Internasional

ISIS Bom Kawasan Dekat Masjid Syiah Di Suriah

Monday, 01 Februari 2016 | View : 572
Tags : Irak, Isis, Libya, Suriah

DAMASKUS-SBN.

Pemboman yang diakui dilakukan oleh kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) telah membunuh sekitar 50 orang dan melukai lusinan lainnya.

Serangan bom ini terjadi hari ini, Minggu (31/1/2016) di dekat tempat suci Syiah di luar kota Damaskus, Suriah.

Kantor berita Suriah SANA mengatakan sekitar 50 orang tewas akibat tiga ledakan dekat Masjid Sayyida Zeinab, sedangkan 100 lainnya luka-luka.

Ledakan pertama terjadi akibat bom mobil yang diledakkan di halte bus dekat Masjid itu. Kemudian, dua pelaku bom bunuh diri meledakkan rompi penuh bomnya begitu orang-orang mendekati dan berkumpul dekat situs ledakan pertama.

Ledakan bom itu bahkan merusakkan gedung di dekatnya.

Di Sayyida Zeinab, di sebelah Selatan Damaskus, Ibu Kota Suriah, terdapat makam cucu Nabi Muhammad SAW yang biasa diziarahi para peziarah Syiah.

Tempat ini juga biasa diziarahi para peziarah Syiah dari luar Suriah, khususnya Iran, Lebonan, dan Irak, padahal sudah hampir lima tahun Suriah diamuk perang.

Kelompok-kelompok ekstremis Sunni seperti kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) menganggap Syiah bid'ah dan untuk itu sering menjadi target serangan mereka.

Dalam pernyataan di media sosial, kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dengan menyatakan dua dari anggotanya meledakkan bom bunuh diri.

Kelompok teroris Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) atau Negara Islam atau Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atau Islamic State (IS) atau The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) atau Islamic State of Iraq and Syria atau Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) yang lebih dikenal dengan Islamic State (IS) atau Negara Islam (IS) mengaku, "Dua laskar khilafah melancarkan operasi syahid di persembunyian kaum kafir di daerah Sayyida Zeinab, dengan menewaskan hampir 50 orang dan melukai sekitar 120 orang."

Wilayah ini sering menjadi target serangan, termasuk pada Februari 2015 ketika dua pembom bunuh diri membunuh empat orang dan melukai 13 orang di sebuah pos pemeriksaan.

Bulan ini juga bom diledakkan di sebuah bus yang membawa peziarah Syiah Lebanon yang tengah menuju Sayyida Zeinab, hingga menewaskan paling sedikit sembilan orang. Pelaku serangan adalah Front Nusra yang berafiliasi kepada Al-Qaeda.

Wilayah sekitar Masjid dijaga ketat oleh pasukan pemerintah dengan membangun pos-pos beberapa meter sebelum area Masjid ini untuk mencegah kendaraan-kendaraan mendekat ke Masjid ini.

Menurut Observatorium HAM Suriah, 58 orang tewas dalam serangan bom hari ini, di mana 20 di antaranya warga sipil, termasuk anak-anak.  Bom ini juga merenggut 25 milisi Syiah non Suriah, demikian AFP. (afp)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.611.334 Since: 05.03.13 | 0.1325 sec