingnya Indonesia dan untuk mempromosikan kemitraan dengan Eropa," katanya.

AM Fachir juga mengungkapkan dalam kunjungan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan melakukan pertemuan dengan masyarakat Indonesia dan juga forum-forum bisnis.

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.902.379 Since: 05.03.13 | 0.1603 sec