Agama & Masyarakat

Gerhana Matahari Bukan Sekadar Fenomena Rutin Alam

Wednesday, 09 Maret 2016 | View : 681
Tags : Kudus

KUDUS-SBN.

Sebanyak 575 santri (siswa) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus, Langgar Dalem, Desa Kajeksan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), menggelar Shalat Gerhana Matahari di halaman Madrasah yang didirikan oleh K.H. Ahmad Hadziq dan K.H. Abdul Muhith, dua ulama terkemuka di Kudus, pada tanggal 7 Jumadil Akhir 1347 H bertepatan dengan 21 Nopember 1928 M dengan nama Tasywiquth Thullab dimana berlokasi hanya 600 meter sebelah Utara Masjidil Aqsha (Menara Kudus), tepatnya di Desa Kajeksan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (9/3/2016).

Shalat gerhana diselenggarakan dengan tujuan mendidik karakter siswa, agar memiliki pemahaman yang benar tentang gerhana sebagai fenomena alam.

“Dulu banyak orang yang salah memahami tentang keberadaan gerhana, yang dibuktikan dengan banyaknya mitos yang tidak mendidik di masyarakat,” ujar Ustadz Salim, M.Pd.

Kepala MI TBS Kudus itu menjelaskan, bahwa gerhana tidak ada kaitannya dengan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat yang pada zaman dulu orang sampai harus ada yang ngumpet di kolong ranjang karena saat gerhana bulan maupun matahari itu di pangan buto, sehingga masyarakat membunyikan lesung.

“Pemahaman-pemahaman seperti ini tidak benar. Gerhana adalah fenomena alam yang murni ada karena kehendak Allah SWT., Tuhan Yang Maha Kuasa. Gerhana merupakan salah satu tanda kebesaran dan keesaan Allah SWT. di satu sisi dan membuka ruang untuk kajian ilmiah bagi manusia,” katanya.

Sementara itu, shalat berikut khotbah gerhana dalam kesempatan ini dipimpin oleh K.H. Nur Hamim LC.  Dalam khotbahnya K.H. Nur Hamin LC. mengutarakan, gerhana adalah salah satu tanda keagungan Allah SWT. yang bisa dijadikan untuk ‘ibroh, pelajaran, media untuk muhasabah dan intropeksi, dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan.

“Jangan pernah berpikir bahwa terjadinya gerhana hanya sebatas peristiwa rutinitas kealaman, tanpa mengandung nilai dan pelajaran. Sungguh tiada yang sia-sia dalam setiap hasil karya dan ciptaan-Nya,” tegasnya.

K.H. Nur Hamim LC. pun membeberkan satu kisah, bahwa pada masa Rasulullah SAW pernah terjadi gerhana tepat pada Sayyid Ibrohim, putra beliau dari Ummul Mukminin Sayyidah Mariyah al-Qibthiyah meninggal pada usia 18 bulan.

Penduduk pun ramai berkomentar, bahwa terjadinya Gerhana Matahari, karena kematian (Sayyid) Ibrohim. Baginda Rasul SAW. kemudian melakukan Shalat Gerhana bersama penduduk dan memberikan penjelasan yang benar terkait gerhana.

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Gerhana tidak terjadi kartena kematian atau kelahiran seseorang. Karenanya, saat kalian melihatnya, takutlah kepada Allah dan bersegeralah berdzikir kepadanya dan melakukan shalat,” terangnya mengutip salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Imam Muslim dari Sahabat Mughiroh ibn Syu’ban RA.

See Also

Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
Istri Bung Tomo Wafat
Tradisi Grebeg Besar
Dandim 0716/Demak Hadiri Ziarah Ke Makam Sultan Demak & Sunan Kalijaga
Selamat Jalan Mike Mohede
Rais Syuriah PB NU KH Mas Subadar Wafat
22 Acara Puncak Satu Abad Qudsiyyah
Kasdim 0716/Demak Hadiri Silaturahmi Bupati, Wakil Bupati Dengan Ulama & Tokoh Masyarakat
Kuatkan Nilai-nilai Aswaja, Iksab TBS Agendakan Silatnas
Dandim 0716/Demak Hadiri Open House Bupati
Marwah Band Semarakkan Halalbihalal UMK
Ibunda Nyai Hajjah Siti Fatmah Berpulang Ke Rahmatullah
Pelantikan PDM & PDA Kudus, Kuatkan Sinergitas Dengan AUM
Launching Rembug Warga NU Dengan Bedah Buku Masterpiece Islam Nusantara
Khosifah Nahkodai Aisyiyah Kudus
Ahmad Hilal Majdi Kembali Pimpin PDM Kudus
Pembukaan Musyda Muhammadiyah Dan Aisyiyah Kudus Periode Muktamar Ke-47
Tektek Kampling
Shalat Gerhana Matahari Ajarkan Kesyukuran Dalam Hidup
Bazar Ramaikan Musyda Aisyiyah Kudus
Wali Kota Jayapura Hibahkan Lahan Untuk Umat Hindu
Penjelasan Kemlu RI Perihal Alumnus Unisba Gabung ISIS Dan Tewas
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 5.847.202 Since: 05.03.13 | 0.2357 sec