Agama & Masyarakat

Selamat Jalan Om Ireng Maulana

Sunday, 06 Maret 2016 | View : 449

JAKARTA-SBN.

Kabar duka bagi insan musik Jazz Indonesia.

Maestro jazz legendaris Indonesia, Ireng Maulana, meninggal dunia pada Minggu (6/3/2016) pukul 00.25 WIB dini hari.

Musisi Ireng Maulana yang adalah adik kandung Kiboud Maulana dengan nama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana kelahiran Jakarta pada 15 Juni 1944 meninggal dunia di usia 71 tahun karena penyakit jantung.

Pendiri grup Ireng Maulana All Stars pada tahun 1978 dengan delapan anggota antara lain, Benny Likumahuwa, (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drums), Karim Tes (trompet), Roni, (bass) dan Ireng Maulana sendiri pada (gitar dan banjo) meninggal di usianya yang ke-71 tahun pada pukul 00.25 WIB karena penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh pengamat musik Bens Leo.

"Kelihatannya jantung, pak Ireng kan sudah pernah stroke. Lalu kemudian mungkin beberapa hari ini ada (dirawat) di Rumah Sakit Harapan Kita," kata Bens Leo, Minggu (6/3/2016).

Pendiri grup musik Band Eka Sapta pada tahun 1960-an bersama Bing Slamet, Idris Sardi, dan Eddy Tulis yang adalah putra dari pasangan Max Maulana dengan Georgiana Sinsoe tersebut pernah dirawat karena pembengkakan pada jantung pada tahun 2012 silam.

Seperti dikabarkan sebelumnya, para penyanyi dan musisi Tanah Air berduka ketika mendengar musisi Jazz, Ireng Maulana, terbaring di Rumah Sakit Siloam Lippo Karawaci, Jl. Siloam No.6, Lippo Karawaci, Kecamatan Tangerang, Provinsi Banten terkena serangan stroke, Minggu (28/10/2012) pagi.

Diberitakan sebelumnya, Glenn Fredly Deviano Latuihamallo atau Glenn Fredly dan Satriyo Yudi Wahono atau lebih dikenal dengan nama Piyu Padi pun mendoakan kesehatan Ireng Maulana. Begitu pula dengan vokalis grup band/musik Gigi, Tubagus Armand Maulana. Mereka juga meminta semua pihak mendoakan kesehatan musisi yang sudah memiliki lebih dari belasan album tersebut.

"Tweeps doakan kesehatan musisi Jazz om Ireng Maulana yah," ujar Glenn Fredly via akun Twitternya, @GlennFredly, Minggu (28/10/2012). "Saat ini sedang terbaring di RS Siloam Karawaci. Semoga beliau segera pulih. Amin."

"Mohon doanya utk Om Ireng Maulana," kata @piyu_logy. Tadi pagi terkena stroke dan sekarang dirawat di RS Siloam Tangerang."

"Berdoa untuk kebaikan Om Ireng Maulana yang tadi pagi masuk RS Siloam Tangerang karena stroke," sahut Armand Maulana di akun, @armandmaulana. "Mudah-mudahan diberikan yang terbaik oleh Allah. Aamiin."

Sebelumnya, Ireng Maulana masih sempat memeriahkan panggung International Jakarta Jazz Festival 2012 pada 21 Oktober 2012 lalu. Di acara tersebut, ia berkolaborasi diantaranya dengan penyanyi musik jazz Andien Aisyah Hariadi lebih dikenal dengan nama Andien dan musisi jazz Mus Mujiono (Nono).

Bens Leo mengatakan, jenazah musisi berusia 71 tahun tersebut akan disemayamkan di Rumah Sakit Dharmais.

"Saya baru mau ke sana. Karena beliau Katolik, kemungkinan akan menunggu saudara-saudaranya (sebelum dimakamkan). Kalau nggak hari ini, mungkin besok. Biasanya kalau Katolik dibolehkan lebih dari 24 jam untuk menunggu keluarga hadir di pemakaman," pungkas Bens Leo.

Manajer Ireng Maulana, Lea Simanjuntak mengatakan jenazah akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Jenazah akan dimakamkan Senin (7/3/2016) pukul 10.00 WIB setelah prosesi misa tutup peti yang dipimpin RD Rochadi.

"Telah berpulang ke Rumah Bapa: Eugene Lodewijk Willem Maulana (Ireng Maulana). Jenazah disemayamkan di RD Dharmais Ruang Kunzite-Lazulite lantai 2," tulis pesan elektronik dari Lea Simanjuntak.

Menurut Lea Simanjuntak, jadwal ibadat penghiburan yang dilakukan hari ini, Minggu (6/3/2016) yang termasuk di dalamnya doa rosario pukul 12.00 WIB dan misa penghiburan yang dipimpin RD Jacobus Tarigan pukul 19.00 WIB.

See Also

Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.909.161 Since: 05.03.13 | 0.1373 sec