Ekonomi

Presiden Iran Ingin Privatisasi Industri Mobil

Tuesday, 01 Maret 2016 | View : 527

TEHERAN-SBN.

Presiden Iran yang mulai menjabat sejak 4 Agustus 2013 menggantikan Mahmoud Ahmadinejad (2005-2013), Hassan Rouhani pada Selasa (1/3/2016) menyatakan niat untuk memprivatisasi industri mobil negara tersebut agar sektor tersebut dapat berkompetisi pada skala global.

Pernyataan itu merupakan indikasi kuat dari visi Hassan Rouhani yang ingin membuka perekonomian Iran terhadap pasar global.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan, perusahaan pembuat mobil Iran, yang merupakan sub-sektor terbesar kedua setelah minyak, harus bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asing untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

"Industri mobil harus sepenuhnya diprivatisasi. Ini adalah sektor yang harus kompetitif," kata Hassan Rouhani dalam sambutan pada konferensi internasional perusahaan mobil di Teheran.

Negara saat ini menguasai sekitar 50 persen dari sektor otomotif di Iran.

Rencana ambisius Presiden Iran tersebut, Hassan Rouhani untuk memodernisasi perekonomian Iran tersebut nampaknya akan mendapat dukungan dari Parlemen mengingat tokoh-tokoh yang dekat dengan Presiden berhasil memenangi kursi Parlemen dalam pemilihan umum pada Jumat (26/2/2016) alu.

Sekutu Presiden Iran Hassan Rouhani memenangkan semua dari 30 kursi DPRD Teheran di mana 90 persen suara Pemilu legislatif sudah masuk, lapor televisi negara seperti dikutip AFP, Minggu (28/2/2016).

Daftar Harapan yang pro Hassan Rouhani dan dipimpin reformis Mohammad Reza Aref, mantan Wakil Presiden, memelorotkan calon utama kubu konservatif, Gholam-Ali Hadad Adel, sampai posisi ke-31, sehingga menyapu semua kursi.

Gholam-Ali Hadad Adel kurang 6.000 suara di belakang calon nomor 30 dari kubu reformis, sedangkan suara untuk dihitung yang masih tersisa ada 10 persen.

Hasil perdana ini didasarkan dari sekitar 2,6 juta pemilih dari total pemilih 2,9 juta pemilih di kota Teheran yang menjadi barometer politik di Iran.

Jika hasil ini sudah dipastikan, maka semua dari delapan calon perempuan dari Daftar Harapan terpilih menjadi anggota dewan.

Total 290 kursi dari seluruh provinsi akan diperebutkan pada Jumat pekan depan. Namun dalam jumlah kursi nasional ini, sekutu Hassan Rouhani kurang begitu dominan, demikian AFP.

Sektor otomotif yang besar meski ketinggalan zaman merupakan salah satu industri yang paling atraktif bagi para investor asing yang tengah membanjiri Teheran sejak pencabutan sanksi internasional Iran pada Januari lalu menyusul tercapainya perjanjian nuklir dengan negara-negara besar.

Perusahaan mobil asal Prancis, PSA Peugeot Citroen, menandatangani kesepakatan usaha bersama dengan perusahaan otomotif terbesar Iran, Iran Khodro, pada Januari lalu.

Kedua belah pihak sebelumnya sempat mempunyai kerja sama yang harus putus di tengah jalan akibat sanksi pada 2012 lalu.

"Perusahaan otomotif di negara ini harus berkelas dunia, dan kami akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asing sehingga kami bisa masuk ke pasar dunia," kata Hassan Rouhani seperti dilaporkan Reuters. (afp/reuters)

See Also

Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
Babinsa Koramil 08/Kedungtuban Monitoring Pendistribusian Pupuk Subsidi
Babinsa Koramil 09/Randublatung Bersama Petani Panen Padi
Danramil 07/Gajah Terus Berupaya Supaya Bulog Membeli Gabah Petani
Babinsa Desa Babat Belajar Mesin Perontok Padi
Koperasi Primer Kodim 0716/Demak Gelar RAT Ke-48
Menteri Pertanian RI Panen Raya Padi Di Blora
Wall Sreet Menguat Jelang Pelantikan Donald Trump
Bukittinggi Targetkan 600 Ribu Wisatawan Pada 2017
Donald Trump Ancam Toyota Motor Corporation
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.830.687 Since: 05.03.13 | 0.2955 sec