Redaksi

Kolaborasi Masyarakat Sipil Dengan Kota Surabaya Untuk Anak

Author : Dra Esthi Susanti Hudiono MSi | Saturday, 12 Maret 2016 | View : 2941

SBN.

Senin tanggal 8 Maret 2016 di kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas) kota Surabaya terlangsung peristiwa penting yakni Masyarakat Sipil yang berniat bersama dalam Gerakan Menyelamatkan Masa Depan Bangsa (Gemma) menyampaikan kolaborasinya ke pemerintah untuk urusan kekerasan dan eksploitasi seksual pada anak. Mengapa berkolaborasi?

Pemerintah telah melihat persoalannya dan telah bertindak. Selain mencanangkan Program Peduli di bawah Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PKM) juga Presiden menandatangani Instruksi Presiden Nomer 5 Tahun 2014 tentang Gerakan Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA). Memang untuk urusan seperti ini tugas pemerintah yang utama. Organisasi Masyarakat Sipil hanya menjadi pendukung pemerintah. Sekaligus bertindak sebagai pemantau atas apa yang sudah dilakukan. Dasar berpikir inilah yang membuat kami menyatakan kolaborasi.

Secara resmi Indonesia menyatakan siaga satu untuk urusan kejahatan seksual pada anak. Seluruh Provinsi dan Kabupaten serta kota di Indonesia diminta melaksanakan Instruksi Presiden tersebut. Kota Surabaya merespon Instruksi Presiden Nomer 5 Tahun 2014 tersebut dengan meluncurkan GN AKSA sekaligus memperingati Hari Anti Kekerasan tahun 2015. Pasca deklarasi akan ditindaklanjuti dalam bentuk Pekan Kampanye GN-AKSA. Di bawah koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan kota Surabaya (Bappeko Surabaya) sedang dalam proses penyusunan Instruksi Wali Kota tentang GN-AKSA dan Rencana Aksi Daerah GN AKSA.

Pertemuan tanggal 8 Maret itu adalah pertemuan awal. Dihadiri kurang lebih 20 orang termasuk dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kota Surabaya, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial kota Surabaya termasuk ada perwakilan dari psikiatri RSUD Dr. Soetomo dan Polsek Krembangan Kota Surabaya. Bahkan Ketua Forum Anak Kota Surabaya juga hadir. In putnya sungguh memperkaya pemahaman yang hadir tentang permasalahan yang terjadi.

Kolaborasi langsung diterima oleh Ibu Rusdiana dari Bapemas dan kami langsung membahas persoalan emergensi yang sekarang lagi mengemuka yakni narkoba di kalangan anak-anak yang berkontribusi pada peningkatan kasus trafficking.

Forum ini dimoderatori oleh Nanang (konsultan dan aktivis anak yang tersohor di Surabaya). Dibuka dengan perkenalan diri, apa yang sudah dilakukan dan gap masalah yang ada terkait dengan penanganan trafficking.

Ada banyak usulan yang komprehensif dari berbagai elemen yang akan dituangkan dalam policy brief yang akan ditulis oleh Prof. dr. Hendy Muagiri Koesnoeljakin Margono, SpKJ (K), Dra. Esthi Susanti Hudiono, M.Si., serta Ketua Yayasan Orbit (Our Right To Be Independent) Surabaya, Rudhy Wedhasmara, yang lebih dikenal dengan panggilan Rudhy Sinyo, Dita, Nanang dan lain yang dinilai penting. Juga Direktur LPKP Jawa Timur, Pak Drs. Anwar Sholihin dari Lembaga Pengkajian  Kemasyarakatan dan Pembangunan (LPKP) Malang memberi masukan. Beliau datang bersama Taufik.

Pertemuan berikutnya adalah pembahasan Policy Brief yang dibuat oleh tim tersebut. Semoga ada tindakan kongkrit yang berhasil dimenangkan untuk mengurangi dan menurunkan trafficking anak dan penyalahgunaan narkoba di kalangan anak. (esh)

See Also

Merenungi Kepergian KH Hasyim Muzadi
Koalisi Cikeas Usung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni
Saya Mengurus Kewarganegaraan Indonesia Sendiri Dan Tidak Mudah
Lian Gouw Untuk Penyebaran Novel Sejarah Indonesia
Seminar Membangun Ke-Indonesia-an
Rencana Bekerja Untuk Otonomi Perempuan
Ketemu Anak Presiden Di Markobar Surabaya
Mengenang Mas Slamet Riyadi Sabrawi
Batik Cermin Budaya Bangsa Indonesia
Keberlangsungan Batik Dalam Pergulatan
Handoko Wibowo Penerima Yap Thiam Hien Award 2015
Cengkeh Dan Petani Berdaya
Senyum Solidaritas Wong Cilik Yang Aku Suka
Ketika Myra Diarsi Di Tlogo Wening
SBO TV Tentang Masa Orientasi Sekolah
Membimbing Karier Anak
Menulis Karya Besar Yang Berdampak Untuk Yang Lain
Festival Kartini Bersama Wakil Gubernur Dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat
Surat Cinta Untuk Kartini
Wisata Suku Bajo Terbesar Di Dunia
Wisata Darat Di Tomia Wakatobi
Jiwa Entrepreneur Di Belakang Perkembangan Wakatobi
Taman Laut Wakatobi Terbaik Di Dunia
Makanan, Suku, Pantai, Dan Kain Tradisional Kendari
Pernikahan Anak Sartiah Yusran Di Kendari Dan Menulis Tentang Suami Yang Luar Biasa
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.113.728 Since: 05.03.13 | 0.165 sec