Internasional

ISIS Bom Kawasan Dekat Masjid Syiah Di Suriah

Monday, 01 Februari 2016 | View : 642
Tags : Irak, Isis, Libya, Suriah

DAMASKUS-SBN.

Pemboman yang diakui dilakukan oleh kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) telah membunuh sekitar 50 orang dan melukai lusinan lainnya.

Serangan bom ini terjadi hari ini, Minggu (31/1/2016) di dekat tempat suci Syiah di luar kota Damaskus, Suriah.

Kantor berita Suriah SANA mengatakan sekitar 50 orang tewas akibat tiga ledakan dekat Masjid Sayyida Zeinab, sedangkan 100 lainnya luka-luka.

Ledakan pertama terjadi akibat bom mobil yang diledakkan di halte bus dekat Masjid itu. Kemudian, dua pelaku bom bunuh diri meledakkan rompi penuh bomnya begitu orang-orang mendekati dan berkumpul dekat situs ledakan pertama.

Ledakan bom itu bahkan merusakkan gedung di dekatnya.

Di Sayyida Zeinab, di sebelah Selatan Damaskus, Ibu Kota Suriah, terdapat makam cucu Nabi Muhammad SAW yang biasa diziarahi para peziarah Syiah.

Tempat ini juga biasa diziarahi para peziarah Syiah dari luar Suriah, khususnya Iran, Lebonan, dan Irak, padahal sudah hampir lima tahun Suriah diamuk perang.

Kelompok-kelompok ekstremis Sunni seperti kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) menganggap Syiah bid'ah dan untuk itu sering menjadi target serangan mereka.

Dalam pernyataan di media sosial, kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dengan menyatakan dua dari anggotanya meledakkan bom bunuh diri.

Kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) mengaku, "Dua laskar khilafah melancarkan operasi syahid di persembunyian kaum kafir di daerah Sayyida Zeinab, dengan menewaskan hampir 50 orang dan melukai sekitar 120 orang."

Wilayah ini sering menjadi target serangan, termasuk pada Februari 2015 ketika dua pembom bunuh diri membunuh empat orang dan melukai 13 orang di sebuah pos pemeriksaan.

Bulan ini juga bom diledakkan di sebuah bus yang membawa peziarah Syiah Lebanon yang tengah menuju Sayyida Zeinab, hingga menewaskan paling sedikit sembilan orang. Pelaku serangan adalah Front Nusra yang berafiliasi kepada Al-Qaeda.

Wilayah sekitar Masjid dijaga ketat oleh pasukan pemerintah dengan membangun pos-pos beberapa meter sebelum area Masjid ini untuk mencegah kendaraan-kendaraan mendekat ke Masjid ini.

Menurut Observatorium HAM Suriah, 58 orang tewas dalam serangan bom hari ini, di mana 20 di antaranya warga sipil, termasuk anak-anak.  Bom ini juga merenggut 25 milisi Syiah non Suriah, demikian AFP. (afp)

See Also

Pengadilan Rusia Perintahkan Perempuan Yang Kabur Dari Karantina Balik Ke RS
Virus Korona Tewaskan Direktur Rumah Sakit Di Wuhan
Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.377.605 Since: 05.03.13 | 0.2174 sec